Contoh Perkara Yang Diadili Oleh Pengadilan Negeri?

Contoh perkara pidana yang bisa ditangani oleh Pengadilan Negeri ialah kasus perkelahian, pelecehan seksual, pencurian, pelanggaran lalu lintas, kekerasan dalam rumah tangga, dan lain sebagainya.

Apa saja perkara yang diajukan ke pengadilan?

Berbagai macam perkara yang diajukan ke Pengadilan, baik Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) ataupun Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) baik perkara pemohonan maupun gugatan; Namun sebagai masyarakat awam masih kebingungan ketika sedang menghadapi permasalahan hukum atau memiliki keperluan khusus yang berhubungan dengan Pengadilan;

Apa saja permohonan yang dapat diajukan di Pengadilan Negeri?

Demikianlah beberapa permohonan yang umumnya dapat diajukan di Pengadilan Negeri, sebenarnya masih banyak lagi permohonan-permohonan yang dapat diajukan di Pengadilan Negeri; Seperti permohonan akta cerai, pembubaran perseroan, eksekusi, gezeling, kepailitan badan hukum, pelaksanaan arbitrase nasional dan internasional dan lain sebagainya;

Perkara apa saja yang ditangani oleh Pengadilan Negeri?

Sebagai Pengadilan Tingkat Pertama, Pengadilan Negeri berfungsi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya. Daerah hukum Pengadilan Negeri meliputi wilayah Kota atau Kabupaten.

Apa saja perkara yang dapat diselesaikan di Peradilan Umum?

Peradilan umum menangani perkara pidana dan perdata secara umum. Badan pengadilan yang menjalankannnya adalah Pengadilan Negeri sebagai pengadilan tingkat pertama dan Pengadilan Tinggi sebagai pengadilan tingkat bandingnya.

Pengadilan Tinggi menangani kasus apa saja?

Pengadilan Tinggi bertugas dan berwenang mengadili perkara pidana dan perkara perdata di Tingkat Banding. Pengadilan Tinggi juga bertugas dan berwenang mengadili di Tingkat Pertama dan terakhir sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah hukumnya.

Apa saja tugas dan fungsi Pengadilan Negeri?

Pengadilan Negeri bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama (Pasal 50 UU No.2 Tahun 1986) Pengadilan dapat memberikan keterangan, pertimbangan dan nasihat tentang hukum kepada instansi pemerntah di daerahnya apabila diminta (Pasal 52

See also:  Apakah Yang Dimaksud Tulisan Tbk Yang Dicantumkan Dibelakang Nama Pt?

Kasus apa saja yang ditangani oleh Pengadilan Agama?

Pengadilan Agama dibentuk dengan Keputusan Presiden. Di dalam lingkup pengadilan agama ada bermacam-macam perkara di selesaikan. Salah satunya seperti perkara cerai talak, cerai gugat, harta bersama,Itsbat Nikah, pengesahan perkawinan dan Dispensasi Kawin.

Bidang perkara apa saja yang menjadi kompetensi absolut peradilan agama?

Kompetensi absolut Peradilan Agama tertuang dalam Pasal 49 UU Peradilan Agama.

Kewenangan Pengadilan Agama

  • Perkawinan yang dilakukan menurut syariah Islam;
  • Waris;
  • Wasiat;
  • Hibah;
  • Wakaf;
  • Zakat;
  • Infaq;
  • Sedekah; dan.
  • Sebutkan macam2 pengadilan di Indonesia mengadili bidang apa?

    Berikut 5 Macam Lembaga Peradilan di Indonesia:

    1. Pengadilan Umum (Pengadilan Sipil) Jenis pengadilan ini digunakan untuk mengadili masyarakat secara umum.
    2. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)
    3. Pengadilan Agama.
    4. Pengadilan Militer.
    5. Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi)

    Apa itu lingkungan Peradilan Umum?

    Perubahan atas Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum. – Peradilan Umum merupakan lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung sebagai pelaku kekuasaan kehakiman yang merdeka, untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

    Pengadilan Tinggi ada dimana saja?

    Daftar Pengadilan Tinggi

    No. Pengadilan Tinggi Yurisdiksi
    1 Pengadilan Tinggi Banda Aceh Provinsi Nanggoroe Aceh Darussalam
    2 Pengadilan Tinggi Medan Provinsi Sumatra Utara
    3 Pengadilan Tinggi Padang Provinsi Sumatra Barat
    4 Pengadilan Tinggi Pekanbaru Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau

    Apa saja tugas Pengadilan Tinggi Agama?

    Pengadilan Tinggi Agama bertugas dan berwenang mengadili perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama dalam tingkat banding.

    Panitera Muda Banding menyelenggarakan fungsi :

  • pelaksanaan pemeriksaan, penelaahan kelengkapan berkas perkara banding;
  • pelaksanaan registrasi perkara banding;
  • Apakah lembaga peradilan tertinggi di Indonesia?

    a. Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

    See also:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pengukuhan Pkp Secara Jabatan?

    Brainly apa tugas dan fungsi Pengadilan Negeri?

    Jawaban: Tugas pokok Pengadilan Negeri sebagai Pengadilan Tingkat pertama adalah Menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan sengketa Perkara di Tingkat Pertama sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

    Apa tugas dan fungsi Hakim?

    Hakim Pengadilan adalah pejabat yang melakukan tugas kekuasaan kehakiman, untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama.

    Brainly apa tugas dan fungsi lembaga peradilan?

    Menegakkan dan memajukkan the rule of law dan penghormatan pada hukum dengan menjamin adanya due process of law dan perlakuan yang wajar bagi tersangka, terdakwa, dan terpidana, melakukan penuntutan dan membebaskan prang yang tidak bersalah yang dituduh melakukan kejahatan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector