Pelaksana Putusan Pengadilan Yang Telah Memperoleh Kekuatan Hukum Tetap Adalah?

Putusan pengadilan dapat dieksekusi apabila putusan telah berkekuatan hukum tetap. Secara hukum, pelaksanaan putusan tersebut dilakukan oleh penegak hukum, yakni jaksa yang berada di bawah naungan lembaga Kejaksaan Republik Indonesia.

Siapakah yang melaksanakan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap?

2. Pelaksanaan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam perkara pidana dilakukan oleh jaksa. Dapat dikatakan bahwa pejabat yang diberi wewenang melaksanakan putusan pengadilan adalah jaksa.

Apa yang dimaksud dengan inkracht?

Putusan yang berkekuatan hukum tetap adalah putusan Pengadilan Negeri yang diterima oleh kedua belah pihak yang berperkara, putusan perdamaian, putusan verstek yang terhadapnya tidak diajukan verzet atau banding; putusan Pengadilan Tinggi yang diterima oleh kedua belah pihak dan tidak dimohonkan kasasi; dan putusan

Apa yang dimaksud putusan inkrah?

Intinya, putusan inkracht adalah proses penyelesaian akhir dari suatu perkara perdata yang telah diputus oleh pengadilan. Putusan perkara perdata yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) akan dilaksanakan oleh ketua pengadilan tingkat pertama yang disebut dengan eksekusi.

Apa yang dimaksud dengan aanmaning?

Aanmaning merupakan tindakan dan upaya yang dilakukan Ketua Pengadilan Negeri yang memutus perkara berupa “teguran” kepada Tergugat (yang kalah) agar ia menjalankan isi putusan secara sukarela dalam waktu yang ditentukan setelah Ketua Pengadilan menerima permohonan eksekusi dari Penggugat.

Siapakah yang melaksanakan putusan pengadilan?

Pasal 36 (1) Pelaksanaan putusan pengadilan dalam perkara pidana dilakukan oleh Jaksa (2) Pengawasan pelaksanaan putusan pengadilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Ketua pengadilan yang bersangkutan berdasarkan Undang-undang.

Siapa yang bertindak sebagai eksekutor putusan pemidanaan?

Ketentuan Pasal 270 KUHAP menjadi dasar kewenangan Jaksa untuk bertindak sebagai eksekutor (pelaksana putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap) segera setelah mendapat salinan surat putusan pengadilan yang diserahkan oleh Panitera.

See also:  Apa Itu Nomor Pengukuhan Pkp?

Kapan putusan itu inkracht?

Intinya suatu putusan pidana dapat dikatakan memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht) apabila rekan Penuntut Umum dan Terdakwa tidak melakukan upaya hukum terhadap suatu putusan yang dibacakan pada saat persidangan.

Kapan putusan pengadilan Agama berkekuatan hukum tetap?

Perkara dikatakan telah berkekuatan hukum tetap jika dalam waktu 14 hari sejak putusan dibacakan (dalam hal para pihak hadir), salah satu atau para pihak tidak mengajukan upaya hukum banding.

Berapa lama Putusan PK keluar?

Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah manyampaikan salinan putusan PK kepada para pihak selambat-lambatnya dalam tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari.

Apa yang dimaksud dengan putusan sela?

Bahwa putusan sela ( interim meascure ) adalah merupakan putusan yang dijatuhkan oleh Hakim sebelum hakim memeriksa pokok perkara baik perkara pidana maupun perkara perdata. Dalam hal ini penulis membatasi diri terhadap putusan sela dalam perkara pidana.

Apakah putusan MA bisa digugat?

TEMPO Interaktif, Jakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menegaskan, apapun putusan pengadilan tidak bisa digugat ke pengadilan yang lain. Sebab, berdasarkan asas umum peradilan di dunia, konstitusi Indonesia dan di dalam Undang-Undang Pokok Kebebasan Kehakiman, putusan pengadilan memang tidak bisa diadili.

Berapa kali sidang aanmaning?

Selain itu, harus diatur juga bahwa aanmaning dapat dilaksanakan paling banyak (2) dua kali. Dimana aanmaning kedua hanya boleh dilakukan jika termohon berhalangan hadir dengan alasan jelas pada aanmaning pertama, serta jarak aanmaning pertama dengan kedua tidak boleh lebih dari 7 (tujuh) hari kerja.

Tergugat tidak melaksanakan isi putusan apa yang perlu dilakukan oleh penggugat?

Prosedur Hukum Jika Tergugat Tidak Mau Melaksanakan Putusan Pengadilan! dengan cara sukarela (dalam hal pihak yang kalah dengan sukarela melaksanakan putusan) tersebut, dengan cara paksa melalui proses eksekusi oleh Pengadilan.

See also:  Apa Yang Dimaksud Dengan Pajak Pertambahan Nilai?

Apa saja syarat eksekusi?

Syarat Eksekusi Dapat Dijalankan kepada Pihak yang Menguasai Barang Terperkara yang Tidak Ikut Digugat

  • Barang sengketa berada di tangan pihak yang tidak ikut digugat.
  • Amar putusan memuat rumusan: “dan terhadap setiap orang yang mendapat hak dari tergugat”
  • Siapa yang berhak untuk mengajukan upaya hukum peninjauan kembali?

    Upaya hukum peninjuan kembali dalam Pasal 263 ayat (1) KUHAP jelas dan tegas menyebutkan pihak yang berhak mengajukan peninjaun kembali adalah “terpidana” atau “ahliwarisnya”. Sebagaimana ketentuan dari pasal tersebut. dinyatakan terbukti akan tetapi tidak diikuti oleh suatu pemidanaan”.

    Apakah terhadap putusan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap dapat diajukan banding atau kasasi?

    Terhadap putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, kecuali putusan bebas atau lepas dari segala tuntutan hukum. Terpidana atau ahli warisnya dapat mengajukan permintaan peninjauan kembali kepada Mahkamah Agung.

    Siapa yang berwenang melakukan eksekusi terhadap terpidana atas putusan pengadilan jelaskan beserta dasar hukumnya?

    Pihak yang memiliki kewenangan melaksanakan putusan hakim tersebut adalah Jaksa. Dalam isi putusan pidana kejaksaan mempunyai kewenangan untuk segera melakukan eksekusinya sesuai Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana.

    Apa yang dimaksud dengan Novum?

    Istilah novum atau novi berasal dari bahasa latin yang berarti sesuatu yang baru atau fakta baru, termasuk juga keadaan hukum yang baru.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector