Apa Nama Sekolah Yang Didirikan Oleh Ki Hajar Dewantara?

Apa Nama Sekolah Yang Didirikan Oleh Ki Hajar Dewantara
Sekolah Taman Siswa adalah lembaga pendidikan yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 di Yogyakarta. Ia mendirikan sekolah ini agar kaum pribumi bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Pada zaman dahulu, memang hanya kaum bangsawan yang bisa bersekolah.

Mengapa Ki Hajar Dewantara mendirikan sekolah?

Filosofi Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara (Pelajaran yang Gak Diajarin di Sekolah)

Ia mendirikan sekolah ini agar kaum pribumi bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Pada zaman dahulu, memang hanya kaum bangsawan yang bisa bersekolah. Ketika akhirnya Indonesia merdeka, Ki Hajar Dewantara pun diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (sekarang Menteri Pendidikan) berkat jasanya memajukan pendidikan bangsa.

Siapa nama asli Ki Hajar Dewantara?

Ki Hajar Dewantara memiliki nama asli Raden Mas Suwardi Suryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Dikutip dari Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 5 Pahlawanku (2017) oleh Angi St Anggari, Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara menyelesaikan pendidikan dasar di Yogyakarta. Ia juga sempat melanjutkan pendidikannya di Stovia.

Kapan lahirnya Ki Hajar Dewantara?

Sejarah Ki Hajar Dewantara – Ki Hajar Dewantara yang terlahir pada tanggal 2 Mei 1889 disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Pada hari lahirnya Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soeryaningrat dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Adblock
detector