Kondisi Yang Bisa Menyebabkan Wali Hakim Bertindak Sebagai Wali Nikah?

Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan.

Apakah nikah siri bisa dilakukan dengan wali hakim?

Ini kalimat yang bertentangan, karena yang namanya nikah siri pasti tidak tercatat, dan tidak mungkin dilakukan dengan wali hakim. Sehingga bisa dipastikan, wali hakim yang disebutkan dalam pertanyaan BUKAN petugas resmi KUA, atau dengan kata lain wali gadungan.

Apa yang dimaksud dengan wali hakim?

Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghâyah wa Taqrîb (Surabaya: Al-Hidayah, 2000), hal. 31, menjelaskannya sebagai berikut: Wali Hakim maksudnya adalah orang yang diangkat oleh pemerintah (Menteri Agama) yang bertindak sebagai wali dalam suatu pernikahan.

Apakah boleh menikah melalui wali hakim tanpa izin orangtuanya?

Adapun jauhnya wali, bukanlah sebagai alasan bagi seorang wanita untuk diperbolehkan menikah melalui wali hakim dengan tanpa izin orangtuanya atau dengan tanpa adanya perwakilan orangtua kepada hakim atau petugas pemerintahan tersebut, walaupun disertai alasan takut terjatuh ke dalam fitnah atau alasan-alasan yang lainnya.

Apakah penguasa berhak menjadi wali nikah?

Berdasarkan hadis dan keterangan di atas, maka penguasa, dalam hal ini pejabat negara yang bertugas mengurusi pernikahan, berhak menjadi wali nikah, jika wali khusus, yaitu kerabat tidak ada yang memenuhi syarat. Sebagai contoh, anak dari hasil hubungan zina tidak memiliki bapak nasab. Bapak biologis bukanlah bapaknya.

Faktor faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perpindahan wali nasab ke wali hakim?

Dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia perpindahan wali nasab kepada wali hakim dapat terjadi apabila wali nasab tidak ada atau tidak memungkinkan menghadirkannya, tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib, adhal atau enggan berdasarkan putusan Pengadilan Agama.

See also:  Apa Yang Dilakukan Untuk Menjadi Pengusaha?

Penyebab Jatuhnya wali nikah ke tangan wali hakim?

Dari hasil penelitan dapat diketahui bahwa faktor yang menyebabkan wali nasab berpindah ke wali hakim karena calon pengantin perempuan tdak mempunyai wali nasab sama sekali, walinya tidak diketahui alamatnya, walinya di tempat yang jaraknya jauh dan walnya adhal atau engan menikahkan.

Apa maksud dari wali Aqrab?

1. Wali dekat atau wali qarib atau wali aqrab yaitu ayah dan kalau tidak ada ayah pindah kepada kakek. Keduanya mempunyai kekuasaan yang mutlak terhadap anak perempuan yang akan dikawinkannya. Ia dapat mengawinkan anaknya yang masih berada dalam usia muda tanpa minta persetujuan dari anaknya tersebut.

Jelaskan siapa saja yang dapat menjadi wali nasab dan wali hakim?

pengertian wali nasab adalah wali nikah dari pengatin perempuan yang berasal dari keluarganya sedengkan wali hakim adalah wali nikah yang mewakilkan keluarga karena alasan tertentu yang tidak berasal dari keluarga, dalam hal ini dari pihak yang brewenang mengurusi pernikahan yaitu kementrian agama.

Jika ayah sebagai wali nasab enggan untuk menikahkan anak perempuannya maka wali yang berhak melaksanakan akad nikah adalah?

Wali Adhol (wali yang enggan atau menolak menikahkan/wali yang membangkang). Dalam praktiknya, bisa dimohonkan/diajukan Wali Adhol terhadap ayah yang bersangkutan kepada pengadilan agama supaya dikeluarkan penetapan Wali Adhol, yang kemudian wali hakim di KUA yang bertindak sebagai pihak yang menikahkan.

Apa yang dimaksud dengan wali mujbir?

Wali mujbir adalah orang memiliki hak menikahkan perempuan yang ada di dalam kekuasaan tanpa izin dan ridha dari perempuan tersebut. Sedangkan wali ghairu mujbir adalah orang memiliki hak menikahkan perempuan yang ada di dalam kekuasaannya tetapi harus dengan izin dan ridha dari perempuan itu.

See also:  Profil Dalam Cv Diisi Apa?

Berapa bayaran untuk wali hakim?

Selain itu, lanjut dia, karena calon pengantin dari mempelai wanita seorang anak yatim piatu, maka diharuskan menggunakan wali hakim yang secara tidak langsung dari pihak KUA setempat. Namun untuk menggunakan wali hakim dari catin dikenakan biaya sebesar Rp300.000,.

Syarat sah nikah dengan wali hakim?

Wali hakim dan syaratnya

  • Wali nasab tidak ada;
  • Walinya adhal yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama atau Mahkamah Syar’iyah.
  • Walinya tidak diketahui keberadaannya didasarkan atas surat pernyataan bermaterai dari calon pengantin, disaksikan oleh dua orang saksi, dan diketahui oleh Kepala Desa atau Lurah setempat.
  • Apakah wali hakim sama dengan penghulu?

    Penghulu adalah kepala atau ketua urusan agama Islam di Kabupaten atau Kotamadya. 2. Wali hakim Wali hakim adalah wali dalam perkawinan yang diserahkan kepada pemerintah dan dalam hal ini kepada Kantor Urusan Agama (KUA) karena adanya beberapa alasan.

    Wali nikah ada 4 macam?

    Kenali Macam-macam Wali Nikah dalam Islam

    1. Wali Nasab. Yang dimaksud wali nasab, yaitu wali berhubungan tali darah dari pihak ayah dengan perempuan yang akan nikah.
    2. Wali Mu’thiq. Yaitu orang yang menjadi wali terhadap perempuan bekas hamba sahaya yang dimerdekakannya.
    3. Wali Hakim.
    4. Wali Muhakam.

    Wali nikah ada 4 macam yaitu?

  • Wali Nasab. Wali nasab adalah wali nikah karena ada hubungan nasab dengan wanita yang akan melangsungkan pernikahan.
  • Wali Hakim.
  • Wali Tahkim.
  • Wali Maula.
  • Wali Mujbir dan Wali Adol.
  • Bagaimana hukum pernikahan jika suami tiba tiba murtad?

    Dalam hukum Islam tentang kemurtadan pihak suami mengakibatkan perkawinan tersebut batal karena alasan bahwa murtad adalah disamakan dengan musyrik walaupun isteri berpindah kepada ahli kitab.

    See also:  Ciri-Ciri Dari Bumn Yang Berbentuk?

    Siapa saja yang berhak menjadi wali hakim?

    1) Pertama, kelompok kerabat laki-laki garis lurus keatas yakni ayah, kakek dari pihak ayah dan seterusnya. 2) Kedua, kelompok kerabat saudara laki-laki kandung, atau saudara laki-laki seayah, dan keturunan laki-laki mereka.

    Siapa saja yang berhak menjadi wali nikah perempuan?

    Simak berikut ini daftar urutan orang yang bisa menjadi wali nikah dalam Islam.

  • Ayah.
  • Kakek. Kakek yang dimaksud dalam hal ini ialah kakek dari pihak ayah.
  • Saudara lelaki kandung. Yakni saudara lelaki mempelai wanita yang tunggal ayah dan ibu.
  • Saudara lelaki seayah.
  • Paman.
  • Anak lelaki paman dari pihak ayah.
  • Apa yang dimaksud dengan wali adhol?

    Wali adhal adalah sebutan bagi seorang wali nikah yang enggan/menolak („adhal) menikahkan.

    Syarat sah nikah dengan wali hakim?

    Artinya, “Penulis kemudian menyebutkan tiga syarat (nikah dengan wali hakim): Calon suami harus sekufu; (2) calon istri harus sudah balig; (3) dan calon istri juga berada di wilayah tugas kewalian sang hakim,” (Lihat: I’anatut Thalibin, jilid III, halaman 260).

    Siapa sajakah yang berhak menjadi wali nikah?

    20 Tahun 2019, berikut adalah urutan wali nikah berdasarkan nasab:

  • Bapak kandung.
  • Kakek (bapak dari bapak)
  • Bapak dari kakek (buyut)
  • Saudara laki-laki sebapak seibu.
  • Saudara laki-laki sebapak.
  • Anak laki-laki dari saudara laki-laki sebapak seibu.
  • Anak laki-laki dari saudara laki-laki sebapak.
  • Bolehkah wali nikah mewakilkan kepada orang lain?

    ‘Bisa dengan cara wali mewakilkan kepada orang yang memenuhi syarat untuk mewakilinya sebagai wali nikah untuk ijab,’ katanya. Pakar Fiqih Ustadz Ahmad Sarwat pun mengamini pendapat di atas. Wali nikah boleh tidak hadir dalam prosesi pernikahan, asal diwakilkan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector