Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes?

Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes
Selamat Datang di Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun Hasanah Assalamu’alikum wr. wb. Dokter, dulu saya madumania, tapi setelah tahu kalau gula darah saya tinggi, saya berhenti total minum madu. Karena banyak yang mengatakan gula darah saya tinggi karena kebanyakan minum madu. Apakah penderita diabetes melitus tidak boleh mengkonsumsi madu? Mohon penjelasan dokter, terima kasih. Jawaban Dokter Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Diabetes Mellitus (DM) atau kencing manis terjadi karena adanya gangguan pada pankreas yang menghasilkan insulin. Padahal insulin dibutuhkan untuk memasukkan glukosa darah ke dalam sel. Dengan keadaan ini maka kadar glukosa darah orang diabetes sangat tinggi.

Madu sebagai minuman yang sangat berfaedah bagi kesehatan akhir-akhir ini sudah popular di masyarakat. Sebagai bagian dari Thibbun Nabawi (pengobatan ala Nabi Saw), minuman yang dituntunkan oleh Rasulullah Saw ini sungguh istimewa dan berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Apakah madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes? Tidakkah madu yang rasanya “manis” justru akan meningkatkan kadar gula darah? Dalam The Journal of Medical Food tahun 2004, Waili NS melaporkan penelitian tentang efek madu terhadap glukosa plasma, Creactive protein (CRP), dan lipid darah pada orang yang sehat, pasien diabetes, dan orang yang kelebihan lipid.

Dalam penelitian ini menunjukkan, pertama pada orang sehat, ternyata gula biasa (dekstrose) meningkatkan kadar glukosa plasma 52% pada satu jam pertama dan 3% pada dua jam, sedangkan madu asli meningkatkan kadar glukosa plasma 14% pada satu jam pertama dan 10% pada dua jam.

Jadi dapat disimpulkan bahwa madu hanya meningkatkan sedikit kadar gula darah dibandingkan gula lainnya. Kedua, gula biasa dan madu buatan juga meningkatkan kadar trigliserida, sedangkan madu asli menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ketiga, madu yang dikonsumsi selama 25 hari ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik(HDL).

Pada pasien diabetes, madu asli dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan CRP. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis karena selain lebih baik metabolismenya, juga dapat meningkatkan kadar insulin dibandingkan sukrosa. Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa madu asli dapat mengurangi kadar glukosa darah dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes sehingga menggantikan pemanis dengan madu mentah (raw honey) memberikan banyak keuntungan.

  • Di New Zealand, telah dipasarkan sebuah produk kombinasi pollen dan propolis alamiah yang diklaim para penelitinya dapat mengontrol kadar gula darah dan lemak.
  • Selain itu, dikatakan pula obat ini dapat melenturkan pembuluh darah, memperbaiki sirkulasi hingga mencegah komplikasi diabetes.
  • Peneliti yang sama juga berhasil membuktikan efek propolis dalam mengobati diabetes mellitus sama baiknya dengan terapi tradisional lain, tetapi lebih cepat dalam menurunkan kadar gula darah.

Juga, propolis memberi efek yang baik pada pasien diabetes dengan gangguan radang gusi dan jamur di mulut. Madu kaya dengan peptide dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan proses enzimatik agar dapat dibakar sebagai energi. Ini membuat madu menjadi sejenis gula yang “lambat dibakar” atau memiliki indeks glikemik rendah hingga tidak memberatkan kerja insulin.

Apakah madu bisa untuk penyakit gula?

Madu dan Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes – Selama ini, madu dikenal memiliki banyak manfaat dan bisa mengatasi gangguan kesehatan yang muncul. Satu sendok madu asli sering dikonsumsi untuk meredakan batuk, alergi, diare, hingga asma. Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan.

Madu sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk meredakan gatal dan menyembuhkan luka. Namun, tahukah kamu, jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, madu juga baik untuk pengidap penyakit diabetes? Rutin mengonsumsi madu asli disebut bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap penyakit ini.

Selain itu, konsumsi madu juga disebut bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar kolesterol serta berat badan tetap seimbang. Sayangnya, hingga kini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat madu bagi pengidap penyakit diabetes. Penelitian juga masih dibutuhkan untuk mencari tahu jenis madu apa yang paling bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes.

Selain madu, ada beberapa jenis makanan lain yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Baca juga: Diabetes Tipe 2: Inilah 4 Camilan yang Mesti Dihindari Pengidapnya Orang yang memiliki gangguan dengan kadar gula darah alias diabetes sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Sebab, salah mengonsumsi makanan malah bisa memicu lonjakan kadar gula darah dan menyebabkan munculnya beragam gejala penyakit. Pengidap diabetes disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi pengidap diabetes, di antaranya: 1.Karbohidrat Kompleks Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes adalah makanan yang terbuat dari karbohidrat kompleks atau biji-bijian.

Jenis makanan yang masuk dalam kelompok ini adalah nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti, dan sereal dari biji-bijian utuh.2.Daging Tanpa Lemak Pengidap diabetes boleh mengonsumsi daging, tapi sebaiknya pilih jenis daging tanpa lemak. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi ayam tanpa kulit. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jenis makanan ini.3.Buah dan Sayur Pengidap diabetes juga disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Konsumsi sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah.4.Produk Susu Pengidap diabetes juga bisa mengonsumsi susu atau produk susu rendah lemak, seperti yoghurt dan telur. Rutin mengonsumsi yoghurt rendah lemak dan tanpa tambahan gula disebut baik untuk diabetes.5.Ikan Pengidap diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden, dan makarel.

Namun, sebaiknya hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, misalnya ikan tongkol. Baca juga: Madu Bisa Redakan Gejala Asam Lambung, Benarkah? Mengatur pola makan nyatanya bisa menjadi salah satu cara mencegah gejala diabetes kambuh. Kamu bisa membicarakan seputar rencana diet atau daftar makanan yang dikonsumsi dengan bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc,

Yuk, hubungi dokter melalui Chat atau Video / Voice Call jadi download sekarang di App Store dan Google Play, ya. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan kebutuhan medis secara rutin, kamu bisa menggunakan Halodoc Langganan ! Beli berbagai macam kebutuhan seperti obat jantung, obat diabetes, obat asma hanya perlu satu kali pesan dan dapat dikirim secara berkala mingguan atau bulanan sesuai keinginan kamu, lho! Informasi lebih lengkap cek di sini, ya!

See also:  Pengalaman Orang Yang Sembuh Dari Diabetes?

Apakah minum madu setiap hari bisa menyebabkan diabetes?

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah – Walaupun madu bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari gula, madu tetap mengandung gula. Studi menyatakan bahwa penderita diabetes harus mengonsumsi madu dengan hati-hati. Asupan madu dalam jangka panjang dapat meningkatkan kadar hemoglobin A1C (hemoglobin yang terikat pada glukosa) dalam darah.

Kenapa madu Lebih Sehat dari gula?

Beberapa orang percaya bahwa madu lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi ketimbang gula. Hal ini disebabkan karena madu mempunyai kandungan gizi lain selain fruktosa dan glukosa, yaitu: Mineral, seperti magnesium dan kalum. Antioksidan.

Mengapa madu sangat baik untuk pemanis?

Madu – Lebah menggunakan nektar yang mereka kumpulkan dari bunga untuk membuat madu. Zat kental ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk cair dan warnanya bervariasi dari kuning pucat hingga coklat tua. Madu terdiri dari air dan dua jenis gula, yakni fruktosa dan glukosa. Selain itu, madu juga mengandung:

Enzim Asam amino Vitamin B Vitamin C Mineral Antioksidan

Banyak antioksidan yang ditemukan dalam madu diklasifikasikan sebagai flavonoid. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi, yang mungkin memberikan beberapa manfaat kesehatan. Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes shutterstock Ilustrasi madu mentah Komposisi nutrisi madu yang tepat bervariasi berdasarkan asalnya. Ada lebih dari 300 jenis madu, termasuk:

Alfalfa bunga liar tupelo bunga emas kayu putih

Setiap jenis madu memiliki warna dan rasa yang berbeda. Misalnya, madu soba adalah madu gelap yang terkenal karena rasanya yang malt. Madu Fireweed adalah varietas ringan yang warnanya hampir tembus cahaya dan memiliki rasa seperti teh. Apa pun jenis yang Anda sukai, madu apa pun dapat meningkatkan kadar gula darah.

  1. Apa manfaat madu ? Madu lebih tinggi fruktosa daripada glukosa.
  2. Fruktosa lebih manis daripada glukosa.
  3. Jadi meski Anda hanya menggunakan sedikit madu, rasa manisnya tetap ada.
  4. Jumlah jejak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam madu mungkin juga memiliki manfaat kesehatan tambahan.
  5. Madu mentah yang tidak dipasteurisasi mengandung sejumlah kecil serbuk sari lokal, yang dapat membantu menghilangkan kepekaan reaksi alergi.

Madu juga memberikan manfaat kesehatan lain seperti:

Membantu membunuh kuman karena memiliki sifat antimikroba. Saat digunakan sebagai salep dalam bentuk gel, ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar ringan. Membantu meringankan batuk dan sakit tenggorokan.

Secara keseluruhan, madu mengalami lebih sedikit pemrosesan daripada gula. Apa dampak negatif madu? Sekitar 22 kalori per sendok teh, madu mengandung kalori tinggi. Ini karena sebagian besar madu terdiri dari gula. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes SHUTTERSTOCK/VIKTORIA GAVRILINA Ilustrasi gula di dalam stoples.

Berapa sendok madu dalam sehari?

4. Minum madu secukupnya – Ilustrasi. Cara minum madu yang benar, minum secukupnya (Foto: iStockphoto/Zdenka_Simekova) Madu juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Lantas berapa banyak sebaiknya madu diminum dalam sehari? Aturan minum madu dalam satu hari adalah satu sendok teh sekali minum.

Apa efek terlalu banyak minum madu?

1. Menimbulkan Masalah Pencernaan – Salah satu efek samping dari mengkonsumsi madu terlalu banyak adalah masalah di pencernaan. Hal ini karena kandungan fruktosa di dalam madu dapat mempengaruhi kemampuan usus dalam menyerap nutrisi, sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan kram perut.

Apa ciri ciri madu asli?

Cara Jitu Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Selasa, 02 Agustus 2022 11:10 WIB 30447 Instalasi Promosi Kesehatan – RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Madu menjadi salah satu yang banyak diburu untuk dibeli di masa pandemi seperti saat ini. Seperti yag kita ketahui, madu banyak mengandung zat antibakteri yang mampu membantu tubuh menangkal berbagai penyakit.

Selain itu, madu juga dipercaya mampu menbantu meningkatkan imun tubuh. Sayangnya, permintaan yang banyak kadang membuat beberapa oknum bermain kotor dengan membuat madu oplosan atau bahkan madu palsu. Sebelum membeli madu, kita perlu paham apa saja ciri-ciri madu asli. Pengetahuan ini agar tidak terkecoh membeli madu palsu.

Bukannya mendatangkan khasiat, justru madu palsu dapat menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan tubuh. Agar tidak tertipu, berikut cara membedakan madu asli dan palsu: 1. Tes air Cara membedakan madu asli dan palsu adalah dengan tes menggunakan air.

  1. Caranya, aambil satu sendok teh madu dan masukkan ke dalam segelas penuh air.
  2. Madu palsu akan larut dalam air sedangkan madu murni yang memiliki tekstur lebih padat akan mengendap tepat di dasar gelas sebagai gumpalan.2.
  3. Menggunakan tisu Cara mengetahui madu asli dengan tisu yakni dengan meletakkan madu di atas tisu.

Jika madu dicampur dengan air maka madu akan terserap oleh tisu dan membuat tisu menjadi basah. Namun, jika madu asli tanpa campuran maka tidak akan terserap oleh tisu dan tidak membuatnya basah. Sama halnya jika membedakan madu palsu dengan madu asli menggunakan kain putih, maka jika madu asli tidak akan terserap atau meninggalkan noda.3.

Tes Menggunakan api Madu murni mudah terbakar. Sehingga, cara membedakan madu asli dan palsu yakni dengan celupkan batang korek api ke dalam madu lalu nyalakan. Jika menyala, maka madu Anda asli atau murni. Namun, jika korek api tidak menyala, maka madu Anda palsu atau memiliki banyak campuran.4. Menyimpan di feezer Cara membedakan madu asli dan palsu berikutnya, yaitu membekukan madu.

Untuk membuktikan madu itu asli atau campuran, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer, Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, bisa dikatakan madu tersebut asli. Madu tersebut dikatakan palsu atau telah ada campurannya jika membeku.

  1. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih madu yang tidak membeku selama di dalam freezer,5.
  2. Menggunakan ibu jari Letakkan sedikit madu di ibu jari lalu lihat apakah madu menetes atau menyebar.
  3. Jika iya, maka itu kemungkinan madu palsu karena madu asli atau madu murni akan menempel di permukaan yang dioleskan dan tidak menetes.
See also:  How To Lower Blood Sugar Levels Type 2 Diabetes?

Selain itu, rasa madu yang tidak murni dapat bertahan lama karena adanya tambahan gula.6. Tes menggunakan cuka Campurkan satu sendok makan madu, sedikit air, dan 2-3 tetes sari cuka. Jika campuran ini berbusa, ada kemungkinan besar madu tersebut sudah dipalsukan.

Referensi :

https://bolastylo.bolasport.com/read/172785704/jangan-asal-beli-ini-5-cara-membedakan-madu-asli-atau-palsu?page=all : Cara Jitu Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Apakah madu tinggi karbohidrat?

Dalam 100 gram madu terdapat beragam nutrisi, termasuk: Protein: 0,3 gram. Karbohidrat : 79,5 gram.

Apakah madu TJ mengandung pemanis buatan?

Apakah Madu TJ ada campuran gula? Jawaban: tentu saja Madu TJ 100% madu asli tanpa campuran gula tambahan. Tapi perlu diketahui bahwa di dalam madu sudah mengandung gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa.

Apa khasiat dari madu?

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Sabtu, 23 Juli 2022 07:29 WIB 10920 Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang Lebah madu adalah serangga sosial kaya manfaat. Semua yang dihasilkan oleh lebah madu dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Secara umum, madu itu memiliki pengertian yaitu sebuah cairan yang kental dan berwarna kuning pucat atau kuning keemasan, yang memiliki rasa dan bau yang khas yang dihasilkan oleh lebah madu atau sejenis serangga yang disebut dengan tawon.

Madu alami pada umumnya terbuat dari nectar yang didalamnya terdapat cairan manis yang terdapat dalam mahkota bunga yang dapat diserap oleh lebah atau tawon, yang kemudian dikumpulkan dan disimpan didalam sarangnya untuk di olah menjadi bahan persediaan makanan utama bagi mereka. Lebah mengubah sakarida menjadi madu dengan proses mengunyah berkali-kali sampai setengah tercerna.

Tapi proses ini tidak berlangsung sekaligus, setelah dikunyah sakarida masih dalam bentuk cair dan masih banyak mengandung air, maka proses berikutnya adalah penguapan sebanyak mungkin dan transformasi dengan enzim. Hal ini dilakukan lebah sebagai cadagan ketika pada musim dingin atau saat makanan langka.

Menurut penelitian para ahli, madu memiliki berbagai kandungan banyak mineral dan mengandng tujuh vitamin B kompleks dan didalammya terdapat kandungan vitamin C. Madu sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak orang yang mengetahui khasiatnya. Madu mengandung gula dan nilai gizi yang tinggi. Selain gula, komponen lainnya juga terkandung di dalam madu.

Seperti, mineral, polifenol, vitamin, asam amino, karotenoid, enzim, asam organik, dan senyawa yang mudah menguap. Madu memang mempunyai peranan utama bagi kehidupan manusia, dan semua itu tak lepas dari banyaknya unsur positif yang dikandung oleh madu, diantaranya yaitu :

Nilai kalori, dalam hal ni kebanyakan masyarakat Indonesia meyakini bahwa madu adalah cairan alami yang enak dan manis, namun ada pula yang beranggapan bahwa madu adalah makanan istimewa utuk kebugaran tubuh dan kemampuan seksual. Karena setiap 1.000gr madu mengandung 3.280 kalori, nilaikalori pada 1 kgg madu sama dengan 50 butir telur atau setara dengan 5,575 liter susu atau 1,680 kg daging. Karena didalam madu terdapat kandungan gizi utama yang berbentuk aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa, sukrosa, dan dekstrin karbohidrat. Itulah yang menjadikan madu sangat berkhasiat untuk kesehatan manusia.Kandungan Nutrisi, madu memiliki kandungan vitamin, asam, mineral dan enzim yang berguna bagi tubuh manusia. Semua kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, antibodi, dan penghambat pertumbuhan sel kanker (tumor). Oleh karena itulah madu sering digunakan sebagai pengobatan alternatif.Madu juga mengandung asam organic yang terdiri dari asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam tartarat yang bermanfaat bagi metabolism tubuh manusia. Bahkan asam laktat mengandung zat laktobasilin yaitu zat penghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Sedangkan asam amino bebas dalam madu mampu membantu menyembuhkan penyakit, dan bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak. Akan tetapi madu juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin c, katalase dan pinoembrin.Kandungan Mineral, kandungan dalam madu alam tergantung dari asal sari bunga yang dihisap oleh lebah. Jika bunga yang ditanam banyak mengandung mineral (zat besi, tembaga, dan mangan), maka madu yang dihasilkanpun berwarna gelap. Sedangka zat besi erat hubungannya dengan pewarnaan darah (hemoglobin).Komponen kimia, seorang ilmuan dari Ilinois University di Urbana, AS, pernah menulis dalam Journal of Apicultural Research bahwa khasiat setiap madu bisa saja berbeda, namun semuanya mengandung antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta serta bisameningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (aksidasi stress).

Prof. Dr.H. Muhilal, pakar gizi dari pusat penelitian dan pengembangan gizi Bogor, Jawa Barat, mengatakan bahwa madu mengandung asam organik yang terdiri dari asam amino untuk pembuatan protein tubuh (asam amino non esensial) dan asam amino esensial (lysine, histadin, dan triptofan).

Asam ammonia: Pembentuk proteinAsam lemak: Mebantu penyerapan sebagian vitamin ada saluran lambungKalsium dan fosfor: Membantu pembentukan dan penguatan tulang dan gigiPotassium, sodium, dan kalsium: Membantu dalam mengatur gerakan sarap dan OtotZat besi : Berperan dalam pembentukan hemoglobin darahEnzim amylase : Merombak pati menjadi glukosaEnzim lilozim : Memecah dinding bakteri

Referensi: M. Sakri, Faizal, (2012). Madu dan khasiatnya, suplemen sehat tanpa efek samping. Diandra Pustaka Indonesia, h.9-11, Yogyakarta. Sahly, salim, (1992). Petunjuk pengobatan dengan resep-resep asli : panduan ilmu kedokteran dan hasil riset bahan obat dari tumbuh-tumbuhan berkhasiat untuk berbagai penyakit.

  1. CV. ANEKA. Cet.IV.
  2. Hlm.129, Solo.
  3. Astuti, Y., Qomariah, N., & Meida, N.S. (2004).
  4. Pengaruh madu terhadap ketahanan jasmani.
  5. Mutiara Medika.
  6. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mm/article/view/1752 Kamilah, M.F. (2019).
  7. Analisis edukasi penggunaan madu sebagai obat komplementer pada pharyngitis.
See also:  Where Diabetes Come From?

https://doi.org/10.31227/osf.io/7mj92 : Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Bolehkah minum madu pagi hari saat perut kosong?

8 MANFAAT JIKA MINUM AIR MADU HANGAT TIAP PAGI Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes Mengapa Madu Dapat Mencegah Diabetes Madu adalah salah satu super food yang tak bisa diabaikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya menjadi sumber makanan manis alami, madu juga jadi obat yang bersifat antibakteri, antivirus dan membantu kesembuhan tubuh. Dan jika rajin minum air madu hangat di pagi hari, tak diragukan lagi ada beberapa manfaat, yakni ;

Membersihkan lendir atau cairan di saluran pernapasan, terutama paru-paru (sangat baik untuk penderita pilek dan batuk) Mencegah parasit dan membersihkan racun, bahkan mencegah pendarahan di saluran pencernaan. Meringankan pernapasan di area bronkitis, sangat baik untuk penderita pilek. Membuatmu agak gemuk, tapi tidak ada hubungannya dengan bertambahnya lemak tubuh. Ini hanya proses madu membersihkan tubuh. Setelah beberapa saat, tubuhmu akan mengecil lagi. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena bersifat antibakteri, antivirus dan antijamur. Membantu mengeluarkan racun tubuh, terutama di bagian sistem pencernaan seperti lambung, usus dan lainnya. Membantu menyerap kelebihan air dan sangat baik memperbaiki fungsi ginjal bagi orangtua yang sering buang air kecil di tengah malam. Membuat kulit makin cantik, bersih, lembab, kencang dan tampak awet muda.

Cukup campurkan 1 sdm madu asli dengan satu cangkir air hangat. Minum air madu hangat lebih baik diminum pagi hari saat bangun tidur dan dalam keadaan perut kosong untuk membantu membersihkan saluran pencernaan, menghangatkan tubuh, dan memberi energi awal tubuh untuk beraktivitas. : 8 MANFAAT JIKA MINUM AIR MADU HANGAT TIAP PAGI

Setelah minum madu tidak boleh makan apa?

GridHEALTH.id – Sudah menjadi rahasia umum jika madu merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika madu banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagai obat rumahan untuk mengatasi berbagai keluhan. Dikutip dari laman eufic.org (14/1/2020), madu telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional ribuan tahun lalu. Manfaat madu sangat beragam. Hal ini dikarenakan madu memiliki zat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Kandungan kelembaban yang rendah, hidrogen peroksida dan keasaman madu (pH rata-rata 3,9) tidak ramah terhadap bakteri dan memberikan madu sifat antibakterinya. Dalam hal pengobatan, selain dikonsumsi secara langsung banyak orang juga mengonsumsi madu dengam mencampurnya dengan berbagai minuman Tidak ada salahnya memang, tapi minum madu ternyata tidak boleh sembarangan. Misalnya saja, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan setelah minum madu. Baca Juga: Immunomodulator Herbal Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19 Sebab jika kita melakukannya, madu yang dikonsumsi justru berpotensi merugikan kesehatan. Dilansir dari kompas.com (12/4/2022), jangan lakukan 3 hal ini setelah minum madu karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.1. Jangan langsung tidur setelah minum madu Beberapa orang memiliki kebiasaan meminum sesendok madu sebelum tidur untuk menjaga kesehatan. Padahal, madu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam satu sendok makan madu setidaknya terkandung 64 kalori, sementara gula hanya mengandung 49 kalori per sendok makannya. Ganti kebiasaan minum madu ini menjadi di pagi hari sebelum beraktivitas agar kalori tinggi pada madu dapat terbakar. Jika kita meminum madu sebelum tidur, kalori yang terkandung di dalamnya bisa menumpuk dan dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko obesitas.2. Jangan konsumsi makanan tinggi gula setelah minum madu Baca Juga: Pengobatan rumahan, 5 Cara Menghilangkan Cairan Ingus Kental di Hidung Tidak jarang madu dijadikan pilihan pengganti gula yang lebih sehat. Selain kandungan fruktosa dan glukosa yang lebih rendah dari gula biasa, madu asli juga memiliki kandungan magnesium, kalium, antioksidan, dan mineral lainnya yang bermanfaat. Walaupun demikian, madu juga memiliki dampak yang sama dengan gula pada kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsi madu berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, agar manfaatnya terasa, jangan konsumsi makanan atau minuman tinggi gula setelah minum madu.3. Jangan konsumsi madu yang dipanaskan dan minyak samin Ayurveda merupakan ilmu pengobatan tradisional yang diajarkan turun temurun di India. Ilmu pengobatan ini juga memiliki ajaran mengenai kombinasi makanan dan minuman yang dapat menyehatkan atau membahayakan tubuh. Ayurveda mengklaim bahwa konsumsi madu yang dipanaskan dapat membuat senyawa pada madu sulit dicerna. Baca Juga: Obat Batuk Rumahan Jeruk Nipis dan Madu, Begini Cara Meraciknya Hal ini karena madu panas dapat menghasilkan racun ‘ama’ yang biasanya muncul saat tubuh mengalami masalah pencernaan. Selain melarang minum madu dengan air panas, ilmu pengobatan tradisional India ini juga melarang konsumsi minyak samin atau ghee bersama madu atau setelah minum madu dalam waktu berdekatan. Menurut Ayurveda, kombinasi keduanya dianggap dapat menghasilkan racun bagi tubuh. Beberapa peneliti di Laboratorium Riset Ketahanan Pangan di India melakukan penelitian berkaitan dengan pendapat tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa madu yang dipanaskan (>140° Celcius) dan madu yang dipanaskan serta dicampur dengan minyak samin dalam takaran yang sama, menghasilkan HMF (Hidroksimetilfurfural) yang dapat menyebabkan efek merusak dan bisa bertindak sebagai racun bagi tubuh. Itulah beberapa pantangan setelah minum madu. Selain pantangan di atas, ada juga pantangan untuk memberikan madu pada bayi. Walaupun madu tergolong aman bagi orang dewasa, madu sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia 12 bulan. Madu, terutama madu mentah, rentan terpapar spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan botulisme, di mana tubuh dapat mengalami kelumpuhan yang mengancam jiwa. Pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, efek samping ini sangat jarang terjadi karena sistem pencernaan sudah memiliki ketahanan untuk mencegah perkembangan spora C. botulinum. Namun, jika setelah mengonsumsi madu kamu langsung merasakan gejala, seperti pusing, mual, muntah dan diare, maka sebaiknya segera kunjungi dokter.(*) Baca Juga: Khasiat Makser Kunyit untuk Kecantikan, Bisa Dicampur dengan Madu

Adblock
detector