Apa Yang Bisa Dilakukan Kreditor Jika Kepailitan Ditolak Pengadilan?

Sehingga apabila Anda sebagai Kreditor, maka Anda dapat mengajukan kasasi dan/atau peninjauan kembali atas putusan pencabutan pernyataan pailit tersebut.

Apakah memungkinkan kreditor mengajukan permohonan PKPU kepada pengadilan setelah permohonan pailit kreditor ditolak?

Jadi terhadap pertanyaan Anda apakah memungkinkan Kreditor mengajukan permohonan PKPU kepada Pengadilan Niaga dimana sebelumnya telah ada penolakan permohonan pailit yang diajukan Kreditor, maka jawaban kami adalah dapat.

Apakah bisa mengajukan permohonan pernyataan pailit baru terhadap perkara yang sudah dicabut pernyataan pailitnya?

Dengan demikian tidak ada larangan untuk mengajukan permohonan pernyataan pailit lagi terhadap perkara yang putusan pernyataan pailitnya dicabut namun dengan catatan pemohon harus membuktikan bahwa ada cukup harta untuk membayar biaya kepailitan.

Permohonan pailit apakah bisa dibatalkan?

Bagaimana Kepailitan Bisa Dibatalkan? Subjek atau perusahaan yang dibatalkan kepailitannya harus memenuhi persyaratan tertentu sebelum diberikan, dan waktu pemberhentian bervariasi berdasarkan jenis kebangkrutan yang diajukan. Pembebasan kepailitan umumnya diajukan oleh hakim pengawas.

Bagaimana tanggung jawab debitur pailit dalam hal harta pailit tidak cukup?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab debitur pailit dalam hal harta pailit tidak cukup melakukan keterbukaan (disclosure) terhadap pihak kreditor atas setiap kegiatan debitur yang dianggap dapat mempengaruhi kekayaan debitur, menghitung seluruh aset debitur, kemudian menjualnya untuk seterusnya dijadikan

Apakah PKPU bisa ditolak?

Pada tahapan pembuktian memiliki syarat materil yakni utang yang tidak jelas harus ada dua 2 kreditor atau lebih jika kurang maka permohonan PKPU tidak akan dikabulkan, dan tidak dapat dibuktikan secara sederhana. Salah satu contoh permohonan PKPU yang ditolak adalah dalam Putusan Nomor 131/Pdt. sus-PKPU/2020/PN.Niaga.

Apakah kreditur dapat mengajukan PKPU?

Pengertian Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang PKPU

See also:  Cv Akar Daya Mandiri Bergerak Dibidang Apa?

PKPU ini merupakan cara menyelesaikan persoalan utang piutang secara perdata, yang mana bisa diajukan oleh pihak debitur maupun pihak kreditur.

Bagaimana jika perusahaan yang dilikuidasi ternyata kekayaannya tidak mencukupi untuk membayar hutang?

Sehingga, jika kekayaan perusahaan diperkirakan tidak mencukupi untuk membayar hutang kepada para kreditor, maka perusahaan tersebut wajib diajukan pailit oleh likuidator.

Jika suatu perusahaan mengalami kepailitan namun harta yang dipunya tidak mencukupi untuk membayarnya siapa pihak yg didahulukan piutangnya?

Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 67/PUU-XI/2013 (“Putusan MK 67/2013”), terdapat penegasan bahwa pekerja/buruh merupakan kreditur preferen yang harus didahulukan pelunasan piutangnya.

Kapan suatu Kepailitan dinyatakan berakhir?

Seperti yang telah disebutkan pasal 166 Undang-undang Nomor 37 Tahun 2004, bahwa apabila pengesahan perdamaian telah memperoleh kekuatan pasti, kepailitan berakhir.

Apakah pailit bisa banding?

Proses penyelesaian utang-piutang secara kepailitan tidak ada prosesnya pada peradilan tingkat banding. Hal ini dimaksud supaya penyelesaiannya dapat terwujud secara cepat. Dalam perkara kepailitan upaya hukum yang dapat digunakan berupa kasasi jika putusan pailit belum berkekuatan hukum tetap.

Bilamana perusahaan atau badan usaha dikatakan pailit dan berakhir Kepailitan?

Dalam aturan tersebut, perusahaan dinyatakan pailit artinya ketika debitur (pemilik utang) mempunyai dua atau lebih kreditur (pemberi utang) tidak membayar utang yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih (arti pailit).

Jika PT dinyatakan pailit siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajibannya?

Pasal 104 ayat (2) intinya menyatakan apabila terjadi kepailitan karena kesalahan atau kelalaian direksi dan harta pailit tidak mencukupi, maka setiap anggota direksi bertanggung jawab secara tanggung renteng atas seluruh kewajiban yang tidak terlunasi dari harta pailit tersebut.

Jelaskan apa akibat hukum bagi debitur apabila dijatuhi pailit atas harta kekayaannya?

Akibat Hukum Jika Orang Dinyatakan Pailit

See also:  Pt Penstone Produksi Apa?

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Pasal 24 ayat (1) UU 37/2004 yang mengatur: Debitor demi hukum kehilangan haknya untuk menguasai dan mengurus kekayaannya yang termasuk dalam harta pailit, sejak tanggal putusan pernyataan pailit diucapkan.

Bagaimana akibat hukum putusan pailit seorang debitur?

Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif, maka dapat disimpulkan: 1. Akibat hukum putusan pengadilan terhadap debitor yang dinyatakan pailit adalah sejak tanggal putusan pernyataan pailit, si debitor (si pailit) kehilangan hak untuk melakukan pengurusan dan penguasaan atas harta kekayaannya yang termasuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector