Yang Menjadi Hakim Pada Perkara Syekh Siti Jenar Adalah?

Buku ‘ Kisah dan Ajaran Wali Sanga ‘ karya H Lawrens Rasyidi menyebutkan Sunan Giri adalah hakim dalam perkara pengadilan Syekh Siti Jenar, seorang wali yang dianggap murtad karena menyebarkan paham pantheisme dan meremehkan syariat Islam yang disebarkan para wali lainnya.

Apa tugas Syekh Siti Jenar?

Setelah mengeksekusi Syekh Siti Jenar, tugas selanjutnya adalah menjinakkan muridnya yang keturunan Raja Majapahit, Kebo Kenanga atau Ki Ageng Pengging. Buku Kisah dan Ajaran Wali Sanga karya H Lawrens Rasyidi mengisahkan, penduduk desa Pengging yang terletak di tepi hutan, malam itu tak dapat tidur.

Siapa nama asli Syekh Siti Jenar?

Pecihitam.org – Syekh Siti Jenar atau artinya Syekh Tanah Merah, memiliki nama asli Raden Abdul Jalil, Hasan Ali ada yang menyebut dengan nama Sunan Jepara, dan Syekh Lemah Abang.

Bagaimana Syekh Siti Jenar dieksekusi?

Karena itulah akhirnya Syekh Siti Jenar kemudian dihukum mati. Tentang bagaimana ia dieksekusi tidak diketahui secara pasti, karena ada banyak versi yang mengiringi kepergiannya. Ada yang menyebut Syekh Siti Jenar tewas di tangan Sunan Kalijaga dalam suatu duel pertarungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector