Lembaga Yang Melakukan Seleksi Terhadap Calon Hakim Agung Ialah?

Pasal 24A ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD Tahun 1945) menyatakan bahwa “calon hakim agung diusulkan Komisi Yudisial kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk mendapatkan persetujuan dan selanjutnya ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden”.

Bagaimana seleksi calon hakim agung?

Komisi Yudisial melakukan seleksi calon Hakim Agung yaitu: seleksi administrasi, seleksi uji kelayakan, dan tes kesehatan, klarifikasi dan wawancara.

Apa saja tahapan seleksi calon hakim?

‘Calon hakim akan menjalani serangkaian tahapan, di antaranya seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka,’ ujar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari dalam konferensi pers di Gedung KY, Selasa (28/5/2019).

Apa yang dimaksud dengan Komisi Hakim Agung?

Terbentuk atas amandemen ketiga Undang-Undang Dasar 1945 pada tahun 2001 dan berdasar pada keprihatinan akan peradilan di Indonesia. Hal ini menyebabkan bengkoknya keadilan. Akhirnya komisi ini terbentuk dengan dua kewenangan konstitutif yaitu mengusulkan pembentukan hakim agung dan menjaga serta menegakkan kehormatan, martabat, dan perilaku hakim.

Bagaimana Cara menentukan jumlah hakim agung yang sesuai dengan kebutuhan riil?

Untuk menentukan jumlah Hakim Agung yang sesuai dengan kebutuhan riil MA, secara ideal setidaknya ada 2 (dua) faktor penting yang diperlukan, yaitu: (a) Jumlah atau beban perkara yang harus ditangani, dan (b) Standar kinerja/kapasitas kerja Hakim Agung.

Siapakah yang melakukan seleksi hakim?

Jakarta (Komisi Yudisial) – Komisi Yudisial (KY) berpandangan bahwa ciri utama dari Komisi Yudisial di berbagai negara (judicial commission, judicial council, atau nama lain dengan fungsi serupa) adalah untuk melakukan seleksi hakim.

Siapa yang menyeleksi calon hakim agung?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Yudisial (KY) sudah menyeleksi 11 calon hakim agung dari 13 kandidat. Ke-11 calon hakim agung tersebut selanjutnya harus mendapat persetujuan dari Komisi III DPR.

See also:  Bagaimana Prosedur Pendirian Pt?

Lembaga apakah yang mengusulkan para hakim agung?

DPR yang diwakili oleh Sarifuddin Suding menyampaikan bahwa KY merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga, menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Manakah yang termasuk wewenang Mahkamah Agung?

Berikut tugas dan wewenang Mahkamah Agung Republik Indonesia: Memeriksa dan memutus permohonan kasasi (Pasal 20 ayat 1 UU Nomor 48 Tahun 2009). Memeriksa dan memutus sengketa tentang kewenangan mengadili (Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 14 Tahun 1985).

Siapa yang memilih hakim konstitusi?

Hakim Konstitusi diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden. Masa jabatan Hakim Konstitusi adalah lima tahun, dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Siapa yang memilih anggota Komisi Yudisial?

(1) Anggota Komisi Yudisial diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. (2) Persetujuan DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1), disampaikan kepada Presiden dalam jangka waktu paling lambat 45 (empat puluh lima) hari sejak menerima pencalonan Anggota Komisi Yudisial yang diajukan Presiden.

Siapa Wakil Ketua Komisi Yudisial Sekarang?

Mukti Fajar Nur Dewata dan M. Taufiq HZ Terpilih Menjadi Ketua dan Wakil Ketua KY Periode Januari 2021 – Juni 2023.

Siapa Ketua Mahkamah Agung saat ini?

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik dan mengambil sumpah 7 (tujuh) orang Hakim Agung pada Selasa pagi (19/10) di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung lantai 14, Jakarta.

Bagaimana pemilihan hakim agung?

Mekanisme pengangkatan hakim agung menurut Pasal 24A ayat (3) UUD 1945 adalah ditetapkan oleh Presiden setelah menerima calon hakim agung yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

See also:  Pt Grand Puri Persada Bergerak Dibidang Apa?

Apa saja lembaga yudisial?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

Siapa yang berhak mengangkat hakim jelaskan alasannya?

Berdasarkan Pasal 24B Ayat 1 UUD 1945, Komisi Yudisial merupakan lembaga negara bersifatmandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung danmempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan,keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Apa yang dimaksud dengan lembaga Mahkamah Agung?

a. Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

1 Apa saja kewenangan Mahkamah Agung brainly?

Wewenang MA :

  • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.
  • Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
  • Apa wewenang Mahkamah Agung dalam tingkat kasasi?

    Mahkamah Agung memiliki wewenang: Berwenang mengadili pada tingkat kasasi. Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi. Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.

    Apa fungsi dan wewenang MA?

    Merujuk Pasal 28 UU 14/1985, pertama, MA berwenang memeriksa dan memutus permohonan kasasi atas putusan-putusan peradilan di bawahnya terkait ada atau tidaknya kesalahan dalam penerapan hukum (upaya hukum biasa).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector