Lembaga Negara Yang Berwenang Mengusulkan Hakim Agung?

Komisi Yudisial Republik Indonesia atau cukup disebut Komisi Yudisial (disingkat KY RI atau KY) adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.
Pasal 24B ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Lembaga apakah yang mengusulkan para hakim agung?

DPR yang diwakili oleh Sarifuddin Suding menyampaikan bahwa KY merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga, menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Manakah yang termasuk wewenang Mahkamah Agung?

Berikut tugas dan wewenang Mahkamah Agung Republik Indonesia: Memeriksa dan memutus permohonan kasasi (Pasal 20 ayat 1 UU Nomor 48 Tahun 2009). Memeriksa dan memutus sengketa tentang kewenangan mengadili (Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 14 Tahun 1985).

Apa tugas dan wewenang Komisi Yudisial?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, kelurahan martabat, serta perilaku hakim. Menetapkan kode etik atau pedoman perilaku hakim atau KEPPH bersama-sama dengan mahkamah agung. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan KEPPH.

Lembaga apakah yang mengajukan 9 orang hakim konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden?

Mahkamah Konstitusi mempunyai sembilan orang anggota Hakim Konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden, yang diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh DPR, dan tiga orang oleh Presiden.

Siapa yang mengangkat hakim konstitusi?

Sembilan orang hakim konstitusi diisi oleh calon yang dipilih oleh 3 lembaga, yaitu 3 (tiga) orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, 3 (tiga) orang oleh Presiden, dan 3 (tiga) orang oleh Mahkamah Agung4.

See also:  Apa Itu Pt Showa?

Apa saja lembaga yudisial?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

1 Apa saja kewenangan Mahkamah Agung brainly?

Wewenang MA :

  • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.
  • Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
  • Apa saja tugas dan wewenang Mahkamah Agung brainly?

    Tugas Mahkamah Agung yang utama adalah mengadili pada tingkat kasasi. Mahkamah Agung bertugas untuk memutus permohonan kasasi terhadap putusan pengadilan tingkat banding maupun tingkat akhir dari semua lingkungan peradilan. Mahkamah Agung juga berwenang menguji peraturan perundang-undangan.

    Apa wewenang Mahkamah Agung dalam tingkat kasasi?

    Mahkamah Agung memiliki wewenang: Berwenang mengadili pada tingkat kasasi. Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi. Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.

    Apa tugas dan wewenang Komisi Yudisial brainly?

    Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim; Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung; Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

    Apa saja tugas Komisi Yudisial brainly?

    Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. Menetapkan Kode Etik dan atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan KEPPH.

    Siapa saja yang berwenang untuk mengusulkan calon hakim konstitusi di MK?

    Hakim konstitusi dapat diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, Mahkamah Agung, dan Presiden. Saat ini terjadi kekosongan jabatan hakim konstitusi yang berasal dari Presiden, sehingga yang berwenang untuk mengajukan calon hakim konstitusi adalah Presiden. Untuk itu dilakukan proses seleksi pengangkatan hakim konstitusi

    See also:  Pt Rukun Raharja Bergerak Dibidang Apa?

    Mahkamah Konstitusi lembaga apa?

    Dengan demikian, Mahkamah Konstitusi adalah suatu lembaga peradilan, sebagai cabang kekuasaan yudikatif, yang mengadili perkara-perkara tertentu yang menjadi kewenangannya berdasarkan ketentuan UUD 1945.

    3 jelaskan dan sebutkan apa saja kewenangan dari Mahkamah Konstitusi?

    Berdasarkan Pasal 24C ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Mahkamah Konstitusi berwenang menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar

    Siapa yang membentuk Komisi Yudisial?

    Jawaban. diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR tetapi sebelum mengangkat, presiden membentuk panitia seleksi pemilihan anggota komisi Yudisial yang terdiri atas unsur pemeritahan, praktisi hukuum, akademisi hukum dan anggota masyarakat.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector