Organ Dalam Manusia Yang Pertama Terkena Dampak Dari Penyakit Diabetes?

Organ Dalam Manusia Yang Pertama Terkena Dampak Dari Penyakit Diabetes
Organ Organ ini Yang Dirusak oleh Diabetes Diabetes paling sering ditakuti karena terkait dengan kerusakan laten beberapa organ tubuh. Selain menaikkan kadar gula darah, yang menyebabkan kelelahan dan gejala kronis, diabetes juga dapat merusak organ-organ penting.

  1. Dalam kasus-kasus tertentu, kerusakan organ yang berhubungan dengan diabetes mungkin tak bisa disembuhkan, yang akhirnya membutuhkan transplantasi dan sistem pendukung buatan untuk mempertahankan hidup.
  2. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan melakukan pemantauan dan pengawasan untuk deteksi dini kerusakan yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa organ utama yang rusak karena diabetes, seperti dilansir Onlymyhealth, Minggu (21/4/2013): 1. Jantung Peningkatan kadar gula darah benar-benar dapat merusak pembuluh darah yang mengangkut darah ke dan dari jantung. Oleh karena itu, suplai darah yang diterima jantung akan berkurang dan akan mulai menghadapi masalah.

  • Pasokan darah yang tidak memadai akan memaksa jantung bekerja terlalu keras, sehingga menyebabkan nyeri dada, sesak napas dan irama jantung yang tidak teratur.
  • Dalam kasus ekstrem, ini dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular seperti stroke dan penyumbatan.2.
  • Ginjal Pembuluh darah yang rusak karena kadar gula darah tinggi akan menyulitkan ginjal untuk mengeluarkan produk sisa dari darah.

Dalam kasus ekstrem, limbah ini menyebabkan ginjal gagal. Oleh karena itu, Anda mungkin harus melakukan transplantasi ginjal atau dialisis (cuci darah) untuk mempertahankan hidup.3. Mata Diabetes bisa menyebabkan masalah berat di mata, sehingga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan.

  1. Hal ini juga membuat mata lebih rentan terhadap penyakit seperti glaukoma dan katarak.4.
  2. Aki Diabetes juga dikenal menyebabkan kerusakan saraf, terutama di kaki.
  3. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di kaki.
  4. Etika Anda kehilangan sensasi, luka ringan tidak diketahui dan akhirnya berkembang menjadi infeksi serius.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk mencuci kakinya secara teratur dan melakukan perawatan kaki.5. Organ seksual Pada pria, diabetes berkepanjangan sering dikaitkan dengan disfungsi ereksi atau impotensi. Oleh karena itu, kehidupan seksual mungkin akan menjadi masalah bagi pria diabetes.

Kenapa diabetes mengakibatkan gagal ginjal?

Diabetes bisa sebabkan gagal ginjal – Melansir Better Health, salah satu penyebab gagal ginjal adalah penyakit diabetes melitus, suatu kondisi yang ditandai dengan kadar glukosa (gula) darah yang tinggi. Seiring waktu, kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak jutaan unit penyaringan kecil di dalam setiap ginjal.

  1. Di mana, tingginya gula darah bisa membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihan kadar gula tersebut menjadi urine.
  2. Jika kondisi ini dibiarkan terjadi dalam waktu lama, maka ginjal dapat mengalami kerusakan dan perlahan-lahan kehilangan fungsinya untuk menyaring limbah atau racun.
  3. Ondisi inilah yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

Selain itu, penyakit diabetes juga dapat menimbulkan kerusakan saraf di dalam tubuh, termasuk dalam pengaturan kandung kemih. Apabila tubuh sampai kesulitan mengosongkan kandung kemih, tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih yang penuh alhasil bisa melukai ginjal dan berisiko mengembangkan infeksi.

Sekitar 20 hingga 30 persen penderita diabetes dilaporkan mengembangkan penyakit ginjal (nefropati diabetik), meskipun tidak semuanya akan berkembang menjadi gagal ginjal. Baca juga: Bagaimana Kurang Minum Bisa Sebabkan Gagal Ginjal? Seseorang dengan penyakit diabetes memang menjadi lebih rentan terhadap nefropati entah mereka menggunakan insulin maupun tidak.

Tingginya risiko terkena nefropati diabetik ini berbanding lurus dengan lamanya waktu seseorang menderita diabetes. Artinya, semakin lama seseorang menderita diabetes, maka kian besar juga peluangnya untuk terkena penyakit ginjal. Nama lain untuk nefropati diabetik adalah glomerulosklerosis diabetik.

See also:  What Happens If You Stop Taking Diabetes Medication?

Kenapa diabetes menyerang mata?

4. Retinopati diabetik – Untuk dapat melihat dengan baik, retina mata membutuhkan pasokan darah yang cukup. Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi lama kelamaan dapat merusak pembuluh darah tersebut dan menyebabkan gangguan retina mata,

Ondisi ini bisa mengakibatkan kebutaan jika terlambat diobati. Retinopati diabetik biasanya membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengancam fungsi penglihatan. Semakin lama seseorang menderita diabetes, semakin besar kemungkinannya terserang penyakit mata ini, terlebih jika kadar gula darah tidak terkontrol dengan pengobatan.

Bagi penderita diabetes, jangan lupa untuk rutin berobat dan kontrol ke dokter sesuai jadwal. Untuk menjaga kesehatan mata, penderita diabetes perlu rutin melakukan pemeriksaan mata ke dokter spesialis mata setiap 1 hingga 2 tahun. Wanita yang berencana hamil atau sedang hamil dan memiliki riwayat diabetes pun perlu menjalani pemeriksaan mata,

Penyakit dimana kadar glukosa atau gula sederhana di dalam darah tinggi disebut?

Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Apakah umur 30 bisa kena diabetes?

Diabetes pada usia di bawah 30 tahun – Ahli mengingatkan bahwa penyakit diabetes tak hanya diderita orang dewasa atau lansia saja. Namun juga bisa dialami orang muda di bawah usia 30 tahun. Penyakit diabetes melitus cenderung banyak dialami golongan usia muda dan berpotensi menjadi pembunuh senyap.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Prof Dr dr Ketut Suastika SpPD-KEMD dalam diskusi daring bertajuk World Diabetes Day 2020: Pentingnya Peran Cargiver dan Saatnya Sadar serta Peduli Diabetes, Selasa (3/11/2020). Suastika menyampaikan, saat orang di bawah 30 tahun mengalami diabetes, biasanya didiagnosis dengan diabetes tipe 1.

Kondisi ini membuat orang yang memiliki diabetes memiliki bobot tubuh yang kurang di usia antara 5-15 tahun. Namun beberapa tahun belakangan, banyak ditemukan kasus orang muda yang mengidap diabetes tipe 2. “Jadi yang mulanya hanya terjadi pada orang dewasa (diabetes melitus 2), sekarang muncul lebih (di usia) muda, banyak sekali.

  • Di Asia paling banyak, usia-usia di bawah 30 tahun-an,” kata dia.
  • Padahal, beberapa dekade yang lalu diabetes melitus tipe 2 hanya diderita oleh orang dewasa yang usianya lebih dari 40 tahun.
  • Nah ini sekarang banyak juga orang-orang muda yang diabetes di bawah 30 tahun,” tegasnya.
  • Apa yang menyebabkan diabetes di usia muda? Setidaknya ada dua faktor yang menyebabkan orang muda di bawah usia 30 tahun mengalami diabetes, yakni faktor genetik dan perilaku hidup tidak sehat.

Baca juga: Mengapa Penderita Diabetes Harus Cek Kadar Gula secara Berkala?

diabetes tipe 1 menyerang apa?

Diketahui bahwa 8% dari seluruh penderita diabetes merupakan penderita diabetes tipe 1, sedangkan 90% diantaranya merupakan penderita diabetes tipe 2. Kedua tipe diabetes ini memiliki tingkat bahaya yang sama sehingga perlu adanya pengambilan langkah penyembuhan yang tepat. Organ Dalam Manusia Yang Pertama Terkena Dampak Dari Penyakit Diabetes Kadar fruktosa yang terkandung pada makanan dan minuman manis harus dihindari penderita diabetes. Baca Juga: Berpuasa Jika Diabetes? Bisakah? Diabetes Tipe 1 Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk membentuk insulin,

  • Diabetes tipe 1 diderita sejak masih anak-anak.
  • Diabetes tipe 1 menyerang organ pankreas, yaitu tempat pembentukkan insulin.
  • Diabetes tipe 1 ini dapat menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya, seperti retinopati diabetik yaitu kerusakan pembuluh darah kecil di mata, saraf, dan ginjal.
  • Pengobatan yang umum dilakukan untuk penderita diabetes tipe 1 adalah penyuntikan insulin ke dalam jaringan lemak tepat di bawah kulit.
See also:  Gejala-Gejala Yang Dialami Penderita Diabetes Melitus Terdapat Pada Angka?

Penderita diabetes tipe 1 disarankan untuk melakukan tes kadar gula darah secara berkala, perencanaan makan yang cermat, olahraga rutin, dan menyuntikkan insulin atau minum obat lain sesuai kebutuhan. Baca Juga: Waspada Penyakit Diabetes! Gejala dan Penyebab Penyakit Gejala Diabetes Gejala diabetes tipe 1 dan 2 kurang lebih memiliki kesamaan.

  1. Sering buang air kecil, terutama ketika malam
  2. Sering merasa haus
  3. Rasa lelah yang berlebihan
  4. Penurunan berat badan
  5. Rasa gatal pada alat kelamin
  6. Luka sembuh lebih lama
  7. Pengelihatan kabur

Gejala diabetes tipe 1 lebih cepat muncul dibandingkan diabetes tipe 2, sehingga penderita diabetes tipe 1 akan lebih mudah mendeteksi gejala yang muncul lebih awal. Gejala diabetes tipe 1 lebih menonjol pada gejala penurunan berat badan yang cukup drastis meskipun tidak sedang diet.

Selain itu, penderita juga lebih sering merasakan mual dan muntah yang tidak biasa, Mual dan muntah ditimbulkan karena penumpukan keton, yaitu hasil pembakaran lemak. Baca Juga: Mencegah Diabetes Melitus di Usia Muda Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2 Perbedaannya tidak begitu jauh berbeda karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama.

Perbedaan umum dari diabetes tipe 1 dan 2 meliputi:

  1. Diabetes tipe 1 ditandai dengan ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 terkadang masih mampu memproduksi insulin, tapi insulin tersebut tidak dapat bekerja dengan baik.
  2. Faktor penyebab diabetes tipe 1 jarang diketahui, sedangkan faktor penyebab diabetes tipe 2 banyak dipengaruhi berat badan,di antaranya karena etnis seseorang.
  3. Gejala diabetes tipe 1 lebih cepat muncul dibandingkan diabetes tipe 2 sehingga mudah untuk penderita diabetes tipe 1 mengenali penyakitnya.
  4. Diabetes tipe 1 dapat diobati dengan cara menyuntikkan insulin ke dalam tubuh, sedangkan diabetes tipe 2 dapat mengurangi gejala yang timbul dengan obat-obatan, olahraga dan diet, Namun jika penderita tipe 2 tidak terkontrol dan obat-obatan sudah tidak berpengaruh, maka, pasien tipe 2 pun akan mendapatkan insulin (akibat dari kurang sensitif tubuh seseorang terhadap insulin dan rusaknya sel beta pankreas)
  5. Diabetes tipe 1 diasosiasikan dengan tingginya level keton dalam tubuh, sedangkan diabetes tipe 2 diasosiasikan dengan tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik akibat adanya gangguan dalam merespons insulin (resistensi insulin)
  6. Diabetes tipe 1 banyak ditemukan pada masa anak-anak, sedangkan diabetes tipe 2 lebih banyak ditemukan pada seseorang dengan rentan usia 30 tahun ke atas.

Organ Dalam Manusia Yang Pertama Terkena Dampak Dari Penyakit Diabetes Pentingnya pemeriksaan kadar gula darah pada pasien diabetes harus dilakukan untuk mencegah risiko penyakit. Baca Juga: Kenalilah Penyakit Diabetes Sejak Dini! Beda Diabetes Tipe 1 dan 2 Beda diabetes tipe 1 dan 2 yang mungkin mudah untuk dideteksi adalah dari rentan usia penderita.

Seseorang di bawah usia 30 tahun biasanya terkena diabetes tipe 1 sedangkan seseorang di atas usia 30 tahun biasanya terkena diabetes tipe 2. Meskipun, umumnya diabetes tipe 1 dan 2 ini bisa saja menyerang berbagai usia. Faktor resiko seperti berat badan dan etnis lebih banyak berpengaruh pada timbulnya penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan diabetes tipe 1.

Beda diabetes tipe 1 dan 2 sebenarnya tidak begitu terlihat secara kasat mata sehingga akan lebih baik jika melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter. Perbedaan-perbedaan tersebut bisa jadi salah dan bisa jadi benar. Hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan diabetes tipe apa yang sedang diderita.

Baca Juga: Hari Diabetes Sedunia: Ingatkan Akses Perawatan Diabetes Ciri-ciri Diabetes Tipe 1 Ciri-ciri diabetes tipe 1 adalah ditemukan kerusakan pada organ pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin. Penyakit diabetes diklasifikasikan menurut adanya hiperglikemia sebagai bukti adanya kelainan produksi insulin, kerja insulin, atau kombinasi keduanya.

See also:  Who Diabetes Compact?

Diabetes tipe 1 adalah salah satu kategori karena sistem imun menghancurkan sel beta pankreas sel beta pankreas yang menyebabkan insulin tidak diproduksi. Pada keadaan normal, pankreas dirangsang untuk memproduksi insulin dengan meningkatkan kadar glukosa darah.

  • Pasien dengan diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin eksogen yang disuntikkan sesuai kebutuhan setiap harinya.
  • Diabetes tipe 1 sering terjadi pada usia anak-anak.
  • Diabetes tipe 1 ditandai dengan kerusakan organ pankreas dalam memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 ditandai dengan tidak bekerjanya insulin itu sendiri.

Gejala yang ditimbulkan keduanya hampir sama, seperti sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan, dan penglihatan kabur. Meskipun terlihat sama, keduanya memiliki cara pengobatan yang berbeda sehingga ada baiknya untuk meminta bantuan dokter dalam pemilihan perawatan atau pengobatan yang cocok.

  • Tipe dari Diabetes Mellitus
  • Tanda dan Gejala Awal dari Diabetes
  • Perbedaan Keduanya Tipe 1 dan 2

Mengapa diabetes menyebabkan sesak nafas?

Kadar gula darah yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit dapat memengaruhi fungsi paru-paru. Pada gilirannya, kondisi ini menyebabkan diabetesi mengalami sesak napas.

Bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan penyakit diabetes melitus dan albuminuria?

Berdasarkan data yang disebutkan di atas, diketahui bahwa: Uji yang dilakukan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata menunjukkan bahwa kandungan glukosa dalam urine terdapat >3,5%. Uji selanjutnya menggunakan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu yang menunjukkan bahwa urine mengandung protein.

  • Berdasarkan uji tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien tersebut menderita diabetes mellitus dan albuminuria,
  • Diabetes mellitus ditandai dengan adanya kandungan glukosa dalam urine >3,5%.
  • Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam urine.
  • Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialahtubulus kontortus proksimal, karena pada bagian ini seharusnya terjadi penyerapan kembali glukosa yang terjadi pada tahap reabsorpsi.

Albuminuria ditandai dengan adanya kandungan protein dalam urine. Penyakit ini terjadi akibat ginjal tidak dapat melakukan penyaringan, khususnya penyaringan protein. Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialah glomerulus, karena membran glomerulus seharusnya mampu menahan sel darah dan protein plasma.

Uji yang dilakukan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata menunjukkan bahwa kandungan glukosa dalam urine terdapat >3,5%. Uji selanjutnya menggunakan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu yang menunjukkan bahwa urine mengandung protein.

Berdasarkan uji tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien tersebut menderita diabetes mellitus dan albuminuria,

Diabetes mellitus ditandai dengan adanya kandungan glukosa dalam urine >3,5%. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam urine. Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialah tubulus kontortus proksimal, karena pada bagian ini seharusnya terjadi penyerapan kembali glukosa yang terjadi pada tahap reabsorpsi. Albuminuria ditandai dengan adanya kandungan protein dalam urine. Penyakit ini terjadi akibat ginjal tidak dapat melakukan penyaringan, khususnya penyaringan protein. Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialah glomerulus, karena membran glomerulus seharusnya mampu menahan sel darah dan protein plasma. Membran glomerulus hanya akan meloloskan air dan zat-zat terlarut yang ukurannya kecil.

Diabetes melitus adalah penyakit dimana air kencing penderita mengandung glukosa penyakit ini terjadi karena?

Apa itu diabetes? – Diabetes melitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau berkurangnya efektivitas insulin. Hal ini ditandai dengan hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa melebihi normal yang berlangsung terus- menerus.

Adblock
detector