Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Bumn Adalah?

4. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 70, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4297);

Apa yang dimaksud dengan BUMN?

Secara umum, pengertian BUMN adalah badan usaha yang sebagian atau keseluruhan kepemilikan asetnya dikuasai oleh negara. Dalam hal ini, negara yang dimaksud adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, BUMN adalah bentuk usaha nirlaba yang negara miliki.

Kapan dasar hukum BUMN dimulai?

Dasar hukum BUMN yang pertama dimulai pada tahun 1927 yang diberi nama dasarhukum Indonesische Bedrijvenwet (Staatblad Tahun 1927 Nomor 419).

Apa tujuan utama dari fungsi BUMN?

Tujuan utama dari fungsi BUMN adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi BUMN: Sebagai badan usaha yang menyediakan produk, baik dalam bentuk barang maupun jasa untuk masyarakat Indonesia.

Bagaimana penjelasan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara?

Penjelasan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara terdiri atas 23 halaman. Juga Undang-Undang Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN mengamanatkan bahwa semua BUMN yang berbentuk Perusahaan Jawatan (Perjan) (dahulu ada PJKA, Perusahaan Jawatan Kereta Api) untuk diubah bentuknya menjadi Perum atau Persero, dalam waktu 2 tahun.

Undang-undang no 19 tahun 2003 mengatur tentang apa?

Dalam Undang-undang ini, yang dimaksud dengan : 1. Badan Usaha Milik Negara, yang selanjutnya disebut BUMN, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Apa isi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2002?

(1) Penyelenggaraan usaha ketenagalistrikan bertujuan untuk menjamin tersedianya tenaga listrik dalam jumlah cukup, kualitas yang baik, dan harga yang wajar untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata serta mendorong peningkatan kegiatan ekonomi yang berkelanjutan.

See also:  Perseroan Terbatas Adalah Suatu Perseroan Yang Memperoleh?

Apa saja bentuk BUMN menurut UU No 19 tahun 2003?

Bentuk-Bentuk BUMN – BUMN memiliki berbagai macam atau jenis bentuk-bentuk yang berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN, Badan Usaha Milik Negara terdiri dari dua bentuk, yaitu badan usaha perseroan (persero) dan badan usaha umum (perum).

Apa landasan hukum dari BUMN?

Undang Undang No. 19 Tahun 2003 adalah dasar hukum keberadaan BUMN di Indonesia. Dalam Undang Undang ini, BUMN dibedakan menjadi tiga jenis, yakni Perusahaan Perseroan, Perusahaan Perseroan Terbuka dan Perusahaan Umum (Perum).

Apa saja tujuan pendirian BUMD?

Melihat dari fungsinya, BUMD didirikan bertujuan untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah khususnya dan pembangunan ekonomi nasional umumnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat yang adil dan makmur. PD/BUMD.

Apa tujuan badan usaha umum?

(1) Maksud dan tujuan PERUM adalah menyelenggarakan usaha yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 mengatur tentang apa?

UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

UU No 20 Tahun 2003 menjelaskan tentang apa?

Dalam UU ini diatur mengenai dasar, fungsi, dan tujuan sistem pendidikan nasional; prinsip penyelenggaraan pendidikan; hak dan kewajiban warga negara, orang tua, masyarakat, dan pemerintah; peserta didik; jalur, jenjang, dan jenis pendidikan; bahasa pengantar; dan wajib belajar.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1999 Tentang apa?

UU Nomor 20 Tahun 1999 tanggal 07 Mei 1999, tentang pengesahan ILO Convention No. 138 Concerning Minimum Age for Admission to Employment (Konvensi ILO mengenai Usia Minimum untuk Diperbolehkan Bekerja).

See also:  Penambangan Yang Dilakukan Oleh Pt Freeport Dikelola Sesuai Dengan?

BUMN berbentuk perum apa saja?

Perum Asabri yang kini menjadi PT Asabri. Perum Kereta Api (Perumka), operator KA yang kini menjadi PT Kereta Api Indonesia. Perum Pegadaian yang kini menjadi PT Pegadaian. Perum Telekomunikasi (Perumtel) yang kini menjadi PT Telkom Indonesia Tbk.

Apa saja contoh BUMN?

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. BUMN adalah badan usaha yang meliputi beragam sektor seperti transportasi, pertanian, telekomunikasi, perdagangan, listrik, hingga konstruksi. Beberapa contoh perusahaan BUMN adalah Pertamina, PLN, Garuda Indonesia, serta berbagai Bank.

Apa saja yang termasuk dalam BUMN?

10. Contoh BUMN industri

  • Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.
  • Perum Peruri.
  • PT Balai Pustaka (Persero)
  • PT Barata Indonesia (Persero)
  • PT Bio Farma (Persero)
  • PT Boma Bisma Indra (Persero)
  • PT Dahana (Persero)
  • PT Dirgantara Indonesia (Persero)
  • Apa saja ciri-ciri dari BUMN?

    Ciri-ciri BUMN

  • Operasional BUMN diawasi, dikontrol, dan dikuasai oleh negara.
  • BUMN melayani kepentingan umum dan pelayanan publik.
  • BUMN sebagai sumber pendapatan negara.
  • Semua risiko kegiatan usahanya ditanggung oleh pemerintah.
  • Menyediakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Apa perbedaan antara BUMN dan BUMS?

    BUMN: merupakan badan usaha yg didirikan oleh Negara/pemerintah yg sebagian atau bahkan seluruhnya modalnya berasal dr kekayaan Negara yg disisihkan. BUMS:badan usaha yg didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok org dan mempunyai tujuan utama mencari laba.

    Apa kelebihan BUMN?

    Kelebihan BUMN

  • Organisasi mantap.
  • memiliki kekuatan hukum yang kuat.
  • Permodalan pasti dari pemerintah.
  • Mengutamakan pelayanan umum.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector