Apa Wewenang Hakim?

Hakim sebagai posisi netral yang memiliki wewenang untuk mengadili, menasehati, memutuskan, dan mengatur keadilan di dalam proses pengadilan hukum. Hakim juga bertugas memberikan vonis terhadap Terdakwa dalam sebuah kasus berdasarkan pada hukum pemerintah atau petunjuk Undang-Undang.

Bagaimana landasan hukum wewenang hakim?

Wewenang hakim Landasan hukum wewenang hakim dapat kita lihat dari dalam kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2004 tentang peradilan umum, dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang kekuasaan kehakiman.

Apa Tugas hakim?

Hakim memiliki tugas utama, yaitu menyelesaikan perselisihan hukum secara final dan terbuka, secara tidak langsung hakim menegaskan adanya supremasi hukum (yang memutuskan). Sebagai pejabat negara, beliau mempunyai wewenang kekuasaan yang signifikan dalam pemerintahan.

Apa perbedaan antara hakim awam dan hakim profesional?

Hakim awam tidak seperti hakim profesional, biasanya dia tidak terlatih secara hukum. Ada hakim sukarela dan hakim profesional. Seorang hakim sukarela, seperti hakim Inggris, tidak diharuskan memiliki pelatihan hukum dan tidak dibayar. Sedangkan hakim profesional harus dididik secara hukum.

Apa fungsi hakim sebagai pengawas?

Dalam mengemban suatu tugas, hakim memiliki fungsi sebagai pengadil. Namun hakim juga memiliki fungsi lain seperti pengawas. Fungsi hakim sebagai pengawas yaitu mengawasi seluruh proses peradilan yang terjadi di negeri ini. Kasus peradilan tersebut dimulai dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi. Fungsi selanjutnya yaitu mengatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector