Bumn Yang Diprivatisasi?

BUMN yang dapat diprivatisasi dalam UU BUMN hanyalah BUMN Persero yang memenuhi kriteria dalam Pasal 76 UU BUMN, sedangkan BUMN yang tidak boleh diprivatisasi adalah BUMN yang dilarang sebagaimana dalam Pasal 77 UU BUMN.

Berapa banyak BUMN yang diprivatisasi Prabowo?

Dari empat BUMN yang disinggung Prabowo akan diprivatisasi, semuanya sudah pernah diprivatisasi. Antam pada 27 November 1997, Jasa Marga pada 12 November 2007, Adhi Karya pada 18 Maret 2004, dan Waskita Karya pada 19 Desember 2012.

Mengapa beberapa BUMN diprivatisasi oleh pihak asing?

Pada beberapa BUMN, ada yang diprivatisasi oleh pihak asing, bahkan dalam jumlah kepemilikan saham yang cukup signfikan. Privatisasi BUMN kepada pihak asing ini dinilai “menggadaikan” nasionalisme Indonesia.

Siapa BUMN yang diprivatisasi dengan cara penjualan langsung?

Sementara BUMN yang diprivatisasi dengan cara penjualan langsung adalah Jakarta International Container Terminal (JICT) kepada Hutchison Port Holdings (HPH), anak usaha Hutchison Whampoa Limited (HWL) milik orang terkaya Hong Kong Li Ka-shing.

Apa yang dimaksud dengan privatisasi BUMN?

Privatisasi BUMN adalah terjadinya perubahan atau pengalihan kepemilikan aset BUMN dari yang merupakan kepemilikan negara menjadi kepemilikan pribadi atau swasta. Privatisasi di Indonesia dilakukan dengan 2 cara yaitu penjualan saham di bursa efek Indonesia (go public) dan penjualan secara langsung (strategic sales).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector