Yang Memutus Perkara Di Pengadilan Adalah?

Putusan hakim diperlukan guna memeriksa, menyelesaikan, memutus perkara yang diajukan ke pengadilan.

Pengadilan Tinggi menangani kasus apa saja?

Pengadilan Tinggi bertugas dan berwenang mengadili perkara pidana dan perkara perdata di Tingkat Banding. Pengadilan Tinggi juga bertugas dan berwenang mengadili di Tingkat Pertama dan terakhir sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah hukumnya.

Apa yang menjadi dasar hakim dalam memutus perkara?

Hakim dalam memutus suatu perkara harus mempertimbangkan kebenaran yuridis, kebenaran filosofis dan sosiologis. Kebenaran yuridis artinya landasan hukum yang dipakai apakah telah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku.

Apa yang dimaksud dengan PN?

Pengadilan Negeri (biasa disingkat: PN) merupakan sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kota kabupaten atau kota.

Apa yang dimaksud dengan hakim agung?

Hakim yang bertugas pada Mahkamah Agung disebut sebagai seorang Hakim Agung, dan terdiri atas pimpinan (Ketua, Wakil Ketua, dan Ketua Kamar) serta anggota. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung mengatur bahwa jumlah hakim Mahkamah Agung maksimal

Perkara apa saja yang ditangani oleh Pengadilan Negeri?

Sebagai Pengadilan Tingkat Pertama, Pengadilan Negeri berfungsi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya. Daerah hukum Pengadilan Negeri meliputi wilayah Kota atau Kabupaten.

Pengadilan Tinggi ada dimana saja?

Daftar Pengadilan Tinggi

No. Pengadilan Tinggi Yurisdiksi
1 Pengadilan Tinggi Banda Aceh Provinsi Nanggoroe Aceh Darussalam
2 Pengadilan Tinggi Medan Provinsi Sumatra Utara
3 Pengadilan Tinggi Padang Provinsi Sumatra Barat
4 Pengadilan Tinggi Pekanbaru Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau

Apa dasar hukum hakim?

Pasal 24 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

See also:  Pt Pratama Steel Bergerak Dibidang Apa?

Apa tugas dan wewenang hakim?

Tugas utama Hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Dalam perkara perdata, Hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Apa yang harus dilakukan hakim dalam upaya penegakan hukum?

Hakim tidak hanya berperan sebagai corong undang-undang, tetapi hakim juga berperan sebagai penemu hukum (recht vinding), sesuai dengan nilai-nilai budaya yang hidup di masyarakat, terutama nilai-nilai Pancasila.

Apa pengadilan agama?

Pengadilan Agama, yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah, sebagaimana

Apa yang dimaksud dengan Pengadilan Negeri Kelas 1A?

Pengadilan Negeri akarta Timur Kelas 1A Khusus sebagai Pengadilan Tingkat Pertama, bertugas dan berwenang menerima, memeriksa, memutus perkara yang masuk di tingkat pertama.

Apa saja pengadilan di Indonesia?

Dalam Pasal 25 UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, ada empat badan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung. Keempat badan peradilan itu, yakni badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara.

Apa itu Ma dan tugasnya?

Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

Hakim agung maksimal berapa?

Pada Mahkamah Agung terdapat Hakim Agung sebanyak maksimal 60 orang. Hakim agung dapat berasal dari sistem karier atau sistem non karier. Calon hakim agung diusulkan oleh Komisi Yudisial kepada Dewan Perwakilan Rakyat, untuk kemudian mendapat persetujuan dan ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden.

See also:  Hm Fitno Pengusaha Apa?

Berapa jumlah hakim agung?

Dengan dilantiknya lima orang hakim agung ini, maka jumlah Hakim Agung Republik Indonesia kini berjumlah 48 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector