Bolehkah Hakim Berdiskusi Dengan Advokat Yang Menangani Kasus Keluarganya?

Jadi, boleh saja advokat sering berkunjung kerumah hakim untuk berdiskusi soal kasus anak hakim tersebut, sepanjang memang baik advokat dan hakim tidak terlibat menangani kasus yang sama.

Apakah advokat dapat menghubungi hakim?

Dalam perkara pidana yang sedang berjalan, advokat hanya dapat menghubungi hakim apabila bersama-sama dengan jaksa penuntut umum; Advokat tidak dibenarkan mengajari dan atau mempengaruhi saksi-saksi yang diajukan oleh pihak lawan dalam perkara perdata atau oleh jaksa penuntut umum dalam perkara pidana.

Dalam menangani sebuah perkara perdata apakah seorang advokat dapat menghubungi hakim yang memeriksa perkara yang sedang berjalan?

Dalam perkara perdata yang sedang berjalan, Advokat hanya dapat menghubungi hakim apabila bersama-sama dengan Advokat pihak lawan, dan apabila ia menyampaikan surat, termasuk surat yang bersifat “ad informandum” maka hendaknya seketika itu tembusan dari surat tersebut wajib diserahkan atau dikirimkan pula kepada

Apa peran advokat sebagai penegak hukum di Indonesia?

Advokat dalam perannya sebagai pembela mendampingi tersangka/terdakwa dalam memperoleh putusan yang adil. Mengenai kedudukan advokat sebagai penegak hukum bila dibandingkan dengan penegak hukum yang lain seperti polisi, jaksa dan hakim. bahwa advokat merupakan penegak hukum yang berada di luar pemerintahan.

Apa saja etika seorang hakim yang harus dipegang?

B. PENGATURAN

  1. Berperilaku Adil.
  2. 2. Berperilaku Jujur.
  3. 3. Berperilaku Arif dan Bijaksana.
  4. 4. Bersikap Mandiri.
  5. Berintegritas Tinggi.
  6. 6. Bertanggungjawab.
  7. 7. Menjunjung Tinggi Harga Diri.
  8. Berdisiplin Tinggi.

Apakah seorang advokat boleh menolak kasus hukum dari kliennya?

Akan tetapi, di dalam Kode Etik Profesi Advokat advokat diperbolehkan atau bahkan diwajibkan (dalam kondisi-kondisi tertentu) untuk menolak perkara atau menolak memberikan bantuan hukum kepada calon klien, atau mengundurkan diri dari pengurusan perkara kliennya.

See also:  Bumn Yang Bergerak Dalam Bidang Transportasi Adalah?

Siapa saja yang mengawasi profesi advokat?

Komisi pengawasan akan berperan mengawasi perilaku para Advokat selama menangani perkara. Pengangkatan komisi pengawasan ini berdasarkan SK DPN PERADI NOMOR: KEP. 079/DPN/PERADI/XII/2020 Tentang Pengangkatan Komisi Pengawas Perhimpunan Advokat Indonesia.

Apakah para pihak atau salah satu pihak yang sedang berperkara dapat mengajukan penolakan terhadap hakim yang memeriksa perkaranya?

Pada dasarnya para pihak yang berperkara di pengadilan tidak diperbolehkan atau dilarang menolak hakim yang telah ditunjuk oleh pengadilan untuk menangani suatu perkara sengketa kecuali hakim tersebut terbukti melakukan perbuatan atau tindakan tercela yang merugikan salah satu pihak yang sedang berperkara atau berpihak

Bagaimana proses penyelesaian perkara perdata?

Alurnya adalah sebagai berikut: Penggugat mendaftarkan surat gugatan disertai surat kuasa (jika menggunakan kuasa) ke Petugas PTSP Perdata. Petugas PTSP Perdata meneliti kelengkapan berkas perkara. Jika lengkap akan diserahkan kepada panmud perdata untuk menghitung panjar biaya perkara.

Brainly apa peran advokat sebagai penegak hukum di Indonesia?

Jawaban: Advokat sebagai seorang penasihat (sering ditulis: penasehat) hukum berperan untuk memastikan bahwa hak-hak seorang tersangka, terdakwa dan terpidana tidak dilanggar. Advokat bertindak sebagai penyeimbang terhadap upaya paksa yang diberikan oleh undang-undang kepada penegak hukum.

Apa peran advokat dalam penegakan hukum dan berikan contoh?

Peran advokat dalam penegakan hukum ilah memberi bantuan hukum baik perdata maupun pidana kepada yang memerlukan berupa nasihat ataupun bantuan hukum aktif didalam maupun diluar persidangan dengan jalan mewakili, melindungi, mendampingi, dan melakukan tindakan hukum untuk kepentingan pengguna jasa.

Apa yang dimaksud dengan advokat dan bagaimana perannya?

Menurut Pasal 1 butir 1 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, definisi atau pengertian Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Undang- Undang ini.

See also:  Berikut Ini Yang Termasuk Bumn Adalah?

Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang hakim?

1. Bersikap dan bertindak menurut garis-garis yang ditentukan dalam hukum acara yang berlaku. 2. Tidak dibenarkan bersikap yang menunjukkan memihak atau bersimpati atau anti pati terhadap pihak-pihak yang berperkara. 3. Harus bersikap sopan, tegas dan bijaksana dalam memimpin sidang, baik dalam ucapan maupun perbuatan.

Etika apa saja?

Ada tiga macam etika yaitu deskriptif, normatif, dan metaetika. Berikut penjelasan dan contoh etika dalam kehidupan. Etika berkaitan dengan norma, kesopanan, dan tingkah laku.

Apa itu etika profesi hakim?

Kode Etik Profesi Hakim ialah aturan tertulis yang harus dipedomani oleh setiap Hakim Indonesia dalam melaksanakan tugas profesi scbagai Hakim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector