Orang Yang Melakukan Penuntutan Dalam Sidang Pengadilan Disebut …?

Jaksa & Penuntut Umum Pasal 1 angka 6 huruf b, Penuntut umum adalah jaksa yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk melakukan penuntutan dan melaksanakan penetapan hakim.

Apa yang dimaksud dengan penuntut umum?

Penuntut Umum adalah jaksa yang diberi wewenang oleh Undang-Undang ini untuk melakukan penuntutan dan melaksanakan penetapan hakim. Pelaksana putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (eksekutor).

Apa yang dimaksud dengan pemeriksaan saksi dari penuntut umum?

Pemeriksaan saksi dari Penuntut Umum Alur persidangan perkara pidana selanjutnya adalah pemeriksaan saksi yang diajukan oleh Penuntut Umum; Saksi-saksi yang dihadirkan oleh Penuntut Umum biasanya adalah korban, penangkap (polisi) atau orang yang melihat dan menyaksikan suatu tindak pidana;

Apa yang dimaksud dengan penggeledahan badan?

Penggeledahan badan adalah tindakan penyidik untuk mengadakan pemeriksaan badan dan atau pakaian tersangka untuk mencari benda yang diduga keras ada pada badannya atau dibawanya serta, untuk disita. 19.

Apakah semua pelaku tindak pidana harus dituntut di muka sidang pengadilan pidana?

Pada asasnya semua pelaku dari suatu tindak pidana harus dituntut di muka sidang pengadilan pidana, akan tetapi dalam hal-hal tertentu baik secara umum maupun khusus, undang-undang memberikan pengecualiannya yaitu berupa peniadaan dan atau penghapusan tuntutan.

Apa yang dimaksud dengan pledoi?

Pledoi / Pembelaan.

Pembelaan (pledoi) bertujuan untuk memperoleh putusan hakim yang membebaskan terdakwa dari segala dakwaan atau melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum ataupun setidak-tidaknya hukumana pidana seringan-ringannya.

Apa yang dimaksud dengan asas dominus litis?

Secara bahasa, dominus berasal dari bahasa latin yang artinya pemilik, sedangkan litis artinya perkara atau gugatan. Hakim tidak bisa meminta supaya delik diajukan kepadanya, namun hakim hanya menunggu penuntutan dari penuntut umum ”.

See also:  Cv Adalah Suatu Persekutuan Yang Didirikan Berdasarkan Perjanjian?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan restorative justice?

Konsep pendekatan restorative justice merupakan suatu pendekatan yang lebih menitik-beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri. Fiat justisia ruat coelum, pepatah latin ini memiliki arti “meski langit runtuh keadilan harus ditegakkan”.

Mengapa Kejaksaan disebut dominus litis?

Keberadaan kewenangan jaksa di Indonesia dalam melakukan penuntutan sangat berkaitan dengan asas dominus litis. asas dominus litis, maka penetapan dan pengendalian kebijakan penuntutan hanya berada di satu tangan, yakni kejaksaan. Jaksa melakukan penyidikan hanya terkait tindak pidana tertentu.

Pledoi pasal berapa?

Pasal 182 ayat (1) KUHAP telah mengatur secara jelas bahwa mengajukan pembelaan (pledoi) merupakan hak terdakwa begitu juga dalam persidangan pidana secara online yang diatur dalam ketentuan Perma 4/2020. Sehingga seharusnya majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan pembelaan (pledoi).

6 Apa yang dimaksud dengan pledoi jelaskan dan berikan contohnya?

Pledoi itu, adalah bantahan atas dakwaan jaksa. Kalau jaksa misalnya, mengatakan bahwa terdakwa A telah melakukan perbuatan penipuan. Tetapi terdakwa A atau pembelanya mengajukan bantahan dengan mengatakan, bahwa A tidak benar melakukan perbuatan pidana penipuan.

Apa yang dimaksud dengan asas keaktifan hakim?

Keaktifan Hakim (Dominus Litis) Pengertian keaktifan hakim (dominus litis) adalah hakim dalam Peradilan Tata Usaha Negara diberikan suatu keleluasaan untuk secara aktif menjalankan proses pemeriksaan dan penanganan perkara untuk mengimbangi kedudukan para pihak karena tergugat adalah pejabat tata usaha negara sedangkan

Mengapa Kejaksaan disebut sebagai executive ambtenaar?

Karena Kejaksaan berada di poros dan menjadi filter antara proses penyidikan dan proses pemeriksaan di persidangan serta juga sebagai pelaksana penetapan dan keputusan pengadilan.

See also:  Alasan Cerai Yang Diterima Hakim?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penangkapan?

“Penangkapan adalah suatu tindakan penyidik berupa pengekangan sementara waktu kebebasan tersangka atau terdakwa apabila terdapat cukup bukti guna kepentingan penyidikan atau penuntutan dan atau peradilan dalam hal serta menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini.”

Apa yang dimaksud dengan restorative justice dan bagaimana penerapannya di dalam sistem peradilan pidana di Indonesia?

2. Keadilan restoratif (restorative justice) adalah penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula, dan bukan pembalasan.

Apa yang dimaksud dengan asas ultimum remedium?

Ultimum remedium dalam hukum pidana memiliki pengertian bahwa apabila suatu perkara dapat ditempuh melalui jalur lain seperti hukum perdata ataupun hukum administrasi hendaklah jalur tersebut ditempuh sebelum mengoperasionalkan hukum pidana.

Apa itu restorative justice hukumonline?

Keadilan restoratif atau restorative justice adalah konsep keadilan yang mengedepankan rekonsiliasi dan pemulihan berbasis kebutuhan terhadap korban, pelaku, dan lingkungan terdampak suatu tindak pidana.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan asas oportunitas?

Pengenyampingan perkara demi kepentingan umum (asas opportunitas) adalah wewenang Jaksa Agung berdasarkan undang-undang dan wewenang tersebut tidak dapat didelegasikan kepa jaksa. Asas opportunitas ini dapat diterapkan pada perkara pidana baik tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus (korupsi).

Apa tugas dan wewenang dari seorang advokat?

Tugas dan wewenang advokat yaitu membantu klien dalam menghadapi persidangan serta memberikan pengetahuan mengenai proses persidangan di Pengadilan yang akan ia lakukan, atau mewakili secara keseluruhan dalam persidangan.

Apakah penuntut umum juga dapat melakukan penghentian penuntutan?

Mengenai penghentian penuntutan diatur dalam Pasal 140 ayat (2) KUHAP, yang menegaskan bahwa penuntut umum ”dapat menghentikan penuntutan” suatu perkara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector