Lembaga Yang Berwenang Menjaga Dan Menegakkan Kehormatan Hakim Adalah …?

KY merupakan lembaga negara yang tidak dapat dipisahkan dengan kekuasaan kehakiman yang merdeka sehingga KY memiliki peranan penting untuk mewujudkan pengangkatan calon hakim agung dan hakim ad hoc di MA. Hal tersebut untuk menjaga, menegakkan kehormatan dan martabat hakim sebagai penegak hukum dan keadilan.

Siapa yang bertugas menjaga kehormatan dan perilaku hakim?

Dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, Komisi Yudisial mempunyai tugas: a. Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perilaku hakim; b.

Komisi Yudisial termasuk lembaga apa?

Lembaga yudikatif terdiri dari Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY). Lembaga eksekutif terdiri dari presiden, wakil presiden, dan jajaran menteri.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan lembaga Mahkamah Agung?

a. Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

Apa saja yang termasuk ke dalam lembaga yudikatif?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

Siapa yang mengusulkan pengangkatan hakim agung?

Kewenangan ini salah satunya diturunkan dalam Pasal 13 huruf a UU Komisi Yudisial (UU No. 18 Tahun 2011) yang berbunyi: “Komisi Yudisial mempunyai wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan”.

Siapa yang bertugas untuk mengusulkan pengangkatan hakim agung?

Dikutip dari laman komisiyudisial.go.id, tugas Komisi Yudisial berkaitan dengan wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung (MA) kepada DPR guna mendapat persetujuan. Selain itu Komisi Yudisial juga berwenang menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim.

See also:  Pt Yakjin Jaya Indonesia Memproduksi Apa?

Apa itu lembaga Eksaminatif?

Lembaga eksaminatif adalah lembaga atau badan yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Lembaga eksaminatif yang dimaksud dalam hal ini adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Apa saja yang termasuk lembaga legislatif?

Di Negara Indonesia, lembaga legislatif adalah DPR, DPD, dan MPR. DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga legislatif yang memiliki keduduan sebagai lembaga negara.

Mengapa Komisi Yudisial merupakan lembaga yang bersifat mandiri?

Lebih lanjut Aidul menjelaskan kemandirian yang dimaksud. Pertama, Anggota KY tidak dapat diberhentikan Presiden. Kedua, KY memiliki anggaran sendiri. Ketiga, KY dapat membuat peraturan. Keempat, saat KY bertandang ke DPR, maka KY mewakili diri sendiri bukan pemerintah.

Apa yang dimaksud dengan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi?

Keduanya sama-sama merupakan pelaku kekuasaan kehakiman menurut ketentuan Pasal 24 ayat (2) UUD 194530. Tetapi, Mahkamah Konstitusi berfungsi sebagai pengawal UUD (the guardian of the the constitution), sedangkan Mahkamah Agung merupakan pengawal UU dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Apakah wewenang Mahkamah Agung?

Berikut tugas dan wewenang Mahkamah Agung Republik Indonesia: Memeriksa dan memutus permohonan kasasi (Pasal 20 ayat 1 UU Nomor 48 Tahun 2009). Memeriksa dan memutus sengketa tentang kewenangan mengadili (Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 14 Tahun 1985).

Apakah kewenangan Mahkamah Agung?

Wewenang

  • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.
  • Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
  • Apa saja yang menjadi lembaga lembaga yudikatif minimal 6?

    Lembaga Yudikatif dan Tugasnya

    1. Mahkamah Agung. Sesuai pasal 24A UUD 1945, Mahkamah Agung memiliki kewenangan mengadili kasus hukum tingkat kasasi.
    2. Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Konstitusi atau MK memiliki wewenang untuk mengadili [ada tingkat pertama dan terakhir (sifatnya final).
    3. Komisi Yudisial.
    See also:  Pt Beesco Produksi Apa?

    Apa yang dimaksud dengan lembaga yudikatif dan berikan contohnya?

    Kemudian yang terakhir adalah pengertian dari yudikatif adalah lembaga negara yang bertugas melakukan pengawasan, pengawalan, dan memantau proses pelaksanaan UUD, dan pengawasan pelaksaaan hukum di suatu negara. Adapun contoh lembaga yudikatif yakni: MK, MA, dan KY.

    Apa yang dimaksud dengan kekuasaan yudikatif dan berikan contohnya?

    Kekuasaan yudikatif adalah jenis kekuasaan atau lembaga yang berwenang dalam menegakan serta mengadili para pelanggar kebijakan, peraturan, dan perundang–undangan demi mempertahankan undang–undang yang telah dibuat. Contoh lembaga atau kekuasaan yudikatif adalah : Mahkamah Agung. Mahkamah Konstitusi.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector