Pengusaha Bkc Yang Wajib Memiliki Nppbkc?

Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) adalah izin untuk menjalankan kegiatan yang wajib dimiliki oleh Pengusaha Pabrik, Pengusaha Tempat Penyimpanan, Importir Barang Kena Cukai (BKC), Penyalur, atau Pengusaha Tempat Penjualan Eceran (Pengusaha TPE) di bidang cukai.

Bagaimana cara mengajukan permohonan memiliki nppbkcpengusaha?

Sebelum mengajukan permohonan memiliki NPPBKCpengusaha TPE terlebih dahulu harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada kepala kantor yang mengawasi untuk dilakukan pemeriksaan lokasi, bangunan, atau tempat usaha.

Siapa saja yang diwajibkan memiliki NPPBKC?

Dalam PMK tersebut pemerintah menjelaskan bahwa pengusaha yang diwajibkan memiliki NPPBKC adalah pengusaha pabrik, pengusaha tempat penyimpanan, importir, penyalur, serta pengusaha tempat penjualan (toko) eceran barang-barang kena cukai.

Bagaimana cara mengurus NPPBKC?

Merujuk peraturan menteri keuangan (PMK) No. 71/PMK.04/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Bidang Kepabeanan, Cukai dan Perpajakan, saat ini pelaku usaha bisa mengurus NPPBKC melalui online single submission atau OSS.

Apa itu NPPBKC?

NPPBKC adalah singkatan dari Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai. Apabila usaha Anda berkaitan erat dengan barang kena cukai atau merupakan pengusaha barang kena cukai, maka Anda wajib memahami ketentuan NPPBKC dan menyimak artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa cakupan barang kena cukai tidak seluas barang kena pajak atau jasa kena pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector