Hukum Yang Terbentuk Berdasarkan Keputusan Hakim Terdahulu?

Hukum yang terbentuk karena keputusan hakim adalah hukum Yurisprudensi.

Keputusan hakim terdahulu nya itu vonis nya apa undang-undang nya?

Yurisprudensi adalah keputusan-keputusan dari hakim terdahulu untuk menghadapi suatu perkara yang tidak diatur di dalam UU dan dijadikan sebagai pedoman bagi para hakim yang lain untuk menyelesaian suatu perkara yang sama.

Apa contoh dari hukum yurisprudensi?

Contoh yurisprudensi lain yang terkenal adalah pencurian listrik. Meskipun bendanya tidak terlihat, pencurian arus listrik bisa dikualifikasi sebagai pencurian. Di Indonesia, selama puluhan tahun, Mahkamah Agung menjaga tradisi menghimpun putusan-putusan yang dianggap sebagai yurisprudensi.

Apa dasar hukum yurisprudensi?

Yurisprudensi diciptakan berdasarkan UU No. 48 Tahun 2009 Mengenai Kekuasaan Kehakiman, UU ini menyatakan : pengadilan tidak boleh menolak untuk memeriksa perkara, mengadili perkara dan memutuskan perkara yang diajukan dengan alasan hukum tidak ada atau kurang jelas (kabur), melainkan wajib memeriksa serta mengadilinya

Dapatkah keputusan hakim dijadikan peraturan umum?

Pasal 21 AB menyatakan bahwa hakim tidak dapat memberi keputusan yang akan berlaku sebagai peraturan umum.

Apa arti dari kata vonis?

Kesimpulan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata vonis adalah putusan hakim (pada sidang pengadilan) yang berkaitan dengan persengketaan di antara pihak yang maju ke pengadilan. Arti lainnya dari vonis adalah hukuman (pada perkara pidana).

Mengapa vonis hakim dianggap sebagai sumber perikatan?

A.

Putusan Pengadilan dianggap sebagai sumber perikatan karena putusan pengadilan merupakan salah satu sumber hukum nasional yang mengikat dan wajib ditaati oleh pihak-pihak yang terlibat dalam putusan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan yurisprudensi dan apa contohnya *?

Pengertian Yurisprudensi Tidak Tetap ialah suatu putusan dari hakim terdahulu yang tidak dijadikan sebagai dasar bagi pengadilan. Pengertian Yurisprudensi Semi Yuridis yaitu semua penetapan pengadilan yang didasarkan pada permohonan seseorang yang berlaku khusus hanya pada pemohon. Contohnya : Penetapan status anak.

See also:  Pt Wks Jambi Bergerak Dibidang Apa?

Apa contoh hukum objektif dan subjektif?

Jawaban. contoh hukum objektif adalah hukum perdata,pidana,dan dagang. sedangkan hukum subjektif adalah wanprestasi atau cedera janji terhadap perjanjian sewa-menyewa dalam hukum perdata.

Apa contoh hukum pidana?

Contoh hukum pidana diantaranya adalah: Pembunuhan, pencurian atau perampokan, penipuan, pemerasan, penganiayaan, pemerkosaan, korupsi, pengemplangan pajak, pemalsuan dokumen dan lain sebagainya.

Apa saja tugas dan wewenang dari Mahkamah Agung?

Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

Apa tujuan yurisprudensi?

Adapun fungsi yurisprudensi, antara lain: Untuk menegakkan kepastian hukum. Untuk mewujudkan keseragaman pandangan hukum yang sama. Sebagai landasan hukum.

Apa saja fungsi dari yurisprudensi?

Yurisprudensi dapat dijadikan sebagai acuan atau sumber daya saat membentuk undang-undang; mengambil putusan terhadap masalah yang sama dalam hal peraturannya belum ada; mengembangkan ilmu hukum melalui peradilan.

Apakah hakim bisa di tuntut?

“Iya, hakim bisa juga dipidana,” tegasnya kepada hukumonline. “Kalau hakim salah mengambil suatu dasar hukum untuk putusannya, padahal dia sudah tahu itu salah, maka dia bisa dikenakan hukuman. Termasuk hukuman pidana,” jelasnya lagi.

Bolehkah hakim menjatuhkan putusan terhadap sesuatu yang tidak dituntut?

Hal tersebut terkait dengan adanya suatu asas, bahwa Hakim wajib mengadili semua bagian tuntutan (vide Pasal 178 ayat (2) HIR dan Pasal 189 ayat (2) Rbg) dan Hakim dilarang menjatuhkan putusan atas perkara yang tidak dituntut atau mengabulkan lebih daripada yang dituntut (vide Pasal 178 (3) HIR dan Pasal 189 (3) Rbg).

See also:  Apa Yang Dimaksud Perseorangan Terbatas Pt?

Memutuskan suatu perkara apakah hakim boleh menggunakan hukum tidak tertulis?

Hakim boleh menjadikan hukum tidak tertulis sebagai dasar untuk mengadili. Hukum tidak tertulis yang dimaksud adalah kebiasan atau tradisi sebagai sumber hukum yang tertua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector