Kebijakan Voc Di Indonesia Yang Berkaitan Dengan Pajak/Monopoli Adalah?

Beberapa kebijakan VOC dalam rangka memonopoli perdagangan antara lain: verplichte leverantie yakni penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang ditetapkan oleh VOC. Contingenten yakni kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi.

Apa yang dimaksud dengan kebijakan VOC?

VOC mewajibkan rakyat menanam tanaman tertentu, terutama kopi, dan hasilnya dijual kepada VOC dengan harga yang sudah ditentukan oleh VOC. Kebijakan seperti ini pernah diberlakukan di Tanah Pasundan dan Tanah Sunda pada awal abad ke-18 (tahun 1720-an) dibawah Gubernur Jenderal Hendrick Zwaardecroom.

Apa saja kebijakan VOC Belanda?

Kebijakan VOC Belanda berikutnya adalah kewajiban untuk menyerahkan hasil bumi seperti lada, kayu manis, beras, ternak, nila, gula dan kapas. Kebijakan VOC Belanda juga menerapkan Prianger Stelsel sejak 1723, aturan yang mewajibkan rakyat Priangan untuk menanam kopi dan menyerahkan hasilnya kepada VOC.

Apa Kebijakan VOC untuk membangun markas di Batavia?

Kebijakan VOC Belanda secara umum untuk membangun markas di Batavia, dipindahkan dari pangkalan sebelumnya di Banten dan Ambon. Markas baru ini diharapkan bisa memenuhi semua kebutuhan dan kepentingan VOC di Hindia Belanda. JP Coen memutuskan untuk memindahkan markas VOC karena di Banten terjadi pertikaian dengan etnis Cina, Banten dan Inggris.

Apa saja yang menjadi aturan monopoli VOC?

Berikut ini aturan monopoli perdagangan VOC yaitu:

  • Verplichte Leverantie, yaitu penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditetapkan VOC.
  • Contingenten, yaitu kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi.
  • Peraturan tentang ketentuan area dan jumlah tanaman rempah-rempah yang boleh ditanam.
  • Apa yang dimaksud dengan kebijakan monopoli perdagangan oleh VOC di Indonesia?

    Bagikan: Disebut juga sebagai: Kebijakan VOC. Kebijakan Monopoli Perdagangan Belanda adalah serangkaian kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan dagang Belanda yaitu Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) selama masa beroperasinya di Nusantara.

    See also:  Apa Itu Sppkp Dalam Pajak?

    Apa kebijakan VOC untuk melaksanakan monopoli dagang di Maluku dan Jawa?

    Pelayaran Hongi merupakan kebijakan ekonomi VOC untuk mengawasi tindakan monopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku serta menghukum pelanggarnya. Selain itu, pelayaran hongi juga bertujuan untuk mencegah penyelundupan hasil bumi ke pihak lain selain VOC.

    Mengapa VOC dapat melakukan monopoli perdagangan?

    Tujuan VOC berikutnya untuk menguasai dan memonopoli perdagangan rempah-rempah. Seperti diketahui jika Indonesia kaya akan rempah-rempah. Belanda pun berupaya memonopoli perdagangannya guna mendatangkan keuntungan finansial berlipat-lipat. Tujuan VOC yang berikutnya untuk menguasai kerajaan-kerajaan di nusantara.

    Siapa sasaran utama monopoli VOC?

    VOC telah diberikan hak monopoli terhadap perdagangan dan cara kolonial di wilayah tersebut oleh Parlemen Belanda pada tahun 1602. Markasnya berada di Batavia, yang sekarang bernama Jakarta. Sasaran utama VOC merupakan mempertahankan monopolinya terhadap perdagangan rempah-rempah di Nusantara.

    Apa saja contoh pasar monopoli?

    Contoh Pasar Monopoli

    Di Indonesia, beberapa contoh perusahaan monopoli adalah PLN, Pertamina, dan PDAM yang mana ketiga perusahaan tersebut dijadikan sebagai pemasok utama listrik, bahan bakar, dan air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

    Apa yang dimaksud dengan tujuan monopoli?

    Jawaban. Tujuan: Pasar monopoli guna mengatur arus ekonomi yang terus berkembang dan dengan pasar ekonomi dapat menjalin hubungan Internasional (luar negara) untuk kepentingan Nasional (dalam negara).

    Apa upaya VOC agar peraturan monopoli dipatuhi penduduk Maluku?

    Tiga kebijakan yang diterapkan VOC dalam praktik monopoli perdagangan di Maluku, yaitu pelayaran hongi, ekstirpasi, dan contingenten.

    Jelaskan upaya upaya apa saja yang dilakukan VOC untuk menerapkan monopoli perdagangan di Maluku?

    Praktik monopoli perdagangan yang dijalankan VOC di Maluku adalah: Rakyat Maluku hanya diperbolehkan menjual rempah-rempah pada VOC. Belanda melakukan pelayaran Hongi untuk menghancurkan tanaman rempah-rempah. VOC membatasi harga rempah-rempah dengan harga rendah.

    See also:  Perseroan Terbatas Yang Sahamnya Sudah Dijual Kepada Masyarakat Umum Disebut?

    Upaya apa saja yang dilakukan oleh VOC untuk menguasai perdagangan di Indonesia?

    Upaya-upaya yang dilakukan VOC untuk menguasai perdagangan di Indonesia adalah: Melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah. Mengusir saingannya dari para pedangang Eropa lainnya. Melakukan politik pecah belah atau devide et impera.

    Apa saja kebijakan kebijakan VOC di Indonesia dan bagaimana pelaksanaannya?

    Kebijakan VOC Secara Umum

    Menguasai pelabuhan dan mendirikan benteng untuk melancarkan usaha monopoli perdagangan sebagai akibat penjajahan. Melakukan politik devide et impera atau politik adu domba untuk memecah belah dan menguasai kerajaan – kerajaan di Indonesia.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector