Siapa Yang Berhak Mengajukan Gugatan Dalam Pengadilan Tata Usaha Negara?

Pengajuan Gugatan melalui pengadilan Tata Usaha Negara dapat dilakukan langsung oleh orang atau badan hukum perdata yang bersangkutan atau dapat diwakili oleh kuasa hukum yang berprofesi sebagai Advokat.

Siapa yang mengajukan gugatan sengketa Tata Usaha Negara?

Gugatan sengketa Tata Usaha Negara diajukan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara yang berwenang, yaitu pengadilan yang daerah hukumnya meliputi tempat kedudukan tergugat.

Berapa lama pengajuan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara?

Pengajuan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara hanya dapat dilakukan dalam tenggang waktu 90 hari sejak diterimanya atau diumumkannya Keputusan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara. Dalam gugatan itu harus dimuat identitas para pihak dan dasar gugatan.

Apakah gugatan tata usaha nasional harus memuat alasan?

Agar gugatan itu diterima oleh Pengadilan Tata Usaha Negara, maka gugatan itu harus memuat alasan antara lain: Keputusan Tata Usaha Negara itu bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apakah Pejabat Tata Usaha Negara dapat mengajukan gugatan ke PTUN?

Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara tidak dapat mengajukan gugatan ke PTUN untuk menggugat keputusan TUN (tidak dikenal rekovensi). Gugatan yang diajukan disyaratkan dalam bentuk tertulis.

Siapa yang dapat mengajukan gugatan TUN?

Pasal 53 ayat (1)UU 9/2004 menambahkan seseorang atau badan hukum perdata yang merasa kepentingannya dirugikan oleh suatu Keputusan Tata Usaha Negara dapat mengajukan gugatan. Orang yang dimaksud dalam rumusan itu adalah seseorang dalam pengertian alami (natuurlijke persoon).

Siapa yang digugat oleh orang atau badan hukum di Peradilan Tata Usaha Negara?

1. Penggugat : yaitu orang atau badan hukum perdata. 2. Tergugat : yaitu Badan atau Pejabat TUN, baik di pusat maupun di daerah. Penggugat adalah orang atau badan hukum perdata yang merasa kepentingannya dirugikan oleh suatu Keputusan TUN (Pasal 53 ayat 1 Undang-undang Nomor 9 Tahun 2004).

See also:  Anggota Lembaga Negara Yang Berwenang Mengusulkan Pengangkatan Hakim Agung?

Kapan seseorang bisa mengajukan gugatan ke PTUN?

Perhitungan jangka waktu pengajuan gugatan ke PTUN diatur secara khusus dalam Pasal 55 UU PTUN yang menyatakan bahwa “Gugatan dapat diajukan hanya dalam tenggang waktu sembilan puluh hari terhitung sejak saat diterimanya atau diumumkan Keputusan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara”.

Apa dasar hukum pengajuan gugatan di PTUN?

Alasan mengajukan Gugatan dalam Pengadilan Tata Usaha telah diatur pada Pasal 52 ayat (1) UU PTUN dan pada Pasal 53 ayat (2) UU PTUN. Alasan tersebut berupa Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat tersebut harus bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat

Siapa yang menjadi subjek dalam sengketa TUN?

Maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi Subjek di Peradilan Tata Usaha Negara (PERATUN) adalah Seseorang atau Badan Hukum Perdata sebagai Penggugat, dan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara sebagai Tergugat.

Apakah badan atau pejabat TUN dapat mengajukan gugatan ke PTUN?

Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara tidak dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara untuk menggugat Keputusan Tata Usaha Negara.

Siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam Peradilan Tata Usaha Negara?

Warga Negara atau masyarakat dapat mengajukan gugatan kepada PTUN apabila ada Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan pejabat Tata Usaha yang merugikan kepentingan warga negaranya. Subjek atau pihak-pihak yang berperkara di Pengadilan Tata Usaha Negara ada dua yakni Pihak Penggugat dan Tergugat.

Siapa saja yang termasuk ke dalam golongan pejabat tata usaha negara?

Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara adalah badan atau pejabat yang melaksanakan urusan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

See also:  Kapan Saat Terutangnya Ppn Dan Ppnbm?

Masa 90 hari untuk mengajukan gugatan PTUN dihitung sejak kapan?

Selengkapnya, Pasal 55 UU PTUN menyebutkan “Gugatan dapat diajukan hanya dalam tenggang waktu sembilan puluh hari terhitung sejak saat diterimanya atau diumumkannya Keputusan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara.”

Kenapa dibatasi jangka waktu dalam mengajukan gugatan PTUN?

Dengan demikian, lanjut Nasrudin, pembatasan jangka waktu gugatan dimaksudkan agar proses gugatan tidak terkatung-katung atau terjadi kevakuman, ketidakpastian hukum dan pengeluaran anggaran yang sangat besar.

Berapa lama jangka waktu untuk dapat mengajukan gugatan?

“Tenggang waktu pengajuan gugatan di Pengadilan dihitung 90 (sembilan puluh) hari sejak keputusan atas upaya administratif diterima Warga Masyarakat atau diumumkan oleh Badan dan/atau Pejabat Administrasi pemerintahan yang menangani penyelesaian upaya administratif.”

Alasan apakah yang paling pokok dimuat dalam gugatan di PTUN?

Nah, alasan-alasan tersebut pada intinya berupa: 1. Keputusan Tata Usaha Negara bertentangan dengan peraturan perundangundangan yang berlaku. 2. Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara pada waktu mengeluarkan keputusan telah menggunakan wewenangnya untuk tujuan lain dari maksud diberikannya wewenang tersebut.

Apa itu dasar gugatan?

Fundamentum petendi berarti dasar gugatan atau dasar tuntutan, yaitu bagian yang berisi dalil yang menggambarkan adanya hubungan yang menjadi dasar atau uraian dari suatu tuntutan.

Apa saja isi gugatan PTUN?

  • Penggugat.
  • Tergugat.
  • Obyek Gugatan.
  • Kronologi Kasus.
  • Asas pmt-an yang dilanggar oleh tergugat.
  • Putusan.
  • Analisis Teori Yang Berlaku.
  • Kesimpulan. SEKIAN.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector