Apa Keuntungan Penyelesaian Sengketa Diluar Pengadilan?

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manfaat dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan menurut Undang-undang No. 2 Tahun 2004 adalah bahwa penyelesaian di luar pengadilan menggunakan waktu relatif cepat, biaya ringan dan keputusan yang diambil mendekati rasa keadilan untuk kedua belah pihak dan tata cara

Bagaimana proses penyelesaian sengketa di luar pengadilan?

Sedangkan penyelesaian sengketa di luar pengadilan untuk dilakukannya penyelesaian sengketa harus dilakukan berdasarkan kesepakatan para pihak, tidak berdasarkan adanya pemaksaan, dan prosedur penyelesaian atas suatu sengketa diserahkan sepenuhnya kepada para pihak yang bersengketa.

Mengapa penyelesaian sengketa lebih panjang?

Lamanya penyelesaian sengketa dapat juga disebabkan oleh panjangnya tahapan penyelesaian sengketa, yakni proses beracara di pengadilan negeri, kemudian masih dapat banding ke pengadilan tinggi, dan kasasi ke mahkamah agung. Bahkan proses masih dapat lebih panjang jika diajukan peninjauan kembali, 3.

Bagaimana cara penyelesaian sengketa?

Penyelesaian sengketa tersebut dapat dilakukan melalui litigasi, yaitu melalui jalur pengadilan ataupun non-litigasi, yaitu melalui jalur di luar pengadilan.

Apa itu mediasi dan bagaimana cara penyelesaian sengketa diluar pengadilan?

Menurut Rachmadi Usman, mediasi adalah cara penyelesaian sengketa diluar pengadilan melalui perundingan yang melibatkan pihak ketiga (mediator) yang bersikap netral dan tidak berpihak kepada pihak-pihak yang bersengketa serta diterima kehadirannya oleh pihak-pihak yang bersengketa. Mediator bertindak sebagai fasilitator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector