Yang Termasuk Hak Peserta Didik Di Sekolah Adalah?

Yang Termasuk Hak Peserta Didik Di Sekolah Adalah
loading. Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews JAKARTA – Tahukah anda apa saja hak dan kewajiban siswa di sekolah? Hak siswa di sekolah adalah segala sesuatu yang harus diperoleh di sekolah.

Sementara itu, kewajiban siswa di sekolah adalah segala sesuatu yang harus dilakukan menurut aturan yang berlaku. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan dengan seimbang agar tidak terjadi ketimpangan. Siswa merupakan bagian dari warga sekolah , sehingga tak luput dari kewajiban. Kewajiban-kewajiban tersebut harus dilaksanakan agar dapat memperoleh hak.

Apabila kewajiban-kewajiban tersebut tidak dilaksanakan atau dipatuhi, maka siswa akan mendapatkan sanksi dari sekolah. Lantas, apa saja hak dan kewajibab siswa di sekolah? Dilansir dari laman resmi Yayasan BPK Penabur, berikut ulasannya. Baca juga: P2G: Gonta-ganti Skema Pembelajaran Berdampak pada Psikologis Siswa – Hak siswa di sekolah 1.

  1. Memperoleh ilmu pengetahuan dari guru kompeten Sekolah terbaik tentu saja merupakan tempat terbaik bagi siswa untuk belajar dan menimba ilmu.
  2. Di sekolah, anak-anak memperoleh pengetahuan yang berbeda dari mata pelajaran yang berbeda, tergantung pada tingkatan sekolah.
  3. Siswa berhak dididik oleh guru yang berkualitas untuk menjadi pembelajar yang cerdas.

Jika tidak ada guru yang datang, anak berhak bertanya kepada staf atau guru lain untuk meminta guru pengganti jika memungkinkan.2. Bertanya kepada guru apabila ada materi yang tidak dipahami Jika siswa mendapati materi yang tidak dimengerti, siswa boleh bertanya kepada guru yang bersangkutan, dan guru harus menjelaskan materi hingga anak memahaminya.

  1. Sebagai seorang murid, anak berhak menanyakan kembali materi yang ia tidak pahami, dan mendapatkan bimbingan tambahan.
  2. Baca juga: PPKM Turun Level 2, Ini Aturan Terbaru PTM Terbatas di Kota Bogor 3.
  3. Menggunakan fasilitas sekolah Pada umumnya, setiap sekolah terdapat banyak fasilitas yang disuguhkan, ada lapangan olahraga, perpustakaan, ruang ibadah, kantin dan lain-lain.
See also:  Mengapa Kita Wajib Menaati Aturan Di Sekolah?

Dengan demikian siswa berhak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut sesuai fungsinya.4. Mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah Sejak masuk usia sekolah, siswa akan menghabiskan waktunya lebih banyak di sekolah, bersama teman-teman guru, staf, dan anggota sekolah lainnya.

  • Sehingga anak harus berpisah selama beberapa waktu dari orang tuanya.
  • Hak lain yang harus anak diperoleh di sekolah adalah perlindungan dan keamanan, terutama dari guru dan staf sekolah, terlepas dari latar belakang suku, budaya, dan agama siswanya, untuk menunjukkan guru dan staf melindungi siswanya tanpa memandang latar belakangnya.

– Kewajiban Siswa di sekolah 1. Mengikuti peraturan dan tata tertib sekolah Setiap sekolah tentu memiliki regulasi dan tata tertib yang berbeda-beda. Dengan demikian siswa wajib mentaati peraturan serta tata tertib yang berlaku. Anak juga harus belajar menjaga sikap dan ketertiban selama proses belajar di sekolah agar proses belajar mengajar menjadi kondusif.

Apa saja hak seorang siswa di dalam proses pembelajaran?

Pembahasan – Hak adalah segala sesuatu yang semestinya kita peroleh dari orang lain, sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang semestinya kita berikan kepada orang lain guna menghormati hak orang lain. Berikut beberapa contoh hak dan kewajiban seorang pelajar di lingkungan sekolah. Contoh Hak seorang siswa di sekolah adalah :

  1. Mendapatkan ilmu yang memadai dari seorang guru.
  2. Tidak mendapat diskriminasi dari warga sekolah.
  3. Mendapatkan kebebasan serta kemudahan dalam menjalankan keyakinan agamanya.
  4. Diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan kepada guru.
  5. Mendapat kemudahan dalam menggunakan fasilitas sekolah sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Mendapatkan rasa aman selama proses pembelajaran.
  7. Mendapat keleluasaan dalam mengembangkan potensi diri sesuai yang dimiliki siswa.
  8. Mendapatkan penghargaan dan penghormatan atas prestasi yang dicapai dan kontribusi yang diberikan.
  9. Merasakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.
  10. Mendapatkan fasilitas sekolah yang sepadan dengan administrasi yang telah dibayarkan.
See also:  Tahun 2021 Universitas Brawijaya Akan Melaksanakan Dies Yang Ke?

Contoh kewajiban seorang siswa di sekolah adalah :

  1. Mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
  2. Menjaga kekondusifan dalam proses pembelajaran di sekolah.
  3. Menghargai serta menghormati seluruh warga sekolah.
  4. Menjaga nama baik sekolah.
  5. Tidak merusak fasilitas umum milik sekolah.
  6. Ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  7. Menggunakan seragam serta atribut sekolah sesuai ketentuan yang berlaku.
  8. Mengikuti seluruh kegiatan belajar mengajar dari jam pertama hingga jam terakhir.
  9. Membayar administrasi sekolah.
  10. Menjunjung tinggi nilai sopan, santun, salam, senyum, dan sapa.

Apa yang dimaksud dengan hak anak di sekolah?

1. Pengertian hak dan kewajiban – Freepik/gpointstudio Sebelum mengetahui apa saja hak dan kewajiban yang didapatkan oleh siswa di sekolah, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang pengertian keduanya. Hak Dalam KBBI, salah satu arti hak yakni milik atau kepunyaan. Maka, dapat disimpulkan hak adalah segala sesuatu yang harus dimiliki atau didapatkan oleh seseorang.

Apa sajakah kewajiban siswa di sekolah?

6. Mengikuti Kegiatan Belajar – Yang Termasuk Hak Peserta Didik Di Sekolah Adalah Siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan belajar mengajar dari jam pertama hingga jam terakhir. Selain itu, siswa juga wajib mengikuti semua kegiatan sekolah sesuai dengan ketetapan yang berlaku, kecuali jika terjadi hal-hal yang tidak diduga saat proses belajar berlangsung.

Adblock
detector