Ppnbm Termasuk Jenis Pajak Yang Bersifat?

Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di Indonesia adalah Pajak yang dikenakan selain Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk Penjualan Barang-barang yang tergolong Mewah. PPnBM merupakan jenis pajak yang merupakan satu paket dalam Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai.

Apa itu pajak PPnBM?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pajak PPnBm tengah jadi sorotan publik setelah pemerintah mendiskon pajak untuk pembelian mobil baru. PPnBM adalah kepanjangan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Pajak barang mewah PPnBM yakni pungutan tambahan setelah atau di samping Pajak Pertambahan Nilai atau PPN ( PPN dan PPnBM ).

Apa yang dimaksud dengan pajak PPN?

Jika pajak PPN dipungut pada setiap lini transaksi alias dikenakan pada setiap pertambahan nilai dari barang atau dagang (setiap transaksi), maka pajak PPnBM artinya pajak yang hanya dipungut sekali saja. Baca juga: Airlangga: Insentif PPnBM Mobil dan Rumah Bisa Dongkrak Ekonomi RI 1 Persen

Apa yang dimaksud dengan pajakppnbm?

PPnBM merupakan jenis pajak yang merupakan satu paket dalam Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai.

Bagaimana regulasi objek PPnBM?

Regulasi objek PPnBM: UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Tarif PPnBM terbagi menjadi 2 kelompok, yakni tarif PPnBM kendaraan bermotor dan non kendaraan bermotor. Setiap kelompok tarif PPnBM atas objek PPnBM ini memiliki regulasi yang berbeda-beda.

Apakah PPnBM termasuk pajak langsung?

Tergolong pajak tidak langsung, yakni beban pajak dialihkan kepada pihak lain. Dalam hal ini yaitu pihak yang mengkonsumsi barang (konsumen akhir).

Apa saja yang termasuk PPnBM?

Barang Kena Pajak (BKP) yang tergolong mewah yang dikenai PPnBM 75%, terdiri dari:

See also:  Apa Yang Dimaksud Dengan Bums Sebutkan Macam-Macam Bumn?
  • Kapal pesiar dan kendaraan air terutama yang dirancang untuk pengangkutan orang.
  • kapal feri dari semua jenis, kecuali untuk kepentingan negara atau angkutan umum.
  • Yacht, kecuali untuk kepentingan negara atau angkutan umum.
  • Apa yang dimaksud dengan PPnBM?

    PPnBM adalah pajak yang dikenakan selain Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk penjualan barang-barang yang tergolong mewah. Intinya, barang mewah yang kita beli ini kena pajak yang tergolong mewah.

    Apa prinsip PPnBM?

    Berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia, Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan pajak yang dikenakan pada barang yang tergolong mewah yang dilakukan oleh produsen (pengusaha) untuk menghasilkan atau mengimpor barang tersebut dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya.

    Bagaimana karakteristik PPN dan PPnBM?

    PPN dibebankan atau dipungut atas nilai tambah suatu barang kena pajak. Sementara itu, PPnBM dibebankan atas penjualan barang kena pajak dengan kategori barang mewah. Yang mana PPnBM bersifat sebagai pungutan tambahan yang bisa dikenakan selain pengenaan PPN.

    Apa perbedaan PPN dan PPnBM?

    Jenis pungutan yang dibebankan dalam PPN adalah pungutan atas nilai tambah barang. Sebaliknya, PPnBM adalah pungutan tambahan yang dikenakan kepada barang yang masuk ke dalam golongan barang mewah.

    Kapan dikenakan PPnBM?

    Dan PPnBM hanya dikenakan satu kali saja pada saat penyerahan barang mewah tersebut kepada produsen. Dimana selanjutnya tarif untuk PPnBM dikenakan pada saat impor barang kena pajak BKP yang tergolong mewah atau pada saat penyerahan BKP yang tergolong mewah.

    Berapa kali PPnBM dipungut?

    Kapan PPnBM Dipungut? Prinsip pemungutannya hanya 1 kali saja, saat: penyerahan oleh pabrikan atau produsen barang yang tergolong mewah. impor barang yang tergolong mewah.

    Mengapa harus ada PPnBM?

    Fungsi PPnBM

    See also:  Apa Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda?

    Agar terciptanya keseimbangan pembebanan pajak antara konsumen yang berpenghasilan rendah dan konsumen yang berpenghasilan tinggi. Untuk mengendalikan pendalian pola konsumsi atas Barang Kena Pajak (BKP) yang tergolong mewah. Untuk mengamankan penerimaan negara.

    Bagaimana karakteristik PPnBM dan tujuan pengenaan?

    PPnBM bertujuan untuk memperoleh keseimbangan pajak antara konsumen yang memiliki penghasilan tinggi dengan konsumen yang berpenghasilan rendah. Selain itu, PPnBM juga berfungsi untuk mengendalikan pola konsumsi BKP yang tergolong mewah di masyarakat serta melindungi produsen kecil dan tradisional.

    Siapa yang menjadi subjek pajak dari PPnBM?

    Subjek PPnBM adalah PKP yang menghasilkan BKP tergolong mewah dalam lingkungan perusahaan atau pekerjaannya, dan pengusaha yang mengimpor barang yang tergolong mewah.

    Siapakah yang wajib memungut PPnBM?

    Jika mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan, maka pemungut PPnBM meliputi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Bendahara Pemerintah Pusat dan Daerah, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

    Berapa besar pajak PPnBM?

    Tarif PPnBM adalah paling rendah 10% (sepuluh persen) dan paling tinggi 200% (dua ratus persen). Tarif PPnBM atas ekspor BKP yang tergolong mewah adalah 0% (nol persen).

    Mobil termasuk dalam pajak apa?

    Adapun Pajak Kendaraan Bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari Pajak Daerah.

    Siapa yang menjadi subjek pajak dari PPnBM?

    Subjek PPnBM adalah PKP yang menghasilkan BKP tergolong mewah dalam lingkungan perusahaan atau pekerjaannya, dan pengusaha yang mengimpor barang yang tergolong mewah.

    Mengapa PPnBM harus dipungut?

    Untuk mengendalikan pola konsumsi atas Barang Kena Pajak (BKP) yang tergolong dalam kategori barang mewah. Perlindungan terhadap produsen kecil atau tradisional yang ada di Indonesia. Mengamankan penerimaan negara.

    Siapa yang membayar PPnBM?

    Yang Wajib Membayar/Menyetor Dan Melapor PPN/PPnBM

    See also:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Tarif Pajak Proporsional?

    Pemungut PPN/PPnBM, adalah : Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Bendahara Pemerintah Pusat dan Daerah. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector