Apa Saja Bentuk Tanggung Jawab Seorang Siswa Di Lingkungan Sekolah?

Apa Saja Bentuk Tanggung Jawab Seorang Siswa Di Lingkungan Sekolah
6. Melaksanakan Jadwal Piket – Apa Saja Bentuk Tanggung Jawab Seorang Siswa Di Lingkungan Sekolah Ilustrasi anak sekolah, seragam sekolah. (Photo by Stephanie Hau on Unsplash) Adanya piket kebersihan kelas bertujuan untuk membentuk sikap tanggung jawab para siswa. Hendaknya siswa yang sudah terjadwal harus melaksanakan piket. Hal tersebut akan menunjukkan karakter tanggung jawab siswa dengan melakukan kewajibannya.

Apakah tanggung jawabmu sebagai anak di sekolah Sebutkan 3?

KOMPAS. com – Tanggung jawab merupakan kesadaran seseorang terhadap pekerjaannya baik di lingkungan keluarga, masyarakat, ataupun sekolah. Sekolah menjadi wadah peserta didik untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Keberhasilan pendidikan akan tercapai jika ada usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  • Salah satu contoh sikap tanggung jawab siswa di sekolah adalah belajar.
  • Siswa yang sadar pada tugasnya merupakan siswa yang mandiri, disiplin, dan tanggung jawab.
  • Dalam jurnal Tingkat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta dan Implikasinya (2016) oleh Febriani Putri Dewi, tanggung jawab belajar adalah kesadaran siswa akankewajiban dalam suatu kegiatan belajar.

Baca juga: Sikap Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-Hari Kegiatan belajar sebagai rutinitas maupun kegiatan yang diminta guru. Siswa yang memiliki tanggung jawab selama belajar akan berani menanggung risiko terhadap pekerjaannya. Beberapa contoh sikap tanggung jawab siswa di sekolah selain belajar, di antaranya:

  1. Mematuhi tata tertib sekolah, seperti menggunakan seragam dan masuk sekolah tepat waktu.
  2. Menghormati guru.
  3. Menjaga kebersihan sekolah, seperti membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan piket harian sesuai jadwal.
  4. Memiliki sikap toleransi antarsiswa dan tidak berkelahi antarsesama.
  5. Aktif berperan di kelas sebagai ketua kelas, bendahara, sekretaris, dan lainnya.
  6. Menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan perbuatan negatif.
  7. Melaporkan ke guru jika melihat pelanggaran.
  8. Jika melakukan kesalahan, mengakui perbuatan dan siap menebus, menjalani sanksi, atau memperbaikinya.
See also:  Apa Saja Contoh Permasalahan Sosial Di Lingkungan Sekolah?

Apakah contoh dari sikap tanggung jawab?

Contoh Tanggung Jawab – Contoh perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yaitu rela berkorban, mengerjakan tugas secara sungguh-sungguh, jujur, dan berani menghadapi risiko.

  • Apa tanggung jawab siswa di masyarakat?

    Tanggung Jawab Siswa di Lingkungan Masyarakat Jawab : Berikut adalah tanggung jawab siswa di lingkungan masyarakat : 1. Belajar Tugas dan juga tanggung jawab dari seorang siswa adalah belajar. Dengan melakukan kegiatan belajar, maka kita akan membuka bberbagai macam wawasan yang dimana tidak hanya kita dapatkan di bangku pendidikan di sekolah.

    Biasnaya, kegiatan belajar tidak hanya dilakukan di bangku pendidikan saja, tetapi dengan berinteraksi dan melihat kegiatan di sekitar rumah kamu adalah sebuah tindakan untuk belajar.2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tanggung jawab yang dimiliki seorang siswa lainnya adlaah untuk mengerjakan PR. Dengan membiasakan untuk mengerjakan PR yang dimana diberikan oleh guru maka kita akan memiliki kemampuan untuk memahami soal yang yang dimana diberikan oleh seorang guru.3.

    Berbuat Baik Kepada Siapapun Sebagai seseorang yang sedang mengalami masa pendidikan, ada baikanya seorang siswa untuk berbuat baik kepada siapapun yang dimana disekitarnya. Hal tersebut membuat kita untuk berbuat sangat baik dan sopan kepada siapapun dan merupakan sebuah bentuk untuk menghargai orang.

    1. Selain kita berbuat baik kepada teman, kita juga harus baik kepada masyarakat tanpa memandang siapa mereka.4.
    2. Menjaga Lingkungan Tanggung jawab siswa yang kali ini adalah untuk tidak mengotori lingkungan sekitar dan menjaga kebersihan dari lingkungan sekitar.5.
    3. Ikut Kerja Bakti Meskipun seorang siswa, bekerja bakti adalah sebuah tindakan yang dimana mengajari kita untuk bekerja sama.

    Biasanya pekerjaan yang dikerjakan seorang siswa tidak lebih berat daripada orang tua. Lainnya tentang tanggung jawab siswa : brainly. co. id/tugas/7817436 brainly. co. id/tugas/1915012 brainly. co. id/tugas/12170315 Kelas : 7 Mapel : PPKN Kategori : Budi Pekerti Kata Kunci : Siswa, Pelajar, Lingkungan

Adblock
detector