Kapan Putusan Pengadilan Dikatakan Mempunyai Kekuatan Hukum Tetap?

Putusan yang berkekuatan hukum tetap adalah putusan Pengadilan Negeri yang diterima oleh kedua belah pihak yang berperkara, putusan perdamaian, putusan verstek yang terhadapnya tidak diajukan verzet atau banding; putusan Pengadilan Tinggi yang diterima oleh kedua belah pihak dan tidak dimohonkan kasasi; dan putusan

Apakah putusan dapat dikatakan telah mempunyai kekuatan hukum tetap?

Suatu putusan itu dapat dikatakan telah mempunyai kekuatan hukum tetap apabila di dalam putusan mengandung arti suatu wujud hubungan hukum yang tetap dan pasti antara pihak yang berperkara sebab hubungan hukum tersebut harus ditaati dan harus dipenuhi oleh pihak tergugat.

Apakah putusan pengadilan tingkat pertama mempunyai kekuatan hukum?

Pasal 234 ayat (1) Undang-Undang Nomor : 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana menyebutkan bahwa : Putusan pengadilan tingkat pertama yang tidak diajukan banding setelah waktu tujuh hari sesudah putusan jatuh atau setelah putusan diberitahukan kepada terdakwa yang tidak hadir, maka putusan tersebut mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

Kapan putusan perkara pidana memiliki kekuatan hukum tetap?

Ini pertanyaannya seputar kapan putusan perkara pidana memiliki kekuatan hukum tetap ya. Jadi begini, dalam hukum pidana suatu putusan dapat dijalankan dan memiliki kekuatan yang mengikat kepada terdakwa jika putusan tersebut sudah berkekuatan hukum tetap.

Apa yang dimaksud dengan putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap?

Putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap adalah putusan yang menurut Undang-Undang tidak ada kesempatan lagi untuk menggunakan upaya hukum biasa melawan putusan itu.

Kapan suatu putusan dikatakan sah secara hukum?

Pasal 13 ayat (2)Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman berbunyi: ”Putusan pengadilan hanya sah dan mempunyai kekuatan hukum apabila diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum”.

See also:  Pt Tracon Industri Bergerak Dibidang Apa?

Kapan putusan perdata dikatakan inkracht?

Putusan inkracht (berkekuatan hukum tetap) terjadi karena hakim telah memeriksa dan mengadili perkara yang gagal didamaikan dalam tahap mediasi. Sebagai bentuk penghargaan terhadap negara hukum, kita wajib menghormati putusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap.

Siapakah yang melaksanakan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap?

2. Pelaksanaan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam perkara pidana dilakukan oleh jaksa. Dapat dikatakan bahwa pejabat yang diberi wewenang melaksanakan putusan pengadilan adalah jaksa.

Kapan suatu putusan perkara pidana dapat dilaksanakan eksekusi?

Putusan yang dapat dilakukan eksekusi pada dasarnya hanya putusan yang telah berkekuatan hukum tetap karena dalam putusan tersebut telah terkandung wujud hubungan hukum yang tetap (res judicata) dan pasti antara pihak yang berperkara.

Kapan putusan sela dilakukan?

Putusan Sela adalah putusan yang diadakan sebelum hakim memutus perkaranya, yaitu yang memungkinkan atau mempermudah kelanjutan pemeriksaan perkara. Jadi, putusan sela ini diambil oleh hakim sebelum ia menjatuhkan putusan akhir.

Apa yang dimaksud dengan putusan telah berkekuatan hukum tetap?

Yang dimaksud dengan “putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap” adalah : 1. putusan pengadilan tingkat pertama yang tidak diajukan banding atau kasasi dalam waktu yang ditentukan oleh Undang-Undang tentang Hukum Acara Pidana; 2. putusan pengadilan tingkat banding yang tidak diajukan kasasi dalam

Bolehkah melakukan mediasi setelah ada putusan inkracht?

Jika dikembalikan kepada pertanyaan Anda, mediasi tidak dimungkinkan lagi atas putusan pengadilan yang telah inkracht karena mediasi harusnya telah dilakukan pada tahap awal peradilan suatu perkara.

Apa yang dimaksud dengan inkracht van gewijsde?

In kracht van gewijsde adalah putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan, sedangkan final and binding adalah putusan yang dikeluarkan oleh lembaga arbitrase. Kedua sifat putusan ini merupakan sifat putusan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dan tidak ada upaya hukum biasa yang tersedia.

See also:  Sekutu Dalam Cv Yang Bertanggung Jawab?

Apa itu surat inkrah?

Surat keterangan inkracht adalah akte di pengadilan tentang putusan yang sudah incracht untuk kepentingan salah satu pihak dalam perkara dimaksud.

Siapakah yang melaksanakan putusan pengadilan?

Pasal 36 (1) Pelaksanaan putusan pengadilan dalam perkara pidana dilakukan oleh Jaksa (2) Pengawasan pelaksanaan putusan pengadilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Ketua pengadilan yang bersangkutan berdasarkan Undang-undang.

Siapa yang bertindak sebagai eksekutor putusan pemidanaan?

Ketentuan Pasal 270 KUHAP menjadi dasar kewenangan Jaksa untuk bertindak sebagai eksekutor (pelaksana putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap) segera setelah mendapat salinan surat putusan pengadilan yang diserahkan oleh Panitera.

Siapa yang berhak untuk mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali?

Upaya hukum peninjuan kembali dalam Pasal 263 ayat (1) KUHAP jelas dan tegas menyebutkan pihak yang berhak mengajukan peninjaun kembali adalah “terpidana” atau “ahliwarisnya”. Sebagaimana ketentuan dari pasal tersebut. dinyatakan terbukti akan tetapi tidak diikuti oleh suatu pemidanaan”.

Bolehkah perdamaian dilakukan saat putusan akan di eksekusi?

Oleh karena sifatnya yang dipersamakan dengan putusan akhir dan memiliki kekuatan eksekutorial, maka tidaklah mungkin putusan perdamaian dikeluarkan setelah suatu perkara diputus oleh pengadilan, terlebih lagi saat sedang dilakukan eksekusi.

Apa yang dimaksud dengan eksekusi putusan?

Eksekusi merupakan pelaksanaan putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau pasti. Artinya putusan tersebut telah final karena tidak ada upaya hukum dari pihak lawan perkara sehingga yang dieksekusi dapat berupa putusan : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, Kasasi dan/atau Peninjauan Kembali.

Bagaimana syarat melakukan eksekusi?

Syarat Eksekusi Dapat Dijalankan kepada Pihak yang Menguasai Barang Terperkara yang Tidak Ikut Digugat

  • Barang sengketa berada di tangan pihak yang tidak ikut digugat.
  • Amar putusan memuat rumusan: “dan terhadap setiap orang yang mendapat hak dari tergugat”
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector