Obat Diabetes Yang Aman Untuk Ibu Menyusui?

Obat Diabetes Yang Aman Untuk Ibu Menyusui
Liputan6.com, Jakarta Obat diabetes metformin dan glyburide ( glibenclamide ) masuk kategori B menurut klasifikasi keamanan obat US Food and Drugs Administration (FDA). Klasifikasi B FDA menyebut, keterangan studi reproduksi belum menunjukkan risiko berbahaya pada janin.

Artikel terkait: Resistensi Insulin Intai Remaja Obesitas yang Diabetes Berdasarkan laporan Department of Pharmaceutical Care Drug Use in Pregnancy & Lactation, ‘Drug Use In Pregnancy and Lactation, hasil studi reproduksi tentang obat itu menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi secara lanjut.

Tidak ada studi yang berbahaya saat obat diminum pada trimester pertama kehamilan. Pun tidak ada bukti risiko berbahaya bagi ibu dan janin pada trimester berikutnya. Sayangnya, kedua jenis obat untuk mengobati diabetes tidak dianjurkan diminum selama menyusui.

Saat ibu menyusui, ada kontraindikasi yang akan memengaruhi bayi. Hal tersebut dipengaruhi dari efek obat terhadap Air Susu Ibu (ASI) yang dikeluarkan. Sekresi obat diabetes dari ASI akan membuat kadar gula bayi menjadi makin rendah. “Obat metformin maupun glyburide tidak dapat diberikan pada saat ibu menyusui.

Ini akan terjadi kontraindikasi,” papar dokter spesialis kebidanan dan kandungan Merwin Tjahjadi dalam wawancara khusus kepada Health Liputan6.com pada Rabu, 7 November 2018 melalui surat elektronik. Artikel terkait: Cerita Pasien Diabetes Anak, Tak Malu Suntik Insulin Sendiri di Sekolah Kontraindikasi pada ibu menyusui karena sekresi obat dikeluarkan melalui ASI, yang akhirnya dapat memengaruhi bayi.

  1. Jika bayi mengalami hipoglikemia, maka akan dinormalkan kembali kadar gula darahnya.
  2. Upayanya bisa lewat pemberian ASI (tanpa si ibu minum obat diabetes), cairan gula, susu formula ataupun infus.
  3. Pada orang diabetes biasanya ada gangguan penyerapan vitamin B12.
  4. Apalagi pasien juga minum obat diabetes, seperti metformin.

Metformin itu mengganggu penyerapan vitamin B12,” tambah Wismandari usai acara “Diabetes dalam Kehamilan” di Jakarta. Artikel terkait: Diabetes Terdeteksi Jelang Persalinan, Ini Risiko pada Ibu dan Janin Adanya gangguan penyerapan karena obat diabetes tidak baik bagi bayi.

  • Ondisi itu akan mengganggu pertumbuhan janin.
  • Di sisi lain, ada penelitian memaparkan, metformin termasuk aman diberikan saat menyusui.
  • Jurnal Use of hypoglycemic drugs on lactation yang dipublikasikan US National Library of Medicine, National Institutes of Health pada 2009 mengungkapkan, penggunaan metformin selama menyusui tidak memiliki efek buruk pada bayi yang disusui.

Para peneliti menyimpulkan metformin dianggap sebagai obat lini pertama untuk pengobatan diabetes tipe 2 dan obat untuk ibu yang diabetes gestasional (diabetes yang terjadi saat kehamilan). Jumlah metformin yang sangat terbatas dalam ASI sangat tidak mungkin menyebabkan paparan negatif pada bayi yang disusui.

Metformin dapat dianggap sebagai obat yang aman untuk pengobatan diabetes tipe 2 pada ibu menyusui, Peringatan Hari Diabetes Sedunia pada 14 November 2018, jurnalis Liputan6.com menayangkan liputan khusus dengan topik “Diabetes pada Ibu Hamil.” Tulisan ini membahas, pengaruh pengobatan diabetes selama ibu menyusui,

Saksikan video menarik berikut ini: Bintang Tanya Dokter, Demian Aditya: Apakah Diabetes Penyakit Keturunan? * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

See also:  Buah Yang Dapat Mengobati Penyakit Jantung Diabetes Dan Stroke Adalah?

Apakah metformin aman untuk ibu menyusui?

Penggunaan pada Kehamilan dan Ibu Menyusui Metformin Penggunaan pada Kehamilan dan Ibu Menyusui Metformin general_alomedika 2022-09-15T09:08:31+07:00 2022-09-15T09:08:31+07:00 Penggunaan metformin pada kehamilan masuk dalam kategori B oleh FDA. Pada ibu menyusui, metformin dikeluarkan ke ASI dalam jumlah sedikit.

  1. Penggunaan pada Kehamilan Penggunaan metformin pada kehamilan masuk ke dalam Kategori B oleh FDA, artinya studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.1.
  2. National Center for Biotechnology Information.
  3. PubChem Compound Summary for CID 4091, Metformin.

https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/4091. Accessed Aug.14, 2022.8. FDA. Glucophage.2018.9. TGA: Therapeutic Goods Administration Department of Health Australian Government. The Australian categorisation system for prescribing medicines in pregnancy.2021.

Apakah ibu menyusui boleh minum obat diabetes?

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Diabetes Saat Menyusui – Pada ibu diabetes, biasanya ASI akan mengalami penundaan produksi hingga 3 hari setelah melahirkan. Hal ini tergolong normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Supaya Si Kecil tidak kekurangan ASI, Bunda disarankan untuk mengumpulkan kolostrum terlebih dahulu sebelum melahirkan dan menyimpannya di dalam lemari es.

  1. Menyusui mungkin membuat kadar gula darah Bunda turun hingga 25%, bahkan bisa turun terlalu rendah hingga menyebabkan hipoglikemia.
  2. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, Bunda disarankan untuk makan atau sekadar ngemil terlebih dahulu sebelum menyusui.
  3. Namun, pastikan untuk konsumsi makanan sehat, ya.

Bunda juga perlu memperbanyak asupan karbohidrat selama menyusui untuk menambah energi dan memproduksi ASI yang berkualitas. Jangan lupa juga perbanyak minum air putih agar Bunda terhindar dari dehidrasi, ya. Di samping itu, Bunda sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait obat diabetes yang aman untuk diminum saat menyusui.

Umumnya, semua obat diabetes boleh dikonsumsi saat menyusui. Namun, beberapa dosis obat, misalnya insulin suntik, mungkin perlu diturunkan. Meskipun memiliki diabetes, kini Bunda tidak perlu khawatir lagi untuk menyusui Si Kecil. Selain membawa manfaat bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil, menyusui juga bisa mempererat ikatan batin antara kalian berdua.

Jadi, jangan lewatkan untuk memberikan Si Kecil ASI, ya, terutama selama 6 bulan pertama kehidupannya. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan tes gula darah secara berkala guna memantau kadar gula darah Bunda. Bila Bunda masih memiliki pertanyaan terkait dengan menyusui dan diabetes, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

See also:  Proses Pembentukan Urin Yang Terganggu Pada Penderita Diabetes Melitus Adalah?

Amankah glimepiride untuk ibu menyusui?

Penggunaan pada Kehamilan dan Ibu Menyusui Glimepiride Penggunaan pada Kehamilan dan Ibu Menyusui Glimepiride general_alomedika 2021-12-29T15:24:21+07:00 2021-12-29T15:24:21+07:00 Penggunaan glimepiride pada kehamilan termasuk dalam kategori C oleh FDA.

Pada ibu menyusui, ada tidaknya ekskresi glimepiride ke dalam ASI tidak diketahui, sehingga penggunaannya tidak dianjurkan. Penggunaan pada Kehamilan Kategori C (FDA): studi pada binatang percobaan memperlihatkan efek samping terhadap janin tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.5.

Medscape. Glimepiride (Rx).2021. https://reference.medscape.com/drug/amaryl-glimepiride-342707 10.U.S. Food and Drug Administration. Amaryl (Glimepiride tablets).2009. https://www.accessdata.fda.gov/drugsatfda_docs/label/2009/020496s021lbl.pdf 11.U.S. Food and Drug Administration.

Obat antidiabetes apa yang dapat digunakan pada ibu hamil?

Metformin dapat digunakan sebagai penanganan farmakologis untuk diabetes dalam kehamilan, tetapi jika gula darah tidak dapat terkontrol, pilihan terbaik adalah penggunaan insulin. Pemberian aspirin dosis rendah juga direkomendasikan bagi ibu hamil dengan diabetes untuk mengurangi risiko preeklampsia.

Apakah insulin mempengaruhi ASI?

Tingkat insulin pengaruhi produksi ASI | merdeka.com Merdeka.com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa produksi dipengaruhi oleh produksi insulin pada wanita. Hal ini kemungkinan bisa menjelaskan mengapa beberapa wanita mengalami kesulitan memproduksi ASI untuk menyusui mereka.

  • Peneliti menjelaskan bahwa kelenjar yang memproduksi ASI menjadi sangat sensitif terhadap insulin selama masa menyusui.
  • Selain itu, terdapat gen khusus yang secara langsung menjadi aktif selama masa menyusui.
  • Penelitian ini menunjukkan bagaimana reseptor insulin secara otomatis aktif dan mempengaruhi produksi ASI pada ibu,” ungkap penulis penelitian Laurie Nommsen-Rivers dari CIncinnati Children’s Hospital Medical Center, seperti dilansir oleh US News (05/07).

Pada penelitian sebelumnya, Nommsen-Rovers menemukan bahwa ibu dengan karakter yang berkaitan dengan buruknya metabolisme glukosa, seperti kelebihan atau memiliki yang besar cenderung susah memproduksi ASI. Hal ini menunjukkan bahwa insulin merupakan faktor yang mempengaruhi produksi ASI.

  • Mengingat bahwa 20 persen wanita berusia 20 – 44 memiliki gejala prediabetes, sangat wajar jika sekitar 20 persen ibu baru mengalami kesulitan memproduksi ASI untuk anak mereka,” jelas Nommsen-Rivers.
  • Selanjutnya, Nommsen-Rivers dan koleganya akan melakukan penelitian untuk menentukan apakah obat yang digunakan untuk mengontrol gula darah pada pasien diabets tipe-2 bisa digunakan untuk membantu ibu memproduksi ASI.

Meski begitu, menurut Nommsen-Rivers, cara terbaik adalah pencegahan dengan meminta ibu melakukan dan olahraga. : Tingkat insulin pengaruhi produksi ASI | merdeka.com

Apakah metformin aman bagi ibu hamil?

Amankah metformin untuk ibu hamil dan menyusui? – Obat metformin aman dikonsumsi ibu hamil, baik untuk mengobati diabetes tipe 2 maupun PCOS. Memang benar obat ini dapat tembus plasenta, namun tidak menimbulkan komplikasi atau cacat lahir. Itu sebabnya jika seorang perempuan telah mengonsumsi obat metformin sejak sebelum mengandung, dokter spesialis kandungan akan merekomendasikan untuk melanjutkan konsumsinya.

See also:  What Is Pregnancy Diabetes?

Namun, tetap ada pertimbangan lain berbagai faktor seperti kondisi kesehatan, riwayat kelebihan berat badan, kehamilan sebelumnya, dan faktor lainnya. Tak hanya itu, dokter juga akan merekomendasikan obat metformin untuk ibu hamil apabila ada risiko diabetes gestasional saat hamil, Beberapa pertimbangannya adalah jika pernah mengalami diabetes gestasional di kehamilan sebelumnya, kelebihan berat badan, atau pre-diabetes.

Tergantung hasil pemeriksaan lab saat ini, obat metformin dapat menurunkan risiko itu. Tak hanya aman dikonsumsi ibu hamil, obat metformin juga aman dikonsumsi ibu menyusui. Memang ada sisa substansi obat yang terdeteksi di ASI, namun tidak akan membahayakan atau berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan bayi.

Apa efek samping minum obat metformin?

Efek Samping Jangka Pendek dari Metformin – Pada umumnya, seseorang yang mengonsumsi metformin dapat mentoleransi obat tersebut dengan baik. Walau begitu, sekitar 30% orang dapat mengalami efek samping berupa gastrointestinal, seperti diare, mual, hingga muntah.

Hidung mengalami pilek. Gula darah yang rendah. Mengeluarkan keringat berlebih. Merasakan ketidaknyamanan pada dada. Rasa sakit di kepala. Tubuh yang terasa lemah dan lelah.

Metformin juga dapat menimbulkan efek samping serius berupa asidosis laktat, meski terbilang jarang terjadi. Gangguan tersebut adalah penumpukan asam laktat yang berbahaya di dalam darah. Kelainan ini mampu menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung yang lebih cepat, hingga kematian.

Metformin 500 mg amankah untuk ibu hamil?

Amankah metformin untuk ibu hamil dan menyusui? – Obat metformin aman dikonsumsi ibu hamil, baik untuk mengobati diabetes tipe 2 maupun PCOS. Memang benar obat ini dapat tembus plasenta, namun tidak menimbulkan komplikasi atau cacat lahir. Itu sebabnya jika seorang perempuan telah mengonsumsi obat metformin sejak sebelum mengandung, dokter spesialis kandungan akan merekomendasikan untuk melanjutkan konsumsinya.

Namun, tetap ada pertimbangan lain berbagai faktor seperti kondisi kesehatan, riwayat kelebihan berat badan, kehamilan sebelumnya, dan faktor lainnya. Tak hanya itu, dokter juga akan merekomendasikan obat metformin untuk ibu hamil apabila ada risiko diabetes gestasional saat hamil, Beberapa pertimbangannya adalah jika pernah mengalami diabetes gestasional di kehamilan sebelumnya, kelebihan berat badan, atau pre-diabetes.

Bagaimana Solusi Terbaik Untuk Ibu Hamil yang Menderita Diabetes?

Tergantung hasil pemeriksaan lab saat ini, obat metformin dapat menurunkan risiko itu. Tak hanya aman dikonsumsi ibu hamil, obat metformin juga aman dikonsumsi ibu menyusui. Memang ada sisa substansi obat yang terdeteksi di ASI, namun tidak akan membahayakan atau berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan bayi.

Adblock
detector