Hakim Jurusan Apa?

Kebanyakan lulusan dari jurusan hukum akan menempuh karir di bidang hukum. Jenis karir ini di antaranya pengacara, hakim, analis bidang hukum atau legal, hingga membuka firma hukum sendiri. Akan tetapi prospek karir lulusan jurusan hukum tidak hanya terbatas pada bidang hukum saja.

Apakah hakim dan jaksa sama?

Baik hakim maupun jaksa, keduanya merupakan profesi yang sama-sama berkecimpung di dunia hukum. Akan tetapi, perananan hakim dengan jaksa selama proses persidangan ataupun prosedur hukum lainnya sangatlah berbeda.

Apa yang dimaksud dengan hakim?

Hakim berdasarkan Undang-undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) adalah Pejabat Peradilan Negara yang diberi wewenang oleh Undang-undang untuk Mengadili. Dalam Persidangan,tugas Hakim adalah menerima, memeriksa, dan memutus suatu Perkara berdasarkan asas bebas, jujur, dan tidak memihak di sidang Pengadilan.

Apakah lulusan jurusan hukum bisa menjadi hakim?

Apakah Kamu Tahu? Sebagai lulusan jurusan hukum kamu dapat berkarir sebagai analis konflik, yang biasanya bekerja di sebuah firma hukum. Analis konflik bertugas meneliti potensi konflik kepentingan antara satu pihak dengan pihak lain yang sedang terlibat, termasuk di dalamnya staf pengadilan. Lulus jurusan hukum juga bisa menjadi seorang hakim.

Fakultas hukum jurusan apa saja?

Berikut beberapa konsentrasi jurusan hukum yang dapat anda pelajari dan banyak peminatnya.

  • Hukum Perdata.
  • Hukum Lingkungan dan Tata Ruang.
  • Hukum Ekonomi.
  • Hukum Internasional.
  • Hukum dan Teknologi.
  • Hukum Pidana.
  • Hukum Administrasi Negara.
  • Hukum Tata Negara.
  • Lulusan SH jadi apa?

    11 Prospek Kerja yang Dapat Ditekuni Lulusan Ilmu Hukum

    1. Pengacara. © Freepik.com.
    2. 2. Jaksa. Apabila ingin berperan di ruang pengadilan, prospek kerja lainnya yang dapat ditekuni oleh alumi jurusan ilmu hukum adalah sebagai seorang jaksa.
    3. 3. Hakim.
    4. 4. Staf legal.
    5. Konsultan hukum.
    6. 6. Dosen.
    7. 7. Staf kementerian.
    8. Diplomat.
    See also:  Barang Tambang Yang Dieksplorasi Oleh Pt Freeport?

    Apakah untuk menjadi hakim harus S2?

    Demi mendapatkan hakim-hakim yang berkualitas di masa yang akan datang, calon-calon hakim yang direkrut harus berkualitas pula. Sehingga ke depan, prasyarat untuk menjadi calon hakim dinaikkan yang semula cukup dengan jenjang strata 1 (S-1) menjadi harus lulusan S-2.

    Apa yang di pelajari di jurusan hukum?

    Deskripsi Jurusan

    Di Prodi Ilmu Hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

    Fakultas hukum dibagi menjadi berapa?

    Fakultas Hukum hanya ada satu jurusan namun setiap mahasiswanya biasanya terbagi-bagi dalam Peminatan atau Program Kekhususan.

  • Peminatan Hukum Perdata.
  • Peminatan Hukum Pidana.
  • Peminatan Hukum Tata Negara.
  • Peminatan Hukum Internasional.
  • Peminatan Hukum Ekonomi Bisnis.
  • Apakah anak IPA bisa masuk fakultas hukum?

    Dari uraian singkat diatas dapat penulis simpulkan bahwa jurusan ilmu hukum tidak hanya terbatas bagi siswa yang mengambil jurusan IPS, untuk kamu yang menempuh jurusan IPA peluang masuk jurusan ini sangat terbuka lebar.

    Berapa gaji lulusan sarjana hukum?

    Kisaran gaji yang bisa anda peroleh dari profesi ini adalah sekitar Rp. 5.000.000 tergantung dari jenis pekerjaannya.

    Apa keuntungan mengambil jurusan hukum?

    Kelebihan jurusan hukum yang barangkali tidak ditemukan di jurusan lain adalah mendorong pembentukan karakter positif yang lebih spesifik bagi mahasiswanya. Beberapa karakter tersebut di antaranya sebagai sosok pemberani, tegas, disiplin, dan tidak mundur saat ada masalah.

    Apa prospek kerja jurusan hukum?

    Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum. Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. selain itu kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris.

    See also:  Pt Adalah Perusahaan Yang Modalnya Diperoleh Dari?

    Untuk menjadi hakim harus lulusan apa?

    Cara Menjadi Hakim

    Bagimu yang tertarik untuk menekuni profesi Hakim, maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang ilmu hukum, karena perkuliahannya yang mempelajari berbagai sistem hukum terkait kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis.

    Apakah jika ingin menjadi pengacara harus S2?

    Sampai saat ini belum ada UU yang mengatur ketentuan menjadi seorang Pengacara atau Jaksa adalah lulusan S2, yang bisa menjadi profesi Pengacara adalah seorang sarjana lulusan hukum, dan telah mengikuti ujian advokat serta dinyatakan lulus, yg sebelumnya telah mengambil pendidikan advokat.

    Apa saja syarat untuk menjadi seorang hakim?

    Menurut al-Mawardi, ada tujuh syarat untuk dipilih sebagai seorang hakim:

  • Sehat jasmani rohani.
  • Kecerdasan dan kemampuan.
  • Bebas merdeka.
  • Islam.
  • Laki-laki.
  • Keadilan.
  • Menguasai sumber hukum.
  • Berapa lama kuliah di fakultas hukum?

    Beban studi pada Program Studi Ilmu Hukum dihitung dengan Satuan Kredit Semester (SKS) sejumlah 144 SKS. Masa studi mahasiswa paling lama 7 (tujuh) tahun. Mahasiswa yang berprestasi baik dapat menyelesaikan studi kurang dari 4 (empat) tahun.

    Apakah masuk fakultas hukum harus bisa bahasa inggris?

    Guru Besar UI: Orang Hukum Harus Pandai Bahasa Inggris dan Matematika. Berdasarkan data yang dilansir SBMPTN tahun lalu, Hukum menjadi jurusan favorit untuk ranah sosial humaniora (Soshum).

    Gelar sarjana hukum apa?

    S.H. (Sarjana Hukum)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector