Lembaga Yang Berwenang Melakukan Pengawasan Terhadap Hakim Agung?

struktur kekuasaan kehakiman, yaitu Komisi Yudisial yang disebutkan dalam Pasal 24B Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 amandemen ketiga, menyatakan bahwa Komisi Yudisial mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap perilaku hakim.

Siapa yang berwenang mengawasi hakim agung?

Komisi Yudisial (KY) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Siapa yang berwenang mengangkat hakim konstitusi?

Sembilan orang hakim konstitusi diisi oleh calon yang dipilih oleh 3 lembaga, yaitu 3 (tiga) orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, 3 (tiga) orang oleh Presiden, dan 3 (tiga) orang oleh Mahkamah Agung4.

Apakah Komisi Yudisial dapat mengawasi perilaku hakim?

Sedangkan tugas Komisi Yudisial dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim diatur dalam Pasal 20 UU Nomor 18 Tahun 2011, yaitu memantapkan dan mengawasi terhadap perilaku hakim, menerima laporan dari masyarakat terkait pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim.

Apa saja wewenang Mahkamah Agung?

Mahkamah Agung berwenang mengatur tugas serta tanggung jawab, susunan organisasi dan tata kerja Kepaniteraan Pengadilan (Undang-undang No. 35 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-undang No.14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman).

Siapa yang memilih Ketua Mahkamah Agung?

Hal ini berdasarkan UU No 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung RI sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 5 Tahun 2004, dan terakhir UU RI No 3 Tahun 2009 yang menetapkan bahwa Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Agung dipilih dari dan oleh Hakim Agung.

Siapa yang berhak mengangkat hakim jelaskan alasannya?

Berdasarkan Pasal 24B Ayat 1 UUD 1945, Komisi Yudisial merupakan lembaga negara bersifatmandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung danmempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan,keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

See also:  Apa Itu Utang Ppn?

Siapa yang mengajukan 9 anggota hakim konstitusi?

Mahkamah Konstitusi terdiri dart 9 (sembilan) orang hakim konstitusi yang diajukan masing-masing 3 (tiga) orang oleh DPR, Presiden dan Mahkamah Agung, dan dite¬tapkan dengan Keputusan Presiden. Susunan organisasinya terdiri atas seorang Ketua merangkap anggota, seorang Wakil Ketua merangkap anggota, dan 7 (tujuh)

Siapa yang menetapkan calon hakim agung?

(1) Hakim agung ditetapkan oleh Presiden dari nama calon yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. (2) Calon hakim agung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dari nama calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial.

Apakah Komisi Yudisial dapat mengawasi kode etik dan perilaku hakim konstitusi?

Setelah terbit PERPU No. 1 Tahun 2013 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 24 Tahun 2003 (UU No. 4 Tahun 2014) pengawasan eksternal terhadap kode etik dan perilaku Hakim Konstitusi kembali dilakukan oleh Komisi Yudisial.

Siapa yang berhak mengawasi kinerja dari Komisi Yudisial?

“KY merupakan amanat undang-undang yang lahir dari keinginan masyarakat. Karenanya, masyarakat memiliki kewewenangan untuk mengawasi kinerja KY. Salah satunya melalui perwakilan masyarakat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Apakah KY memiliki kewenangan dalam mengawasi hakim konstitusi?

KY | KY Tidak Berwenang Mengawasi Hakim Konstitusi.

Apa saja tugas dan wewenang Mahkamah Agung brainly?

Tugas Mahkamah Agung yang utama adalah mengadili pada tingkat kasasi. Mahkamah Agung bertugas untuk memutus permohonan kasasi terhadap putusan pengadilan tingkat banding maupun tingkat akhir dari semua lingkungan peradilan. Mahkamah Agung juga berwenang menguji peraturan perundang-undangan.

1 Apa saja kewenangan Mahkamah Agung brainly?

Wewenang MA :

  • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.
  • Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
  • See also:  Apa Itu Pt Pt?

    Apa tugas dan wewenang dari Mahkamah Konstitusi?

    Berdasarkan Pasal 24C ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Mahkamah Konstitusi berwenang menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector