Hukuman Bagi Orang Yang Main Hakim Sendiri?

Main hakim sendiri juga bisa dikenakan pasal penganiayaan, sebagaimana diatur dalam pasal 351 KUHP. Pasal itu berbunyi: 1. Penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan.

Apa hukum main hakim sendiri?

Main hakim sendiri (eigenrichting) merupakan perbuatan tercela dan juga menyimpang dari nilai-nilai moral manusia.

Apakah main hakim sendiri bisa dipidana?

Terkait penelitian terdahulu oleh (Suastini & Parwata, 2019) menyimpulkan bahwa perbuatan main hakim sendiri disebabkan oleh faktor emosi kepada penegak hukum dan terduga pelaku tindak pidana, serta pelaku main hakim sendiri dapat diancamkan pidana penjara sesuai dengan Pasal 170 dan Pasal 351 KUHP dimana kaitan antara

Main hakim sendiri kena pasal berapa?

Perbuatan main hakim sendiri secara eksplisit diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana meliputi Pasal 351, 170, dan Pasal 406. Sedangkan perlindungan korban secara khusus diatur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 Jo Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Kenapa kita tidak boleh main hakim sendiri?

Perbuatan tindakan main hakim sendiri (eigenrichting) yang terjadi di dalam masyarakat pada dasarnya dilarang oleh Undang-Undang, karena yang berwenang memproses dan menyelesaikan permasalahan hukum di masyarakat adalah pejabat penegak hukum yaitu pihak kepolisian.

Apakah yang dimaksud perbuatan main hakim sendiri?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat (2008), main hakim sendiri diartikan sebagai menghakimi orang lain tanpa mempedulikan hukum yang ada (biasanya dilakukan dengan pemukulan, penyiksaan, pembakaran, dsb).

Main hakim sendiri termasuk dalam kekerasan apa?

Main hakim sendiri (Eigenrichting) adalah tindakan kesewenang-wenangan individu atau sekelompok orang dengan melakukan kekerasan terhadap orang yang diduga melakukan tindak pidana tanpa melewati proses hukum.

See also:  Luqman Hakim Terkenal Sebagai Orang Yang Pandai Dalam Hal?

Apakah memukul pencuri bisa dipidana?

Ya, karena bisa termasuk ke dalam delik Penganiayaan pada Bab XX KUHP, walaupun terdapat konsep Pembelaan Terpaksa di Pasal 49 KUHP yang memungkinkan tindakan memukuli pencuri itu dilakukan dalam rangka melindungi harta benda orang lain.

Apakah hakim bisa di tuntut?

“Iya, hakim bisa juga dipidana,” tegasnya kepada hukumonline. “Kalau hakim salah mengambil suatu dasar hukum untuk putusannya, padahal dia sudah tahu itu salah, maka dia bisa dikenakan hukuman. Termasuk hukuman pidana,” jelasnya lagi.

Apa maksud dari ungkapan main hakim sendiri seperti apa contohnya?

Main hakim sendiri adalah istilah bagi tindakan untuk menghukum suatu pihak tanpa melewati proses yang sesuai hukum. Contoh dari tindakan main hakim sendiri adalah pemukulan terhadap pelaku kejahatan oleh masyarakat.

Mengapa masyarakat dilarang tidak boleh main hakim sendiri dan apa yang seharusnya dilakukan masyarakat?

Jawaban: Karna main hakim sendiri dapat menyebabkan kericuhan(perdebatan)antar masyarakat.Seharusnya masyarakat melakukan musyawarah agar tercapai mufakat/supaya bisa menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector