Yang Mengusulkan Pengangkatan Hakim Agung Adalah?

Pasal 24B ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Apa yang dimaksud dengan hakim agung?

Hakim Agung sendiri merupakan hakim yang memiliki banyak sekali fungsi dan juga wewenang, dan termasuk ke dalam salah satu pejabat tinggi yang dimilik oleh Negara, bersanding dengan presiden, Kepala Polisi Jendral, dan petinggi-petinggi institusi lainnya.

Siapa yang melakukan pendaftaran calon hakim agung?

Selain itu, berdasarkan pasal 14 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011, dalam melaksanakan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 huruf a, yaitu mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan, maka Komisi Yudisial mempunyai tugas Melakukan pendaftaran calon hakim agung.

Apakah Hakim Agung memiliki wewenang yang paling tinggi dibandingkan dengan hakim biasa?

Tentu saja dari fungsi peradilan, hakim agung memiliki wewenang yang paling tinggi diantara hakim lainnya, sehingga hal ini membaut fungsi peradilan yang dimiliki oleh hakim agung menjadi semakin berat dibandingkan dengan hakim biasa pada umumnya.

Berapa jumlah nominasi Hakim Agung?

Sejak Mahkamah Agung didirikan pada 1789, presiden telah mengajukan 164 nominasi untuk Mahkamah, termasuk untuk hakim agung. Dari jumlah tersebut, 127 yang dikonfirmasi, termasuk 7 nominasi yang menolak untuk menjabat.

Siapa yang mengusulkan hakim konstitusi?

Jabatan Hakim Konstitusi berjumlah sembilan orang dan merupakan Pejabat Negara yang ditetapkan oleh Presiden. Hakim Konstitusi diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden.

See also:  Apa Otu Cv?

Siapa yang berhak mengangkat hakim jelaskan alasannya?

Berdasarkan Pasal 24B Ayat 1 UUD 1945, Komisi Yudisial merupakan lembaga negara bersifatmandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung danmempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan,keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Apa tugas dan wewenang Komisi Yudikatif?

Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perilaku hakim. Menerima laporan dari masyarakat berkaitan dengan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim. Melakukan verifikasi, klarifikasi, dan investigasi terhadap laporan dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim secara tertutup.

Apa Tugas Komisi Yudisial?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim; Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung; Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Apa yang menjadi kewenangan MK yang diatur dalam UUD 1945 Pasal 24C ayat 1?

Berdasarkan Pasal 24C ayat (1) UUD 1945 yang ditegaskan kembali dalam Pasal 10 ayat (1) huruf a sampai dengan d UU 24/2003, kewenangan Mahkamah Konstitusi adalah menguji undang-undang terhadap UUD 1945; memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945; memutus pembubaran partai

Mengapa KY dibentuk?

Tujuan Dibentuknya Komisi Yudisial:

Mendapatkan calon Hakim Agung, Hakim Ad Hoc di MA dan hakim di seluruh badan peradilan sesuai kebutuhan dan standar kelayakan. Mengupayakan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan hakim. Peningkatan kepatuhan hakim terhadap Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim.

Hakim diangkat oleh siapa?

Hakim agung diangkat oleh Presiden dari nama calon yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Calon hakim agung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipilih Dewan Perwakilan Rakyat dari nama calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial.

See also:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Penghasilan Kena Pajak Pkp?

Siapa yang mengangkat dan memberhentikan hakim?

Hakim dapat diberhentikan melalui Majelis Kehormatan Hakim (MKH).

Siapa yang mengawasi perilaku hakim?

Pengawasan internal dilaksanakan oleh organ/badan yang dibentuk oleh lembaga itu sendiri yang diberikan tugas untuk melakukan pengawasan kepada Hakim. Misalnya pada MA terdapat Ketua Muda Bidang Pengawasan, sedangkan pengawasan eksternal sesuai ketentuan UUD 1945 dilakukan oleh Komisi Yudisial (KY).

Apa tugas dan wewenang Komisi Yudisial brainly?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim; Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung; Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Apa saja tugas Komisi Yudisial brainly?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. Menetapkan Kode Etik dan atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan KEPPH.

Apa fungsi lembaga KY brainly?

Jawaban. Fungsi Komisi Yudisial adalah: Menjadi perantara (mediator) atau penghubung antara kekuasaan pemerintah (Executive Power) dan kekuasaan kehakiman (Judicial Power).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector