Pengadilan Yang Berwenang Menangani Kasus-Kasus Korupsi Adalah?

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi ini merupakan pengadilan khusus yang berada di lingkungan Peradilan Umum dan pengadilan satusatunya yang memiliki kewenangan mengadili perkara tindak pidana korupsi yang penuntutannya dilakukan oleh penuntut umum.

Bagaimana penanganan kasus korupsi yang melibatkan anggota TNI bersama kalangan sipil?

Untuk penanganan kasus korupsi yang melibatkan anggota TNI bersama kalangan sipil, KPK dan POM TNI dapat menangani perkara ini secara bersama-sama melalui peradilan koneksitas. Peradilan koneksitas menangani kasus pidana yang dilakukan bersama-sama oleh orang yang tunduk pada kekuasaan peradilan umum dan militer.

Apa itu peradilan koneksitas untuk kasus korupsi?

Peradilan koneksitas untuk kasus korupsi pada dasarnya bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Kejaksaan sudah memulai langkah ini pada 2002 dengan membentuk tim koneksitas dari unsur Kejaksaan dan TNI untuk penanganan kasus korupsi technical assistance contract antara Pertamina dan Ustraindo Petrogas.

Apakah Danang Radityo bisa menangani kasus korupsi?

Adapun Danang Radityo, yang diduga sebagai anggota TNI, akhirnya dilepas dan KPK hanya bisa berkoordinasi dengan Pusat Polisi Militer (POM) TNI (Tempo.co, 16 Desember 2016). Pelepasan pihak yang diduga sebagai oknum TNI memunculkan pertanyaan: benarkah KPK tidak dapat menangani kasus korupsi yang melibatkan anggota TNI aktif?

Apa yang dimaksud dengan korupsi?

Korupsi sendiri merupakan tindakan yang dilakukan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai sipil, serta pihak-pihak lainnya. Adapun mereka melakukan tindakan yang tidak wajar dan tidak legal, yakni menyalah gunakan kepercayaan publik, yang dikuasakan kepada mereka, untuk mendapatkan keuntungan secara sepihak.

Kasus korupsi ditangani oleh pengadilan apa?

Pengadilan Tipikor merupakan satu-satunya pengadilan yang memeriksa, mengadili, dan memutus perkara tindak pidana korupsi. Pengadilan Tipikor merupakan “satu-satunya pengadilan” yang diberi wewenang untuk memeriksa, mengadili dan memutus perkara tindak pidana korupsi.

See also:  Telkomsel Bumn Apa Bukan?

Mengapa Indonesia perlu meratifikasi uncac United Nations Convention Against Corruption?

Kedua LSM yang fokus terhadap pemberantasan korupsi ini, mendesak Pemerintah Indonesia untuk meratifikasi Konvensi Antikorupsi PBB (United Nation Convention Against Corruption/ UNCAC). Hal ini untuk mempermudah upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Apa saja tugas dan wewenang KPK?

1. Mengkoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi. 2. Menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi.

KPK singkatan dari apa?

Kepanjangan KPK adalah Komisi Pemberantas Korupsi. Sesuai dengan namanya, KPK merupakan lembaga negara yang bertugas memberantas korupsi. KPK bersifat independen dan bebas dari kekuasaan manapun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Kasus korupsi diadili dimana?

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Pengadilan Tipikor) adalah Pengadilan Khusus yang berada di lingkungan Peradilan Umum. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi merupakan satu-satunya pengadilan yang berwenang memeriksa, mengadili, dan memutus perkara tindak pidana korupsi.

Siapa yang membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pengadilan Tipikor?

Di tengah kepercayaan masyarakat yang sangat rendah terhadap lembaga negara yang seharusnya mengurusi korupsi, pemerintahan Megawati kemudia membentuk Komisi Pemberantasan TIndak Pidana Korupsi (KPTPK). Pembentukan lembaga ini merupakan terobosan hukum atas mandeknya upaya pemberantasan korupsi di negara ini.

2 Apakah Indonesia sudah meratifikasi uncac?

Indonesia meratifikasi UNCAC melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006. Namun tidak semua tindak pidana korupsi yang terdapat dalam UNCAC diadopsi ke dalam aturan terkait tindak pidana korupsi di Indonesia. Salah satu dari beberapa tindak pidana korupsi tersebut adalah foreign bribery.

1 Apa saja keuntungan yang didapat oleh Indonesia setelah meratifikasi United Nation Convention Against Corruption uncac atau konvensi anti korupsi?

Salah satu keuntungan yang diperoleh Indonesia adalah kemudahan melakukan ekstradisi para koruptor yang menyimpan hasil kejahatannya di negerinegeri tetangga, seperti Singapura yang selama ini kita kenal sebagai tempat paling aman untuk menyembunyikan hasil kejahatan korupsi.

See also:  Pt Jabil Circuit Indonesia Produksi Apa?

Sebutkan apa saja arti penting ratifikasi menurut UU Nomor 7 Tahun 2006?

Arti penting lainnya dari ratifikasi Konvensi tersebut adalah: – untuk meningkatkan kerja sama internasional khususnya dalam melacak, membekukan, menyita, dan mengembalikan aset-aset basil tindak pidana korupsi yang ditempatkan di luar negeri; – meningkatkan kerja sama internasional dalam mewujudkan tata pemerintahan

Apa saja tugas KPK brainly?

Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai tugas: Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi.

Apa saja peran KPK brainly?

Jawaban: Peran Komisi Pemberantasan Korupsi atau disingkat KPK adalah melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi; dan. Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Bagaimana peran KPK sebagai lembaga penegak hukum di Indonesia?

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa KPK memiliki tugas dan peran melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; supervise; penyelidikan, penyidikan dan penuntutan; melakukan tindakan pencegahan; dan melakukan pemantauan (monitoring) penyelenggaraan

KPK berada di bawah naungan siapa?

Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga yang berada di bawah naungan eksekutif yang melaksanakan tugas kepolisian dan kejaksaan dan bersifat Adhoc.

KPK masuk ke lembaga apa?

KPK merupakan lembaga yang berada di ranah eksekutif yang melaksanakan tugas penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan dalam perkara tindak pidana korupsi yang sejatinya merupakan kewenangan Kepolisian dan/atau Kejaksaan.

Siapakah Ketua KPK saat ini 2021?

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol. Firli Bahuri, M.Si. beserta istri Dra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector