Apa Tujuan Diangkatnya Seorang Hakim Pengawas Dan Pengamat Itu?

Disebut sebagai hakim pengawas dan pengamat (hakim wasmat), seorang hakim bertugas selama dua tahun. Pengawasan dan pengamatan dilakukan guna memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Apa yang dimaksud dengan hakim pengawas?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, hakim pengawas ialah hakim yang ditunjuk oleh pengadilan, dalam putusan pailit atau penundaan kewajiban pembayaran utang.

Apakah hakim wasmat efektif dalam melakukan pengawasan dan pengamatan?

Namun dalam kenyataannya efektifnya pelaksanaan tugas mereka dalam melakukan pengawasan dan pengamatan. sarana dan prasarana termasuk anggaran operasional. prasarana yang memadai. Konsep perbaikan hakim wasmat ini bisa merujuk pada konsep hampir sama, yaitu sama-sama melakukan pengawasan. Bisa juga dengan menambah

Apa fungsi seorang hakim?

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh seorang hakim adalah fungsi administratif. Dalam menjalankan tugasnya, hakim dan mahkamah agung bersama membawahi beberapa lembaga peradilan. Fungsi ini bertujuan agar hakim dan mahkamah agung dapat membuat peraturan yang bersifat administratif terhadap lembaga-lembaga tersebut.

Apa Tugas Hakim Agung?

Hakim tersebut memiliki tugas yang hampir sama dengan hakim pada umumnya. Namun pada proses pengawasan, hakim agung memiliki tugas untuk memberikan petunjuk bagi para hakim yang ada di bawahnya dalam melaksanakan tugas peradilan. 3. Tugas Mengatur

Apa tujuan dibentuknya hakim pengawas dan pengamat dalam KUHP?

Tujuan pengawasan dan pengamatan berdasarkan pasal 280 KUHAP yaitu: 1. Untuk memperoleh kepastian putusan pengadilan agar dilaksanakan sebagaimana mestinya. 2. Untuk bahan penelitian demi ketetapan hukum yang bermanfaaat bagi pemidanaan.

Apa tugas hakim pengawas?

Tugas hakim pengawas

Hakim pengawas meminta kurator untuk memberi kepastian tentang perjanjian timbal balik antara debitur dengan pihak bersangkutan (kreditur). Hakim pengawas memberi jangka waktu, apabila kesepakatan tentang perjanjian timbal balik tersebut tidak tercapai.

See also:  Bentuk Akomodasi Konflik Yang Dibawa Ke Pengadilan Disebut?

Apakah tata cara pelaksanaan hakim pengawas dan pengamat di lapangan telah sesuai dengan ketentuan?

Pengaturan pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat tercantum dalam Undang-Undang Kekuasaan Kehakiman, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, dan Surat Edaran Mahkamah Agung. Pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan namun belum berjalan lancar secara keseluruhan.

Siapa yang ditugasi untuk mengawasi pelaksanaan putusan hakim?

2. Pengawasan dan pengamatan pelaksanaan putusan pengadilan dalam perkara pidana oleh hakim pengadilan negeri berdasarkan Pasal 277 KUHAP dilakukan oleh hakim pengawas dan pengamat yang ditunjuk oleh ketua pengadilan untuk paling lama dua tahun.

Berapa masa jabatan seorang hakim pengawas dan pengamat itu?

(2) Hakim sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) yang disebut hakim pengawas dan pengamat, ditunjuk oleh ketua pengadilan untuk paling lama dua tahun.

Apa yang menjadi tugas pokok hukum Acara pidana Indonesia?

Tugas/Fungsi Hukum Acara Pidana

menyebutkan ada 3 (tiga) fungsi pokok Hukum Acara Pidana yaitu: a. Mencari dan menemukan kebenaran b. Pengambilan putusan oleh Hakim c. Pelaksanaan dari pada putusan yang telah diambil (S.Soema Dipradja, 1978).

Apa saja tugas tugas hakim?

Hakim Pengadilan adalah pejabat yang melakukan tugas kekuasaan kehakiman, untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama.

Apa yang dimaksud kurator?

Pengertian Kurator pada Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (“UU Kepailitan”) adalah Balai Harta Peninggalan atau orang perseorangan yang diangkat oleh Pengadilan untuk mengurus dan membereskan harta debitor Pailit di bawah pengawasan Hakim Pengawas.

4 Apa saja tugas dari seorang kurator?

Tugasnya bisa meliputi pemeriksaan, penelitian, pengumpulan, dan penyimpanan barang koleksi. Selain itu, profesi kurator juga bergulat di bidang pendidikan dan penyebarluasan informasi seperti menjelaskan kepada pengunjung museum, seminar kebudayaan, dan penyimpanan barang koleksi.

See also:  Dokumen Yang Harus Dimiliki Pengusaha Termasuk Dalam Hal?

Siapakah yang melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peradilan agama?

Pembinaan dan pengawasan hakim pengadilan agama, baik dalam kaitan dengan pelaksanaan tugas yustisi maupun tingkah laku dan perilakunya, secara internal dilakukan oleh bawah Mahkamah Agung.

Kapan hakim menjatuhkan putusan bebas?

Putusan bebas pengaturannya terdapat dalam Pasal 191 ayat (1) KUHAP sebagai berikut: “Jika pengadilan berpendapat bahwa dari hasil pemeriksaan di sidang, kesalahan terdakwa atas perbuatan yang didakwakan kepadanya tidak terbukti secara sah dan meyakinkan, maka terdakwa diputus bebas.”

Upaya hukum apa saja?

Upaya hukum biasa terdiri dari : banding, kasasi dan verzet.

  1. BANDING.
  2. KASASI.
  3. VERZET. PENGERTIAN. Verzet merupakan salah satu upaya hukum biasa yang dapat diminta oleh salah satu atau kedua belah pihak yang berperkara terhadap suatu putusan Pengadilan Negeri.

Siapa yang mengadili perkara?

Hakim dalam memeriksa, mengadili, dan memutus perkara dibantu oleh seorang panitera atau seorang yang ditugaskan melakukan pekerjaan panitera. Pengadilan memeriksa, mengadili, dan memutus perkara pidana dengan kehadiran terdakwa, kecuali undang-undang menentukan lain.

Siapa yang berwenang melakukan eksekusi terhadap terpidana atas putusan pengadilan jelaskan beserta dasar hukumnya?

Pihak yang memiliki kewenangan melaksanakan putusan hakim tersebut adalah Jaksa. Dalam isi putusan pidana kejaksaan mempunyai kewenangan untuk segera melakukan eksekusinya sesuai Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana.

Apa saja asas asas hukum acara pidana?

Asas-asas Hukum Acara Pidana

  • Asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan.
  • Asas Praduga Tidak Bersalah (Presumption of Innocence)
  • Asas Oportunitas.
  • Asas Pemeriksaan Pengadilan Terbuka Untuk Umum.
  • Asas Semua Orang Diperlakukan Sama Di Depan hakim.
  • Asas Peradilan Dilakukan Oleh Hakim Karena Jabatannya Tetap.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector