Apa Saja Tugas Kantor Pajak Dalam Melayani Wajib Pajak?

Kantor Pelayanan Pajak Pratama KPP Pratama memiliki tugas untuk melakukan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan Wajib Pajak di bidang PPh, PPN, PPnBM, pajak tidak langsung lainnya, PBB serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan sesuai dengan wilayah kewenangannya seperti yang telah diatur dalam undang-undangnya.

Apa saja tugas wajib pajak?

Memberikan bimbingan, penerangan, penyuluhan kepada wajib pajak sehingga wajib pajak mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Menerbitkan Nomor Pokok Wajib Pajak sementara dalam jangka waktu tiga hari setelah formulir pendaftaran diterima

Apa itu kantor pajak?

Biasanya orang datang ke kantor pajak untuk keperluan pelaporan pajak atau mendaftarkan diri untuk menerima NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Kantor Pelayanan Pajak adalah unit yang berada di bawah naungan DJP (Direktorat Jenderal Pajak) dan secara umum bertugas menghimpun dana pajak dari warga negara yang wajib pajak.

Apa itu Kantor Pelayanan Pajak?

Setelah menyimak penjelasan mengenai kantor pelayanan pajak diatas, maka dapat disimpulkan bahwa KPP adalah bagian unit kerja yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak. Para pegawai DJP yang bekerja disini adalah orang profesional dan terlatih dalam bidang perpajakan. Bingung Soal Pajak?

Apa saja tugas staff pajak dan tanggung jawabnya?

Staff pajak juga merupakan garda terdepan, dalam hal pelaporan pajak suatu perusahaan. Karyawan yang bekerja untuk posisi ini mungkin juga harus memiliki sertifikat khusus, seperti brevet pajak misalnya, agar pemahaman soal penghitungan pajak dikuasai oleh karyawan tersebut. Lalu apa saja tugas staff pajak dan tanggung jawabnya?

Apa yang dimaksud dengan Kantor Pelayanan Pajak?

Jakarta – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) adalah unit kerja direktorat jenderal pajak yang bertugas melayani perpajakkan masyarakat. Kantor Pelayanan Pajak akan langsung berhubungan dengan wajib pajak sebagai instansi dari DJP.

See also:  Pt Bernadi Utama Bergerak Dibidang Apa?

Bagian apa saja yang ada di kantor pajak?

Kantor Pelayanan Pajak konvensional terdiri dari sembilan seksi, yaitu:

  • Subbagian Umum.
  • Seksi Tata Usaha Perpajakan.
  • Seksi Pengolahan Data dan Informasi.
  • Seksi Pajak Penghasilan Orang Pribadi.
  • Seksi Pajak Penghasilan Badan.
  • Seksi Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan.
  • Seksi Pajak Pertambahan Nilai.
  • Seksi Penagihan.
  • Kantor Pelayanan Pajak ada berapa?

    34 Kantor Wilayah (Kanwil) 4 KPP Wajib Pajak Besar. 9 KPP Khusus. 38 KPP Madya.

    Apa beda KPP Pratama dan Madya?

    Secara sederhana Perbedaan KPP Madya antara KPP Pratama terletak pada karakteristik Wajib Pajak (WP). KPP Madya melayani WP Badan dengan kontribusi pembayaran pajak yang besar. Dengan demikian, pelayanan atau pengawasan pada KPP Madya jauh lebih intensif dibandingkan dengan KPP Pratama yang mempunyai WP lebih banyak.

    PPh itu apa sih?

    PPh atau pajak penghasilan adalah pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam suatu tahun pajak. Penghasilan yang dimaksud dapat berupa keuntungan usaha, gaji, honorarium, hadiah, dan yang lainnya.

    Apa itu EFIN pajak pribadi?

    EFIN WP Pribadi merupakan EFIN yang dikeluarkan oleh DJP untuk WP orang pribadi yang sudah memiliki penghasilan. EFIN ini dibutuhkan oleh WP pribadi untuk melakukan pelaporan SPT. EFIN ini bisa didapatkan oleh WP orang pribadi dengan mengajukan permohonan aktivasi EFIN ke KPP terdekat.

    NPWP itu seperti apa?

    NPWP adalah terdiri dari 15 digit. Rinciannya, 9 digit pertama NPWP adalah kode wajib pajak, sedangkan 6 digit berikutnya merupakan kode administrasi perpajakan. Kode ini menjamin data perpajakan seseorang agar tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.

    Apa saja macam macam pajak?

    Jenis Jenis Pajak Yang Berlaku Di Indonesia

    1. Pajak Penghasilan (PPh)
    2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
    3. Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)
    4. 4. Bea Meterai (BM)
    5. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
    6. 6. Pajak Daerah.
    See also:  Jenis-Jenis Pajak Yang Termasuk Penerimaan Pemerintah Pusat Adalah?

    Apa saja yang berhubungan dengan pajak?

    Berikut penjelasan jenis-jenis pajak di Indonesia yang termasuk pajak pusat, bisa Anda simak.

  • Pajak Penghasilan (PPh)
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  • Bea Materai (BM)
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector