Dokumen Yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Gapura – Sobat Gapura legalitas bisnis adalah hal yang penting dan juga hal pertama yang harus kita miliki sebelum menjalankan bisnis kita ke tahap yang lebih besar dan lebih luas. Mengurus perizinan atau pendirian perusahaan memang menjadi hal yang sulit dan berbelit karena belum terbiasa dengan birokrasi di negara kita ini. Tetapi saat ini anda tidak perlu ragu lagi untuk mengurus perizinan atau pendirian perusahaan karena kami Gapura Office menediakan layanan perizinan usaha, pendirian PT dan CV , dan juga virtual office untuk anda yang belum memiliki domisili usaha. Kami Gapura Office mempunyai pengalaman melayani ratusan orang dalam hal pengurusan perizinan dan pendirian perusahaan.

Tentu anda harus tau dokumen apa saja yang akan anda dapatkan kalau sudah selesai dalam pendirian perusahaan. Dokumen atau legalitas tersebut sangat penting untuk bisnis anda dan anda harus tau juga kegunaan dari dokumen tersebut, nah pada artikel kali ini kita akan membahas dokumen yang didapatkan setelah mendirikan perusahaan dan juga kegunaan dari dokumen tersebut. Dokumen yang kita dapatkan dari pendirian perusahaan itu ada Akta Pendirian , SK Kemenkumham, NPWP Perusahaan, SKDU, SIUP, dan TDP.

Dari semua dokumen tersebut mempunyai kegunaan masing – masing seperti ang di jelaskan dibawah ini.

  1. Akta Perusahaan
  2. Akta Pendirian adalah Akta yang dibuat di hadapan Notaris, yang memuat keterangan identitas dan kesepakatan para pihak untuk mendirikan perusahaan dan juga memuat anggaran dasar dan memaparkan mengenai tujuan perusahaan.
  3. SK Kemenkumhan
  4. Surat Keterangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah Surat keputusan yang menerangkan bahwa perusahaan yang kita dirikan telah mendapat pengesahan secara hukum Indonesia.
  5. NPWP Perusahaan
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan adalah Nomor yang diberikan wajib pajak sebagai tanda pengenal atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan dan juga sebagai persyaratan untuk sejumlah pelayanan umum.
  7. SKDU
  8. Surat Keterangan Domisili Usaha adalah Surat yang menerangkan domisili suatu badan usaha, yang dibutuhkan untuk keperluan dalam pengurusan berbagai macam izin perusahaan yang lainnya.
  9. SIUP
  10. Surat Izin Usaha Perdagangan adalah Surat izin yang diberikan oleh Kementerian atau pejabat sebagai pengesahan atau syarat untuk perusahaan supaya dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan.
  11. TDP
  12. Tanda Daftar Perusahaan adalah Daftar catatan resmi berdasarkan ketentuan undang – undang atau peraturan pelaksananya dan memuat hal yang wajib di daftarkan setiap perusahaan dan disahkan oleh pejabat berwenang.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dokumen tersebut adalah sebagai legalitas yang harus dimiliki oleh perusahaan kita untuk dapat beroperasi dengan legal di negara Indonesia ini. Mengurus legalitas perusahaan memang merepotkan tetapi dengan menggunakan jasa layanan dari Gapura Office anda tidak perlu repot karena proses legalitas di Gapura Office layanannya cepat dan profesional.Bila ingin mendapatkan info lain segera hubungi kami atau kunjungi Instagram dan Facebook kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post

Categories

Blog Archive