Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Pendirian Pt?

Apa Itu Pendirian PT? Pengertian PT tertuang dalam Pasal 1 angka (1) Undang-Undang No.40/2007 tentang Perseroan Terbatas. PT (Perseroan Terbatas) adalah badan hukum dengan persekutuan modal dan didirikan berdasarkan perjanjian. Selain itu, kegiatan usahanya dilakukan dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi atas saham.
PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS Perseroan Terbatas diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT).

Apa isi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007?

Menurut Pasal 1 UUPT No.40 Tahun 2007 pengertian PT adalah suatu badan hukum yang merupakan persekutuan modal, berdiri berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal awal yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang serta peraturan pelaksanaannya.

UU 40 tahun 2007 apakah masih berlaku?

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 masih berlaku aktif, namun telah mengalami perubahan.

Bagaimana ketentuan pendirian PT Menurut UU No 40 Tahun 2007?

PT harus didirikan minimal oleh 2 orang, dan dibuat dengan akta notaris dalam bahasa Indonesia. Karena pada dasarnya, Perseroan didirikan berdasarkan perjanjian, sehingga harus mempunyai lebih dari 1 (satu) orang pemegang saham/pendiri.

Apa itu PT Menurut UU?

“Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya.

UU No 40 Tahun 2008 Tentang apa?

UU No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis

Apakah UU No 40 Tahun 2007 dapat memberikan kepastian hukum?

Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas didalamnya terdapat pengaturan komprehensif yang melingkupi berbagai aspek Perseroan. Maka Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas diharapkan memenuhi kebutuhan hukum masyarakat serta lebih memberikan kepastian hukum, khususnya kepada dunia usaha.

See also:  What The Differences Between Cv And Resume?

Anggaran Dasar PT memuat sekurang kurangnya apa saja?

Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) mengatur bahwa anggaran dasar Perseroan harus sekurang-kurangnya memuat:

  • nama dan tempat kedudukan Perseroan;
  • maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan;
  • jangka waktu berdirinya Perseroan;
  • Kapankah status badan hukum diperoleh suatu perseroan terbatas berdasarkan UU PT No 40 Tahun 2007?

    Dengan demikian jelas kiranya bahwa PT memperoleh status badan hukum adalah sesuai dengan ketentuan Pasal 7 ayat (6) UUPT, yaitu setelah akta pendirian PT disahkan oleh Menteri.

    Kapan RUPS Tahunan wajib diselenggarakan?

    RUPS tahunan diadakan dalam waktu paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun buku. Dalam RUPS tahunan harus diajukan semua dokumen perseroan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56. RUPS lainnya dapat diadakan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan.

    Bagaimana tata cara pendirian perseroan terbatas?

    Prosedur Mendirikan PT :

    1. Pengajuan Nama Perseroan Terbatas.
    2. Pembuatan Akta Pendirian PT.
    3. Pembuatan SKDP.
    4. Pembuatan NPWP.
    5. Pembuatan Anggaran Dasar Perseroan.
    6. Mengajukan SIUP.
    7. Mengajukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    8. Berita Acara Negara Republik Indonesia (BNRI)

    Apa syarat utama pendirian PT?

    Melampirkan legalitas perusahaan (Akta Pendirian & SK Menkumham) Fotokopi kontrak/sewa tempat usaha atau bukti kepemilikan tempat usaha. Surat keterangan dan pemilik gedung apabila bedomisili di gedung perkantoran/pertokoan. Fotokopi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun terakhir.

    Apa saja syarat pendirian PT?

    Pembuatan Akta Pendirian PT

    – Pendiri PT minimal 2 orang atau lebih. – Menetapkan jangka waktu berdirinya PT: selama 10 tahun, 20 tahun atau lebih atau bahkan tidak perlu ditentukan lamanya, atau berlaku seumur hidup. – Menetapkan maksud, tujuan, dan kegiatan usaha PT. – Akta Notaris yang berbahasa Indonesia.

    See also:  Mahkamah Internasional Adalah Pengadilan Antar Negara Yang Berkedudukan Di?

    Apa itu PT dan contohnya?

    Perseroan terbatas merupakan badan usaha yang didirikan oleh seseorang atau pribadi. Perseroan Terbatas (PT) biasa disebut pula perusahaan perseorangan. Perseroan terbatas murni menjadi tanggung jawab pendiri, tidak perlu mengikuti aturan perusahaan lain.

    Apa contoh PT?

    Contoh perseroan terbatas adalah seperti PT Mitra Adiperkasa Tbk, PT Batik Keris, PT Gudang Garam Tbk, dan PT Djarum Kudus. Sama seperti badan usaha lainnya, Perseroan terbatas atau PT ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Apakah PT diatur dalam KUHD?

    Perseroan Terbatas (PT) diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) yang sudah berumur lebih dari seratus tahun. Selama perjalanan waktu tersebut telah banyak terjadi perkembangan ekonomi dan dunia usaha baik nasional maupun internasional.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector