Badan Usaha Milik Negara Bumn Yang Mengelola Minyak Bumi?

Badan Usaha Milik Negara Khusus Minyak dan Gas Bumi (BUMN-K) yang dibentuk untuk mengatasi ketidak jelasan pengelolaan migas di Indonesia memiliki ciri khusus dalam bentuk pengendalian kontrak yang diberikan kepada Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap.
Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara atau Pertamina adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan Pertamina?

Berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 tanggal 18 Juni 2003, Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara berubah nama menjadi PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir.

Apa yang diketahui tentang BUMN?

Secara sederhana, BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Apa peran Pertamina?

PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan perannya dalam menggerakkan perekonomian nasional dengan mengembangkan strategi untuk memenuhi energi nasional secara berkelanjutan dalam rangka mengurangi impor minyak dan gas.

Pertamina menghasilkan apa?

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menghasilkan minyak bumi dan gas alam (migas) melalui kegiatan eksplorasi dan produksi dalam mendukung PT Pertamina (Persero) menyediakan energi yang penting bagi pembangunan dan perekonomian Indonesia.

Apa yang Anda ketahui tentang tujuan adanya BUMN?

Pada hakikatnya, BUMN memiliki tujuan untuk membuka dan memperluas lapangan pekerjaan bagi penduduk angka kerja serta mencegah monopoli pihak swasta.

Apa yang kamu ketahui tentang BUMN berilah contohnya?

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. BUMN adalah badan usaha yang meliputi beragam sektor seperti transportasi, pertanian, telekomunikasi, perdagangan, listrik, hingga konstruksi. Beberapa contoh perusahaan BUMN adalah Pertamina, PLN, Garuda Indonesia, serta berbagai Bank.

See also:  Pt Amtek Engineering Batam Bergerak Dibidang Apa?

Apa itu BUMN dan tujuannya?

Tujuan BUMN

Tujuan utama berdirinya badan usaha adalah untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat umum. Badan usaha ini hadir untuk mewujudkan peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan BUMN juga sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Pasal 2.

Apa peran minyak bumi dalam perekonomian bangsa Indonesia?

Minyak bumi mempunyai peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia yaitu sebagai sumber energi untuk kegiatan ekonomi dalam negeri.

Apa bidang usaha Pertamina?

Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan. Selain itu sebagai wujud kontribusi PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Berapa gaji kerja di Pertamina?

Administrasi: Rp19,4 juta – Rp21,07 juta. Staf akuntansi: Rp9,6 juta – Rp10,5 juta. HRD: Rp12,8 juta – Rp13,8 juta. Customer Service: Rp3,35 juta – Rp3,64 juta.

SPBU termasuk bidang usaha apa?

Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) atau yang dikenal oleh masyarakat dengan istilah Pompa Bensin merupakan unit Usaha Migas mitra Perseroan Terbatas (PT) PERTAMINA dengan komoditas yang sangat strategis, kegiatan utamanya adalah menyalurkan atau menjual Bahan Bakar Minyak bersubsidi kepada Masyarakat umum

Pertamina group apa saja?

Anak Perusahaan

  • PT PERTAMINA EP. Gedung Standard Charter. Jl.
  • PT Pertamina Geothermal Energy. Menara Cakrawala Lt.15. Jl.
  • PT Pertamina EP Cepu. Jl.
  • PT Pertamina EP Cepu ADK. Jl.
  • PT Pertamina Gas. Gedung Oil Center Lt.2.
  • PT Pertamina Patra Niaga. Wisma Tugu II Lt.
  • PT Pertamina Training & Consulting. Gedung B.
  • PT Patra Dok Dumai. Jl.
  • See also:  Apa Perbedaan Mendasar Antara Bumn Jenis Perum Dan Persero?

    Siapa yang berhak memiliki keuntungan Pertamina?

    Pertamina adalah perusahaan energi nasional yang 100% kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Kuasa Pemegang Saham.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector