Lembaga Yang Bersifat Mandiri Dan Mempunyai Wewenang Mengusulkan Hakim Agung?

Berdasarkan Pasal 24B Ayat 1 UUD 1945, Komisi Yudisial merupakan lembaga negara bersifatmandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung danmempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan,keluhuran martabat, serta perilaku hakim.
JAKARTA, HUMAS MKRI – Pasal 24B Ayat (1) UUD 1945 telah menentukan bahwa Komisi Yudisial (KY) bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga, menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Lembaga apa yang menetapkan para hakim agung?

Pasal 24B ayat (1) UUD 1945 menyebut: “Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim”.

Manakah yang termasuk wewenang Mahkamah Agung?

Berikut tugas dan wewenang Mahkamah Agung Republik Indonesia: Memeriksa dan memutus permohonan kasasi (Pasal 20 ayat 1 UU Nomor 48 Tahun 2009). Memeriksa dan memutus sengketa tentang kewenangan mengadili (Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 14 Tahun 1985).

Apa dasar hukum tugas dan wewenang Mahkamah Agung?

Dasar Hukum Mahkamah Agung dalam UUD 1945

(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang, dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.

Apakah MA termasuk lembaga peradilan?

Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

Apa saja yang termasuk ke dalam lembaga yudikatif?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

See also:  How To Update Cv On Linkedin?

1 Apa saja kewenangan Mahkamah Agung brainly?

Wewenang MA :

  • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.
  • Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
  • Apa saja tugas dan wewenang Mahkamah Agung brainly?

    Tugas Mahkamah Agung yang utama adalah mengadili pada tingkat kasasi. Mahkamah Agung bertugas untuk memutus permohonan kasasi terhadap putusan pengadilan tingkat banding maupun tingkat akhir dari semua lingkungan peradilan. Mahkamah Agung juga berwenang menguji peraturan perundang-undangan.

    Apa saja yang menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi?

    Kewenangan

  • Menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar;
  • Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar;
  • Memutus pembubaran partai politik, dan.
  • Memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
  • Siapa yang memilih anggota Komisi Yudisial?

    (1) Anggota Komisi Yudisial diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. (2) Persetujuan DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1), disampaikan kepada Presiden dalam jangka waktu paling lambat 45 (empat puluh lima) hari sejak menerima pencalonan Anggota Komisi Yudisial yang diajukan Presiden.

    Siapa yang membentuk Komisi Yudisial?

    Jawaban. diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR tetapi sebelum mengangkat, presiden membentuk panitia seleksi pemilihan anggota komisi Yudisial yang terdiri atas unsur pemeritahan, praktisi hukuum, akademisi hukum dan anggota masyarakat.

    Apa yang dimaksud lembaga Komisi Yudisial?

    Komisi Yudisial merupakan lembaga pengawas terhadap kekuasaan kehakiman. Komisi Yudisial terbentuk dari kondisi dunia peradilan yang tidak lagi dipercayai publik. Komisi Yudisial diharapkan bisa menjaga keluhuran martabat dan perilaku hakim.

    Apa saja tugas dari Mahkamah Agung?

    Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali untuk menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

    See also:  Siapa Nama Pengusaha Internasional Tersebut?

    Tugas Mahkamah Agung tercantum dalam UUD 1945 pasal berapa?

    Pasal 24 ayat (2) UUD 1945 menyatakan, Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector