Penjualan Yang Tidak Dikenakan Ppn?

Jasa yang Tidak Dikenai PPN (Non JKP)

  • Jasa pelayanan kesehatan medis.
  • Jasa pelayanan sosial.
  • Jasa pengiriman surat dengan perangko.
  • Jasa keuangan.
  • Jasa asuransi.
  • Jasa keagamaan.
  • Jasa Pendidikan.
  • Jasa kesenian dan hiburan.
  • Apa saja jenis barang yang tidak dikenai PPN?

    Makanan-minuman yang dijual di tempat tertentu Pasal 4A menjabarkan jenis barang yang tidak dikenai PPN, yaitu makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya.

    Apa yang dimaksud dengan jasa yang tidak dikenakan PPN?

    Keberadaan jasa yang tidak dikenakan PPN ini muncul karena adanya pertimbangan ekonomi, sosial dan budaya. Yang dimaksud dengan pertimbangan ekonomi, sosial dan budaya terkait jasa yang tidak dikenakan PPN adalah, bahwasanya ada beberapa jasa yang pemanfaatannya menyangkut hajat hidup orang banyak.

    Apakah barang kebutuhan pokok termasuk barang tidak kena PPN?

    Masuknya barang kebutuhan pokok sebagai barang tidak kena PPN ini tertuang dalam pasal 4A ayat (2) UU No. 42/2009. Ayat tersebut secara gamblang menyebutkan, salah satu jenis barang yang tidak dikenai PPN adalah barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh orang banyak.

    Apa saja yang tidak kena PPN?

    Sayur-sayuran. Yang masuk kategori sayur-sayuran tidak kena PPN adalah, sayuran segar, yang dipetik, dicuci, ditiriskan, dan/atau disimpan pada suhu rendah atau dibekukan, termasuk sayuran segar yang dicacah. Ubi-ubian.

    Apa itu BTKP?

    Ketentuan mengenai batas nilai jual Bangunan Tidak Kena Pajak (BTKP) sebagaimana tercantum dalam pasal 3 ayat (3) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985, selain untuk memberi keringanan kepada golongan masyarakat berpenghasilan rendah, juga dimaksudkan sebagai suatu batas nilai jual pemilikan dan/atau pemanfaatan bangunan

    Apa itu tidak terutang PPN?

    Tidak terutang PPN artinya PKP melakukan penyerahan barang atau jasa yang tidak dikenakan PPN, terhadap transaksi tersebut PKP tidak perlu membuat faktur pajak, berbeda dengan PPN yang dibebaskan dan PPN yang tidak dipungut dimana PKP wajib membuat faktur pajak.

    See also:  What Is Reference In Cv?

    Apakah penjualan beras kena PPN?

    JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah resmi menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen hari ini. Namun, pemerintah tetap membebaskan PPN kepada barang-barang sembako, seperti beras dan daging. Beras-beras premium dan daging-daging premium pun masih dibebaskan dari PPN.

    Apakah 1 juta kena PPN?

    Belanja barang (pembelian ATK, bahan Kimia, supplies, spanduk, dll) dengan masing-masing nilai transaksi dalam 1 (satu bulan) dengan toko yang sama jumlah transaksi kurang dari Rp.1.000.000,- (satu juta), maka tidak dikenakan PPN (pajak tambahahan nilai) dan PPh.

    Apa yang dimaksud BKP tidak berwujud berikan contohnya?

    Sementara itu, barang tidak berwujud adalah barang yang tidak mempunyai wujud fisik. Contohnya seperti, hak atas merek dagang, hak paten, dan hak cipta.

    Kapan saat terutangnya pajak PPN?

    3. Saat Terutangnya Pajak Pasal 11 ayat (1) UU PPN Terutangnya Pajak Terjadi Pada Saat : penyerahan Barang Kena Pajak; impor Barang Kena Pajak; penyerahan Jasa Kena Pajak; pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dari luar Daerah Pabean; pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean; ekspor Barang Kena Pajak

    Apakah beras dikenakan pajak?

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan barang kebutuhan pokok yang dikenakan PPN adalah beras serta daging impor yang tidak dikonsumsi oleh masyarakat banyak atau hanya segelintir orang yang bisa menikmati.

    Apakah beras ada pajak?

    Beras dan Daging Tetap Dikenakan PPN Sembako, Utamanya Produk Premium. Kemenkeu memastikan kelompok bahan pokok atau sembako yang akan menjadi fokus untuk dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah beras dan daging.

    Sembako apa saja yang kena PPN?

    Barang tersebut meliputi beras dan gabah, jagung, sagu, kedelai, garam konsumsi, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, ubi-ubian, bumbu-bumbuan, dan gula konsumsi.

    See also:  Apa Syarat Utama Pendirian Pt?

    Apakah 2 juta kena PPN?

    PPh Pasal 22 tidak dipungut oleh Bendahara atau Instansi pemerintah karena harga barang tidak termasuk PPN tidak melebihi 2 juta rupiah.

    Berapa nilai kena PPN?

    Sebelumnya, tarif umum PPN adalah 10%. Melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan ( UU HPP ), pemerintah menaikkan tarif PPN secara bertahap, yakni 11% mulai April tahun ini dan 12% pada beberapa tahun berikutnya.

    Belanja diatas 2 juta kena pajak apa saja?

    Belanja barang yang nilai atau harganya di bawah Rp2.000.000 hanya dikenakan PPN. Sedangkan belanja barang yang nilai atau harganya di atas Rp2.000.000 akan dikenakan PPN dan PPh Pasal 22.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.