Penderita Diabetes Apa Boleh Minum Air Kelapa?

Penderita Diabetes Apa Boleh Minum Air Kelapa
Cara mendapatkan manfaat air kelapa untuk menurunkan gula darah – Air kelapa bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan gula darah. Meskipun begitu, penderita diabetes tidak boleh minum air kelapa sembarangan. Medical News Today menjelaskan bahwa air kelapa mengandung gula alami sehingga penderita diabetes perlu memerhatikan efek sampingnya.

Jika tidak berhati-hati, level gula darah bukannya turun namun bisa naik secara signifikan. Untuk itu, konsumsi air kelapa perlu dibatasi dalam sehari. Direkomendasikan juga bagi penderita diabetes dan prediabetes untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan air kelapa ke menu diet hariannya.

Tidak hanya itu saja, Eat This, Not That! merekomendasikan konsumsi air kelapa yang dibarengi dengan perubahan pola makan dengan menambahkan sayuran dan protein. Perubahan kebiasaan untuk hidup lebih sehat juga disarankan agar lebih efektif dalam menurunkan gula darah.

Apakah boleh minum air kelapa untuk penderita diabetes?

Air kelapa aman atau buruk untuk penderita diabetes Mengutip dari Healthline, air kelapa aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, air kelapa merupakan minuman yang memiliki rasa manis alami tanpa tambahan gula. Dalam 240 ml air kelapa mengandung gula sebesar 9,5 gram.

Apakah air kelapa tua bisa menurunkan gula darah?

Studi: Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Air kelapa tua dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. SURABAYAPAGI, Surabaya – Air kelapa adalah cairan bening yang ada di dalam kelapa. Air kelapa berbeda dengan santan, yang merupakan perpaduan antara air kelapa dan kelapa parut.

  1. Air kelapa muda atau air kelapa tua sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang sama.
  2. Perbedaannya hanya pada jumlah kandungan air dalam kelapa dan rasanya.
  3. Elapa tua biasanya memiliki sedikit air dan lebih banyak daging buahnya.
  4. Jika kamu lebih suka minuman yang tidak terlalu manis, maka air kelapa tua bisa jadi pilihan minuman sehat.
See also:  What Diabetes Needs Insulin?

Pada air kelapa tua, kandungan gula akan berkurang saat kematangan kelapa bertambah. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa tua dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. Sebuah studi pada tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes, ditemukan bahwa air kelapa dapat mengurangi glukosa darah.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat ini pada manusia. Manfaat tambahan dari air kelapa hijau yaitu sebagai sumber magnesium yang baik untuk meningkatkan insulin, dan menurunkan kadar gula darah. Ha tersebut terutama pada pengidap diabetes tipe 2 dan prediabetes. Dalam sebuah penelitian dari 2018 yang melibatkan delapan orang, para penelitian menemukan bahwa air kelapa dapat meningkat buang air kecil kalium, klorida, dan sitrat pada individu tanpa batu ginjal.

Artinya air kelapa dapat membantu menjaga kemungkinan pembentukan batu ginjal tetap rendah. Minum air kelapa tua dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Alasannya karena air kelapa tua disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini berkat kandungan potasium dan kalium dalam air kelapa tua.

Penyakit apa yang bisa disembuhkan oleh air kelapa?

3. Baik untuk kesehatan pencernaan – Penderita Diabetes Apa Boleh Minum Air Kelapa Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS ( Oral Rehydration Therapy ) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi. Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

See also:  Obat Batuk Pilek Yang Aman Untuk Penderita Diabetes?

Air kelapa untuk obat apa saja?

Air kelapa atau dalam bahasa ilmiahnya Cocos Nucifera memiliki manfaat untuk tubuh, tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja. Air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan terutama bagi kaum perempuan. Air kelapa bisa mencegah muntah-muntah dan mengobati dehidrasi.

  1. Tak hanya itu air kelapa juga mengandung potasium, sodium, elektrolit, kalsium, vitamin C dan mengandung Lauric Acid serupa dalam asi yang dibutuhkan dalam masa kehamilan.
  2. Air kelapa bermanfaat sebagai Antibakterial dan juga membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh.
  3. Maka Minumlah air kelapa dua kali sehari untuk kesehatan dan penyembuhan infeksi.

Selain itu, Air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan loh karena mengandung mineral murni yang sangat baik untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh dan menghasilkan energi yang dapat digunakan pada saat berolahraga untuk membakar kalori dikarenakan air kelapa mengandung elektrolit yang meningkatkan metabolisme anda dan dapat membuat kulit menjadi lembab, bersih dan lembut.

Apa efek samping minum air kelapa muda?

1. Masalah ginjal – Air kelapa sangat tinggi kalium, minum terlalu banyak bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dengan meningkatkan kadar kalium yang menyebabkan masalah ginjal serta detak jantung tidak teratur.

Adblock
detector