Mengapa Penderita Diabetes Sangat Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi Kentang Sebagai Pengganti Nasi?

Mengapa Penderita Diabetes Sangat Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi Kentang Sebagai Pengganti Nasi
Baca Juga: Makanan Penyebab Batu Empedu – Karbohidrat dalam makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Namun, besarannya tergantung dengan bagaimana makanan itu diolah, misalnya gula dalam jus buah akan lebih besar jumlahnya daripada buah utuh.

  1. Jadi, lebih baik jika sowbat memilih jenis makanan yang minim pengolahan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau biji-bijian utuh sebagai menu makanan camilan untuk pasien diabetes,
  2. Selain lebih aman dalam kandungan gula, makanan ini juga rendah lemak sehingga cocok digunakan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Terdapat metode lainnya untuk penderita diabetes agar mendapatkan pola makan yang tepat. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat dalam cdc.gov mengungkapkan jika penderita diabetes dapat menggunakan metode piring makan sehat. Mulailah dengan menyiapkan piring makan yang diameternya kurang lebih sebesar amplop panjang.

Mengapa kentang dapat digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi?

Makanan pengganti nasi wajib untuk diketahui untuk para penderita diabetes. Seperti yang diketahui, nasi mengandung glukosa yang tinggi dan berbahaya bagi para penderita diabetes. Sebuah penelitian British Medical Journal, menemukan bahwa orang yang menyantap nasi putih bisa meninngkatkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.

  • Dr.M. Ikhsan Mokoagow, MMedSci, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi, Metabolik, dan Diabetes, RS Pondok Indah – Puri Indah, terdapat pantangan makanan bagi penderita diabetes.
  • Arbohidrat sebagai sumber kalori dalam makanan perlu diperhatikan oleh penyandang DM agar tidak berlebihan baik dalam bentuk nasi, kentang mi, bihun, singkong, gandum, ataupun roti.” ucap dr.M.

Ikhsan. Makanan pengganti nasi juga sangat diperlukan untuk Moms atau orang-orang yang sedang memiliki rencana diet atau menurunkan berat badan. Salah satu makanan yang sudah kita ketahui bisa menjadi pengganti nasi adalah kentang, Kandungan karbohidrat kentang jauh lebih kecil dibandingkan nasi.

Mengapa kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi?

perbedaan kentang dan nasi untuk diet – guesehat.com Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang wajib disantap untuk mengisi perut setiap hari. Jika belum makan nasi, rasanya seperti belum makan dan perut belum terasa kenyang. Padahal, sebenarnya banyak alternatif makanan lain yang kaya akan karbohidrat, salah satunya adalah kentang.

  • Meski nasi dan kentang memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, tidak jarang sebagian orang berasumsi bahwa kentang lebih baik dan lebih sehat daripada nasi.
  • Benarkah demikian? Yuk, coba kita cek perbandingan nutrisi dari kedua makanan tersebut! Lemak dan Protein Baik kentang maupun nasi sama-sama memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu kurang dari 1 gram per sajian.
See also:  How Is Type 1 Diabetes Treated?

Karena itu, kedua makanan ini sebenarnya baik untuk kalian yang sedang membatasi asupan lemak. Satu cup nasi putih mengandung sekitar 242 kalori, nasi merah 216 kalori, dan kentang panggang ( baked potato ) mengandung 230 kalori. Tetapi, nasi lebih unggul dalam hal kandungan proteinnya, yaitu sekitar 4,5-5 gram per cup, dibandingkan dengan kentang yang hanya mengandung 3 gram protein.

  • Serat Kulit kentang berperan untuk menjaga nutrisi dan menambah jumlah serat, ungkap Washington State Potato Commission.
  • Entang tanpa kulit mengandung 2,3 gram serat, dan akan meningkat menjadi 3 gram apabila dimakan bersama kulitnya.
  • Sedangkan nasi putih hanya mengandung 0,6 gram dan nasi merah 3,5 gram serat per cup-nya.

Vitamin Kentang memiliki jumlah kandungan vitamin B6 yang lebih tinggi, yaitu hingga setengah dari kebutuhan harian B6. Di sisi lain, nasi hanya memenuhi sepertiga kebutuhan vitamin B6 Kamu. Kentang juga memberikan 45% kebutuhan vitamin C harian dan sedikit kandungan tiamin, riboflavin, dan folat.

  • Nasi lebih unggul dengan memiliki 10% kandungan niasin, sedikit riboflavindan tiamin, serta 180 mikrogram folat.
  • Mineral Karena tumbuh di dalam tanah, kentang memiliki kandungan mineral yang lebih unggul daripada nasi.
  • Entang mengandung 5 kali jumlah kalsium, 2 kali jumlah fosfor, dan 14 kali jumlah kalium yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih.

Untuk zat besi, kandungan dalam nasi masih lebih tinggi, yaitu hingga 3 kali lebih tinggi dibandingkan kentang panggang. Keduanya memiliki kandungan zinc dan magnesium yang hampir sama per sajiannya. Indeks Glikemik Indeks glikemik merupakan ukuran untuk mengetahui apakah suatu makanan berpotensi meningkatkan kandungan gula darah dalam tumbuh.

  1. Semakin rendah indeks glikemiknya, maka semakin baik pula makanan tersebut bagi tubuh.
  2. Andungan indeks glikemik dalam kentang dan nasi bervariasi, ditentukan oleh jumlah dan jenis nasi ataupun kentang yang Kamu makan.
  3. Tetapi menurut Harvard University Medical Center, kentang putih berukuran sedang memiliki nilai indeks glikemik 50, lalu diikuti nasi merah dan nasi putih dengan masing-masing 55 dan 64 poin indeks glikemik.
See also:  Beras Yang Bagus Untuk Penderita Diabetes?

Jenis kentang russet memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi, yaitu mencapai angka 85. Karbohidrat Kentang dan nasi sama-sama terkenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Tetapi, kentang seringkali dinilai lebih sehat karena kandungan karbohidratnya lebih sedikit.

  1. Asumsi tersebut ternyata benar, lho.
  2. Faktanya, 100 gram kentang russet dengan kulitnya mengandung 21,4 gram karbohidrat dan kentang berkulit merah (red skin potato) hanya mengandung 19,6 gram karbohidrat.
  3. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan karbohidrat dalam nasi putih (per 100 gram), yang mencapai 28,6 gram, dan nasi merah sebanyak 23,5 gram.

: perbedaan kentang dan nasi untuk diet – guesehat.com

Kenapa tidak boleh makan nasi dengan kentang?

Anda boleh makan nasi dengan kentang, tapi perhatikan hal ini – Mengapa Penderita Diabetes Sangat Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi Kentang Sebagai Pengganti Nasi Makanan yang sehat tidak hanya ditentukan dari jenisnya, tapi juga porsinya. Ketika makan, pastikan Anda mengonsumsi makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah yang bervariasi dengan porsi yang sesuai. Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk mengisi piring makan Anda dengan 150 gram karbohidrat, 150 gram sayuran, 150 gram buah, serta 125 gram sumber protein.

Bulir utuh dan produknya, seperti oat, roti gandum, quinoa, dan soba Umbi-umbian seperti ubi jalar dan akar bit Sayuran utuh Kacang dan biji-bijian

Makan nasi dengan kentang membantu mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda, tapi sebaiknya jangan mengonsumsi keduanya secara bersamaan. Cukup jadikan kentang sebagai makanan pengganti ketika Anda sedang tidak ingin mengonsumsi nasi.

Apa manfaat jika kita mengkonsumsi kentang?

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung – Mengapa Penderita Diabetes Sangat Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi Kentang Sebagai Pengganti Nasi Foto: Manfaat kentang – kesehatan jantung – 3.jpg (Shutterstock.com) Foto: Orami Photo Stock Manfaat kentang yang kaya antioksidan ternyata juga berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Selain itu, kentang juga mengandung serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 yang akan memaksimal fungsinya untuk menjaga kesehatan jantung.

See also:  Kopi Yang Baik Untuk Penderita Diabetes?

Entang kaya akan serat, yang akan membantu menurunkan jumlah total kolesterol. Asupan kalium yang lebih tinggi dan asupan natrium yang lebih rendah dapat berguna untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, Kalium dapat digunakan untuk melakukan sinyal listrik di jantung untuk mengontrol detak jantung yang tidak teratur.

Moms dapat mengonsumsi kentang rebus tanpa membuang kulitnya. Sebab, ternyata kulit kentang juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Kulit kentang memiliki kandungan mineral, seperti kalsium dan magnesium. Kalsium membantu fungsi otot, yang diperlukan untuk melemaskan dinding pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Apakah penderita diabetes boleh makan kuning telur?

KOMPAS.com – Penderita diabetes wajib mengatur pola makan. Lantas, pernahkah Anda bertanya-tanya apakah orang yang mengidap diabetes boleh mengonsumsi telur ? Kini Anda tak perlu khawatir karena menurut American Diabetes Association, telur adalah pilihan makanan yang tepat bagi penderita diabetes.

Adblock
detector