Mahkamah Internasional Merupakan Pengadilan Tertinggi Di Dunia Yang Bertempat Di?

Mahkamah Agung Internasional atau biasa disebut Mahkamah Internasional, merupakan Mahkamah Pengadilan Tertinggi di seluruh dunia. Pengadilan internasional dapat mengadili semua perselisihan yang terjadi antara negara bukan anggota PBB.
Mahkamah Internasional adalah salah satu badan perlengkapan PBB yang berkedudukan di Den Hag (Belanda). Para anggotanya terdiri atas ahli hukum terkemuka, yakni 15 orang hakim yang dipilih dari 15 negara berdasrkan kecakapannya dalam hokum dan masa jabatan mereka 9 tahun.

Apa itu Mahkamah Internasional?

Mahkamah Internasional didirikan pada Juni 1945 oleh PBB dan mulai bekerja pada bulan April 1946. Mahkamah Internasional terletak di Istana Perdamaian, Den Haag (Belanda), satu-satunya organ utama PBB yang tidak berlokasi di New York (Amerika Serikat). Namun, tidak menutup kemungkinan pengadilan bersidang di tempat lain yang dianggap perlu.

Kapan Mahkamah Internasional didirikan?

Mahkamah Internasional didirikan pertama kali di Den Haag, Belanda pada tahun 1945. Lembaga ini dibentuk dalam proses yang panjang hingga akhirnya disahkan oleh piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 2. Pengertian dan Fungsi

Apa yang dimaksud dengan kewenangan Mahkamah Internasional?

Kewenangan Mahkamah Internasional yaitu wewenang mahkamah Internasional yang diatur dalam Bab II statute Mahkamah Internasional. Kewenangan ini diperuntukkan menyelesaikan sengketa “Contentions Case”.

Apa saja kasus sengketa pertama yang ditangani Mahkamah Internasional?

Kasus sengketa pertama yang ditangani Mahkamah Internasional adalah sengketa di Selat Corfu antara Inggris dan Albania pada 1947 yang merupakan era Perang Dingin ( Cold War ). Pada saat itu dua kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris rusak akibat ditembak oleh tentara Republik Albania. Beberapa tentara AL Inggris juga tewas dalam insiden tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector