Bagaimana Jika Hakim Tidak Adil?

Yang lebih tragis, hakim yang tidak adil ini diancam dengan neraka sebagaimana sabda Rasulullah SAW, ‘Hakim itu ada tiga macam, (hanya) satu yang masuk surga, sementara dua (macam) hakim lainnya masuk neraka.

Apa yang terjadi jika tindakan tidak adil?

Suatu tindakan yang tidak adil tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi satu pihak dan menimbulkan ketidaknyamanan bahkan kesengsaraan bagi pihak lainnya. Mereka yang tidak memiliki kekuasaa dan harta akan mengalami penindasan, sebab hukum bisa di permainkan oleh mereka yang memiliki kekuasaan dan harta melimpah.

Apa yang dimaksud dengan berlaku adil terhadap makhluk lain?

Berlaku adil terhadap makhluk lain, yakni memberlakukan makhluk Allah SWT yang lain dengan layak dan sesuai dengan syariat Islam dan menjaga kelestarian dengan merawat dan menjaga kelangsungan dengan tidak merusaknya. Misalnya tidak mengganggu dan menyakiti hewan maupun tanaman di sekitar kita.

Mengapa putusan hakim tidak mencerminkan rasa keadilan?

Oleh karenanya tidak jarang terdapat putusan-putusan Hakim yang tidak mencerminkan rasa keadilan. Tidak semua Hakim memiliki rasa takut bahwa kelak ia akan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa tentang apa yang telah diputuskannya. Memang sulit untuk mengukur secara matematis, putusan Hakim yang bagaimana yang memenuhi rasa keadilan itu.

Mengapa hakim harus berlaku adil dalam memutuskan perkara?

Penjelasan: Kebijakan Hakim Dalam Memutuskan Suatu Perkara Guna Terwujudnya Rasa Keadilan. Oleh karena itu untuk menuju suatu keadilan tersebut diperlukan standard norma hukum sebagai patokan bagi para Hakim dalam memutus perkara, sehingga tidak terjadi lagi adanya Contempt of Court.

Apa yang dimaksud dengan adil bagi seorang hakim?

Adil yang dimaksud disini bukanlah sama rata akan tetapi adil di sini adalah bagaimana seorang hakim bisa menempatkan suatu kebenaran pada tempatnya atau pada semestinya khususnya kepada pihak-pihak yang berperkara agar mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya.

See also:  Sumber Daya Alam Yang Dimanfaatkan Oleh Pengusaha Lilin Adalah?

Bagaimana putusan pengadilan atau hakim bisa dikatakan adil?

Keadilan yang dimaksudkan dalam putusan hakim adalah yang tidak memihak terhadap salah satu pihak perkara, mengakui adanya persamaan hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Apa yang harus dimiliki oleh seorang hakim?

1. Bersikap dan bertindak menurut garis-garis yang ditentukan dalam hukum acara yang berlaku. 2. Tidak dibenarkan bersikap yang menunjukkan memihak atau bersimpati atau anti pati terhadap pihak-pihak yang berperkara. 3. Harus bersikap sopan, tegas dan bijaksana dalam memimpin sidang, baik dalam ucapan maupun perbuatan.

Faktor apa yang paling mempengaruhi seorang hakim dalam memutuskan suatu perkara jelaskan?

Paling besar pengaruhnya bagi hakim dalam memutuskan suatu perkara adalah, opini publik. Para hakim akan sangat memperhatikan pendapat masyarakat terhadap kasus yang ditanganinya.

Apakah hakim dapat memutuskan suatu perkara jika minimnya alat bukti jelaskan?

Pasal 183 KUHAP menetapkan, —Hakim tidak boleh menjatuhkan pidana kepada seorang, kecuali apabila dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti yang sah ia memperoleh keyakinan bahwa suatu tindak pidana benar-benar terjadi dan bahwa terdakwalah yang bersalah melakukannya“.

Apa yang dimaksud dengan adil?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, adil adalah sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar dan tidak sewenang-wenang. Secara terminologis, adil mengandung makna suatu sikap yang bebas dari ketidakjujuran dan diskriminasi.

Apa yang dimaksud dengan adil brainly?

Jawaban: kata ADIL adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan adil dalam islam?

ADIL (KEADILAN)

See also:  Tung Desem Waringin Pengusaha Apa?

Islam memerintahkan kepada seorang Muslim untuk berlaku adil terhadap diri sendiri, yaitu dengan menyeimbangkan antara haknya dan hak Tuhannya dan hak-hak orang lain.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Asas Ius Curia Novit?

Apa yang dinamakan dengan asas ius curia novit didalam mana memfiksikan bahwa hakim harus dianggap tahu akan hokum sehingga pengadilan yang merupakan tempat hakim menjalankan jabatannya tidak dapat menolak perkara yang diajukan kepadanya dengan alasan hokum tidak ada atau kurang jelas.

Dapatkah keputusan hakim dijadikan peraturan umum?

Pasal 21 AB menyatakan bahwa hakim tidak dapat memberi keputusan yang akan berlaku sebagai peraturan umum.

Apakah hakim bisa di tuntut?

“Iya, hakim bisa juga dipidana,” tegasnya kepada hukumonline. “Kalau hakim salah mengambil suatu dasar hukum untuk putusannya, padahal dia sudah tahu itu salah, maka dia bisa dikenakan hukuman. Termasuk hukuman pidana,” jelasnya lagi.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam Kode Etik hakim?

Kode Etik Hakim

  • BERPERILAKU ADIL.
  • BERPERILAKU JUJUR.
  • BERPERILAKU ARIF DAN BIJAKSANA.
  • BERSIKAP MANDIRI.
  • BERINTEGRITAS TINGGI.
  • BERTANGGUNG JAWAB;
  • MENJUNJUNG TINGGI HARGA DIRI.
  • BERDISIPLIN TINGGI.
  • Apa tugas dan wewenang hakim?

    Tugas utama Hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Dalam perkara perdata, Hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

    Apakah seorang wanita bisa menjadi hakim?

    Karena, memang sejatinya tidak ada larangan yang jelas serta konkrit dalam Al-Qur’an dan sabda Nabi Muhammad SAW terkait boleh tidaknya seorang perempuan menjadi hakim. Pendapat mayoritas mengatakan bahwa seorang hakim harus dari kalangan kaum laki-laki. Artinya kaum perempuan tidak boleh diangkat menjadi hakim.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector