Pasal Yang Mengatur Tentang Pajak Adalah?

UUD 1945 Pasal 23 berisi tentang aturan dalam hal keuangan negara yang meliputi penyusunan anggaran belanja, mata uang negara, dan peraturan tentang perpajakan. Khusus perpajakan disusun dalam pasal 23A yang berbunyi, “Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang”.
Dalam diskusi ini, Siti Rahma mengatakan bahwa pajak diatur dalam Pasal 23A UUD NRI 1945. Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.

Apa yang dimaksud dengan pajak?

Di Indonesia, pajak awalnya merupakan suatu upeti atau pemberian secara cuma-cuma oleh rakyat kepada raja atau penguasa. Namun, upeti ini hanya digunakan untuk kepentingan penguasa saja, tidak dikembalikan ke rakyat.

Apa saja jenis pajak yang wajib dibayar bagi Wajib Pajak?

Ada bermacam-macam jenis pajak yang wajib dibayar bagi Wajib Pajak. Jenis pajak dibedakan menjadi tiga berdasarkan objek, subjek, sifat dan lokasi pemungutannya. Berikut adalah jenis-jenis pajak berdasarkan kategorinya. 1. Pajak tidak langsung

Apa saja jenis-jenis pajak berdasarkan kategorinya?

Berikut adalah jenis-jenis pajak berdasarkan kategorinya. 1. Pajak tidak langsung Pajak tidak langsung atau yang disebut dengan indirect tax adalah pajak yang hanya diberikan untuk Wajib Pajak jika melakukan perbuatan tertentu.

Pasal berapakah pajak diatur di dalam UUD 1945?

Sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat (2) Undang Undang Dasar 1945, ketentuan-ketentuan perpajakan yang merupakan landasan pemungutan pajak ditetapkan dengan Undang-undang. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan yang berlaku sejak tahun 1986 merupakan landasan hukum dalam pengenaan pajak

Apa saja undang-undang yang mengatur tentang pajak?

10 Aturan Pajak yang Wajib Kamu Tahu

See also:  Bumn Perusahaan Apa?
  • 1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.
  • Peraturan DJP Nomor PER-05/PJ/2017.
  • 3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020.
  • Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-09/PJ/2020.
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.10/2016.
  • Apa isi UUD 1945 pasal 23A?

    Pasal 23 A “Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang. ‘

    Apa yang dimaksud dengan pajak menurut UUD 1945 pasal 23 ayat 2?

    penjelasan dari pasal 23 ayat 2 ini, Pemungutan pajak diperuntukkan bagi keperluan pembiayaan umum pemerintah dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan, baik rutin maupun pembangunan, hal itu sudah diataur dalam undang’.

    Membayar pajak pasal dan ayat berapa?

    Oleh karenanya, setiap warga negara Indonesia wajib mentaati hukum yang berlaku sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat (1) UUD 1945. Kewajiban membayar pajak diatur dalam Pasal 23A UUD 1945 yaitu pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.

    UU No 36 tahun 2008 Tentang apa?

    UU No. 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan

    Berapa tarif pasal 17 ayat 1 UU tahun 2008?

    Pasal 17 Ayat 1 UU PPh yaitu Wajib Pajak Badan Dalam Negeri dan Bentuk Usaha Tetap adalah sebesar 28%.

    Apa yang dimaksud pajak penghasilan berdasarkan Pasal 21 UU No 36 tahun 2008?

    Pasal 21 Pajak Penghasilan (Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008) PPh 21 adalah pemotongan pajak atas penghasilan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang wajib dilakukan oleh: A.

    See also:  Contoh Bumn Yang Bergerak Dalam Bidang Energi Adalah?

    Apa isi dari pasal 30 ayat 1?

    Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur mengenai Upaya Bela Negara yaitu ketentuan Pasal 27 Ayat (3): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,” dan Pasal 30 Ayat (1): “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan

    Pasal 33 ayat 1 tentang apa?

    Pasal 33 ayat (1) UUD 1945 menegaskan bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.” Makna yang terkandung dalam ayat tersebut sangat dalam yakni sistem ekonomi yang dikembangkan seharusnya tidak basis persaingan serta atas asas yang sangat individualistik.

    Pasal 20 ayat 1 tentang apa?

    Menurut amanat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 20A ayat (1) menyebutkan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat memiliki fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

    UU No 28 tahun 2007 Tentang apa?

    Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

    Siapa Wajib Pajak menurut UU No 28 tahun 2007?

    2. Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

    Apa saja yang termasuk dalam objek pajak menurut pasal 4 ayat 1 UU No 36 tahun 2008?

    Objek Pajak

    Gaji, upah, tunjangan, honorarium, uang pensiun, gratifikasi, komisi, bonus, dan imbalan lainnya atas pekerjaan atau jasa.

    PPh pasal 4 ayat 2 itu apa?

    Pemotongan atau pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) atau PPh Pasal 4 ayat (2) adalah cara pelunasan pajak dalam tahun berjalan antara lain melalui pemotongan atau pemungutan pajak yang bersifat final atas penghasilan tertentu yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

    See also:  Pt Erakomp Infonusa Bergerak Dibidang Apa?

    PPh pasal 28 tentang apa?

    ‘ Pasal 28

    Bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap, pajak yang terutang dikurangi dengan kredit pajak untuk tahun pajak yang bersangkutan, berupa: a. pemotongan pajak atas penghasilan dari pekerjaan, jasa, dan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21; b.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector