Di Indonesia Yang Termasuk Wali Hakim Adalah?

1) Pertama, kelompok kerabat laki-laki garis lurus keatas yakni ayah, kakek dari pihak ayah dan seterusnya. 2) Kedua, kelompok kerabat saudara laki-laki kandung, atau saudara laki-laki seayah, dan keturunan laki-laki mereka.

Apa yang dimaksud dengan wali hakim?

Wali hakim adalah wali yang diangkat oleh calon pengantin apabila wali nasab sudah tidak ada, berhalangan hadir, atau melimpahkan tanggung jawabnya kepada wali hakim. Sesuai dengan namanya, wali ini umumnya berasal dari hakim atau qadhi. Ilustrasi Menikah.

Siapa saja yang termasuk wali hakim?

Adapun yang termasuk wali hakim antara lain kepala pemerintahan, khalifah, penguasa, atau qadhi nikah yang diberi wewenang oleh kepala negara untuk menikahkan wanita yang berwali hakim. Bila orang-orang itu tidak ada, wali hakim bisa berasal dari orang terkemuka di suatu masyarakat. Kedudukan wali hakim sangat penting dalam pernikahan.

Siapa yang ditunjuk menjadi wali hakim?

Yang ditunjuk menjadi wali hakim adalah Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan hal ini diatur dalam peraturan menteri agama (PMA) No. 2 tahun 1987 orang. Boleh meminta wali hakim jika calon mempelai wanita yang dalam kondisi :

Apa itu wali hakim dalam pernikahan?

Pengertian Wali Hakim dalam Pernikahan Wali hakim adalah wali yang diangkat oleh calon pengantin apabila wali nasab sudah tidak ada, berhalangan hadir, atau melimpahkan tanggung jawabnya kepada wali hakim. Sesuai dengan namanya, wali ini umumnya berasal dari hakim atau qadhi.

Apa yang di sebut wali hakim?

Wali Hakim adalah wali nikah yang ditunjuk oleh Menteri Agama atau pejabat yang ditunjuk olehnya, yang diberi hak dan kewenangan untuk bertindak sebagai wali nikah.

Siapa saja yang bisa menjadi wali hakim?

Wali hakim dijabat oleh Kepala KUA Kecamatan/PPN LN. Wali hakim dapat bertindak sebagai wali, jika: Wali nasab tidak ada; Walinya adhal yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama atau Mahkamah Syar’iyah.

See also:  Berikut Yang Bukan Merupakan Contoh Bentuk Dari Bumn Adalah?

Siapa saja yang termasuk wali nasab dan wali hakim?

Wali nasab merupakan wali nikah karena pertalian nasab atau pertalian darah dengan calon mempelai perempuan atau orang-orang yang terdiri dari keluarga calon mempelai perempuan yang berhak menjadi wali. Sedangkan wali hakim seseorang yang karena kedudukannya berhak melakukan akad perkawinan.

Macam macam wali nikah adalah?

dalam bukunya (2001: 247) yang berjudul Fiqih Munakahat 1 membagi wali itu menjadi lima macam, yaitu wali nasab, wali wali hakim, wali tahkim, wali maula, wali mujbir atau wali adol. Wali nasab adalah wali nikah karena ada hubungan nasab dengan wanita yang akan melangsungkan pernikahan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan wali?

Wali sendiri berarti pembela, teman dekat, dan pemimpin. Dalam hal ini bisa diartikan sebagai orang yang dekat dengan Allah SWT (Waliyullah). Sedangkan kata Songo (Jawa) berarti sembilan. Jadi secara umum Wali Songo berarti sembilan Wali yang dekat dengan Allah SWT.

Biaya menikah dengan wali hakim?

Selain itu, lanjut dia, karena calon pengantin dari mempelai wanita seorang anak yatim piatu, maka diharuskan menggunakan wali hakim yang secara tidak langsung dari pihak KUA setempat. Namun untuk menggunakan wali hakim dari catin dikenakan biaya sebesar Rp300.000,.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh wali hakim?

“Wali dan dua saksi membutuhkan enam persyaratan: islam, baligh, berakal, merdeka, lelaki, dan adil”.

Apakah anak laki-laki bisa menjadi wali nikah ibunya?

Oleh karena itu bila hal ini dikaitkan dengan hukum positif yang berlaku di negeri ini yaitu Kompilasi Hukum Islam (KHI), seorang anak laki-laki tidak boleh menjadi wali nikah atas ibunya sendiri.

Apakah penghulu bisa jadi wali hakim?

Selain bertugas sebagai Pegawai Pencatat Nikah, penghulu juga mempunyai tugas menjadi wali hakim bagi calon mempelai perempuan yang tidak mempunyai wali nasab atau karena sebab tertentu wali nasab tidak dapat menikahkannya.

See also:  Pt Swakarya Insan Mandiri Perusahaan Apa?

Rukun nikah ada 5 macam sebutkan?

Berikut Rukun Menikah:

  • Mempelai laki-laki. Syarat sah menikah adalah ada mempelai laki-laki.
  • Mempelai Perempuan. Sahnya menikah kedua yakni ada mempelai perempuan yang halal untuk dinikahi.
  • Wali Nikah Perempuan. Syarat sah menikah berikutnya adanya wali nikah.
  • Saksi Nikah. Menikah sah bila ada saksi nikah.
  • Ijab dan Qabul.
  • Wali nikah AB AD?

    2. Wali jauh atau wali ab’ad yaitu wali dalam garis kerabat selain dari ayah dan kakek, juga selain dari anak dan cucu, karena anak menurut jumhur ulama tidak boleh menjadi wali terhadap ibunya dari segi dia adalah anak, bila anak berkedudukan sebagai wali hakim boleh dia mengawinkan ibunya sebagai wali hakim.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector