Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Ppn?

Pajak Pertambahan Nilai atau PPN adalah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP). Jadi, yang berkewajiban memungut, menyetor dan melaporkan PPN adalah para Pedagang/Penjual.
PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai, yaitu pungutan yang dikenakan pada proses distribusi maupun transaksi. Pemungutan PPN cukup sering ditemukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti makan di restoran, berbelanja di mall hingga membeli minuman di coffee shop.

Apa yang dimaksud dengan pemungutan dan pelaporan PPN?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, PPN adalah kewajiban dari pembeli sehingga dibayarkan oleh pembeli itu sendiri. Namun, kewajiban pemungutan, penyetoran dan pelaporan PPN merupakan kewajiban penjual/Pengusaha Kena Pajak (PKP). Penjual/PKP kemudian melaporkan pemungutan PPN secara akumulatif ke Ditjen Pajak.

Apa itu nilai lain PPN?

Penggunaan nilai lain PPN dimaksudkan untuk mengindentikasi DPP yang bisa dikenakan pada beberapa transaksi tertentu, khususnya yang berada di luar klasifikasi DPP PPN pada umumnya. Berdasarkan PMK No.75/PMK.03/2010, kategori perhitungan nilai lain PPN adalah:

Apa yang dimaksud dengan nilai PPN sebagai DPP?

Nilai lain PPN sebagai DPP dimaksudkan untuk menjamin rasa keadilan dalam dua hal, yakni: Harga jual, nilai penggantian, nilai ekspor yang sukar diterapkan. Penyerahan BKP yang dibutuhkan masyarakat banyak, seperti air minum dan listrik.

Bagaimana mekanisme yang berlaku terhadap PPN di Indonesia?

Secara teknis, mekanisme yang berlaku terhadap PPN di Indonesia adalah sebagai berikut: PKP yang melakukan penyerahan BKP/JKP wajib memungut Pajak Pertambahan Nilai dari pembeli/penerima BKP/JKP, dan membuat Faktur Pajak sebagai bukti pemungutannya.

Apakah yang dimaksud PPN?

Pengertian Pajak Pertambahan Nilai atau PPN adalah pajak yang dikenakan atas konsumsi dalam negeri oleh Wajib Pajak Orang Pribadi, Badan, dan Pemerintah.

See also:  Bagaimana Kontribusi Dan Peranan Pt Freeport Indonesia Bagi Negara?

Apa saja yang termasuk PPN?

Beberapa contoh barang yang terkena PPN antara lain pakaian, tas, sepatu, pulsa telekomunikasi, sabun, alat elektronik, barang otomotif, perkakas, hingga kosmetik. Selain itu, jasa layanan streaming film dan musik yang biasa kita pakai seperti Netflix dan Spotify juga memungut PPN.

Berapa PPN sekarang?

Kenaikan Tarif PPN

Tarif PPN resmi naik dari 10 persen menjadi 11 persen mulai hari ini yaitu 1 April 2022. Kenaikan ini merupakan amanat pasal 7 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Apa yang dimaksud dengan PPN Masukan dan PPN Keluaran?

Intinya, penghitungan PPN Masukan atau VAT in adalah dilakukan oleh PKP ketika PKP berada di posisi sebagai pembeli BKP atau JKP. Sedangkan, PPN Keluaran dalam Faktur Pajak Keluaran adalah dilakukan penghitungannya oleh PKP ketika PKP dalam posisi sebagai penjual BKP atau JKP.

Apa itu PPN dan contohnya?

PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai, yang artinya Pajak yang dikenakan atas setiap penyerahan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak dalam proses peredaran dari produsen ke konsumen. Dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah Value Added Tax (VAT).

Mengapa kita harus membayar PPN?

Pajak pertambahan nilai, atau disingkat PPN, yakni pungutan wajib karena dilakukannya transaksi jual-beli barang atau jasa. PPN merupakan pajak pribadi, artinya konsumen lah yang harus membayar. Jadi jangan heran kalau dalam struk belanja terdapat tulisan pajak, PPN, atau VAT (Value Added Tax).

Apa saja yang kena PPN dan PPh?

PPN dikenakan terhadap proses produksi/distribusi, sedangkan PPh untuk setiap penghasilan bagi orang pribadi atau badan yang merupakan Wajib Pajak. PPN Dibebankan kepada konsumen akhir, namun PPh dikenakan pada pihak yang mempunyai penghasilan.

See also:  Bagaimana Peran Strategis Bumn Dalam Perekonomian Indonesia?

Apa saja yang bukan termasuk barang kena pajak PPN?

Simak, Ini Jenis Barang dan Jasa yang Bebas PPN

  • Jenis makanan dan minuman tertentu.
  • Uang dan emas batangan.
  • Jasa kesenian dan hiburan.
  • Jasa perhotelan.
  • Jasa yang disediakan pemerintah.
  • Jasa penyediaan tempat parkir.
  • Jasa boga atau katering.
  • Apa saja yang bukan termasuk jasa Kena pajak PPN?

    Sedangkan untuk jenis jasa tertentu yang mana tidak dikenai PPN diantaranya yaitu:

  • Jasa pelayanan kesehatan.
  • Jasa pelayanan sosial.
  • Jasa pengiriman surat dengan perangko.
  • Jasa keuangan.
  • Jasa asuransi.
  • Jasa keagamaan.
  • Jasa pendidikan.
  • Jasa kesenian dan hiburan.
  • Kapan PPN 11 berlaku?

    Suara.com – Pemerintah resmi menaikkan Tarif pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen. PPN 11 persen ini mulai berlaku pada Jumat 1 April 2022.

    Kapan PPN naik jadi 11?

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah resmi menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen mulai hari ini, Jumat (1/4/2022). Kenaikan pajak tersebut sesuai dengan amanat pasal 7 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

    Apakah PPN jadi naik 11%?

    Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Neilmaldrin Noor pada Kamis (31/3) mengatakan, sesuai perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, tarif PPN naik menjadi 11% mulai 1 April 2022.

    Apa bedanya pajak masukan dan keluaran?

    Faktur Pajak Keluaran adalah Faktur Pajak yang dibuat oleh PKP pada saat melakukan penjualan barang atau JKP yang tergolong dalam bawang mewah. Faktur Pajak Masukan adalah Faktur Pajak yang didapatkan oleh PKP ketika melakukan pembelian BKP atau JKP dari PKP lain.

    See also:  Berikut Yang Termasuk Motif Ekonomi Bagi Pengusaha Adalah?

    Disebut apakah jika PPN keluaran lebih besar daripada PPN masukan?

    Dalam hal nilai PPN Keluaran lebih besar daripada PPN Masukan, maka hal itu disebut Kurang Bayar dan nilainya harus disetorkan dan dilaporkan ke Kantor Pajak.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector