Apa Pengertian Hakim?

Pengertian Hakim : Fungsi, Persyaratan, Tugas, Hak dan Kewajiban. Hakim dalam bahasa Inggris disebut dengan judge merupakan pejabat pemimpin persidangan. Sedangkan istilah hakim sendiri diambil dari kata Arab yakni hakima yang memiliki arti peraturan, aturan, pemerintah dan kekuasaan yang akan memutuskan hukuman untuk pihak yang dituntut.

Apa yang dimaksud dengan Kitab Hakim-hakim?

Kitab Hakim-Hakim berkisar suksesi pemimpin yang dikenal sebagai ‘hakim’ (Ibrani shoftim שופטים). Kata yang sama digunakan di Israel kontemporer untuk menunjukkan hakim yang memiliki fungsi dan wewenang serupa dengan di negara-negara lainnya.

Apa perbedaan antara hakim awam dan hakim profesional?

Hakim awam tidak seperti hakim profesional, biasanya dia tidak terlatih secara hukum. Ada hakim sukarela dan hakim profesional. Seorang hakim sukarela, seperti hakim Inggris, tidak diharuskan memiliki pelatihan hukum dan tidak dibayar. Sedangkan hakim profesional harus dididik secara hukum.

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan hakim?

3. Hakim : Tugas Pokok : a. Hakim Pengadilan adalah pejabat yang melakukan tugas kekuasaan kehakiman, untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama.

Apa yang dimaksud dengan hakim dalam Islam?

Adapun pengertian menurut Syar’a Hakim yaitu orang yang diangkat oleh kepala Negara untuk menjadi hakim dalam menyelesaikan gugatan, perselisihan-perselsihan dalam bidang hukum perdata oleh karena penguasa sendiri tidak dapat menyelesaikan tugas peradilan.

Apa tugas dan wewenang hakim?

Tugas utama Hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Dalam perkara perdata, Hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Apa fungsi hakim dan jaksa?

Hakim berperan sebagai pejabat pengadilah pemerintah yang tugasnya adalah mengadili sebuah perkara hukum. Singkatnya, hakim ialah pihak yang membuat putusan hukum. Sementara itu jaksa adalah pihak yang berperan untuk menyampaikan tuduhan atau dakwaan terhadap seseorang terduga.

See also:  Pt Rubber Pan Java Produksi Apa?

Apa kedudukan hakim dalam Islam?

Hakim merupakan salah satu unsur terpenting dalam lembaga peradilan (agama). Ia memainkan peranan yang sangat penting dalam melaksanakan pemberlakuan hukum Islam dan merupakan orang yang paling bertanggungjawab sepenuhnya dalam menjaga dan mempertahankan hukum Islam.

Apa saja syarat hakim dalam peradilan Islam?

Kelimabelas syarat tersebut adalah:

  • Beragama Islam.
  • Baligh.
  • Berakal.
  • Merdeka (bukan budak)
  • Laki-laki.
  • Memiliki sifat adil.
  • Memiliki pengetahuan tentang hukum-hukum dalam Alquran dan sunnah Nabi.
  • Memiliki pengetahuan tentang perkara-perkara ijma.
  • 3 Apa wewenang hakim sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman?

    Kewenangan hakim sebagai pelaksana kekuasaaan kehakiman adalah memberi keputusan dalam persidangan, apakah pelaku pelanggaran hukum dinyatakan bersalah dan diberikan hukuman atau dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan.

    Apa tugas dan wewenang dari pengadilan negeri?

    Pengadilan Negeri bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama (Pasal 50 UU No.2 Tahun 1986) Pengadilan dapat memberikan keterangan, pertimbangan dan nasihat tentang hukum kepada instansi pemerntah di daerahnya apabila diminta (Pasal 52

    Apakah tugas seorang jaksa?

    Melakukan pra penuntutan, pemeriksaan, tambahan, penuntutan, pelaksanaan terhadap hakim dan putusan pengadilan, pengawasan terhadap pelaksanaan putusan lepas bersyarat dan tindakan hukum lainnya dalam perkara tindak pidana umum berdasarkan peraturan perundang-perundangan dan kebijaksanaan oleh Jaksa Agung.

    Apa fungsi hakim brainly?

    Tugas dari hakim itu sendiri adalah menerima, memeriksa, mengadili, dan menyelesaikan setiap perkara atau permasalahan yang diajukan seseorang dalam sebuah persidangan di dalam pengadilan.

    Apa saja tugas seorang jaksa?

    Dibidang pidana, kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang :

  • Melakukan penuntutan;
  • Melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat, putusan pidana, pengawasan, dan keputusan lepas bersyarat;
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector