Kaki Yang Terkena Diabetes?

Kaki Yang Terkena Diabetes
Diabetes dan Kaki Diabetik – Penyakit Diabetes melitus tipe 2 ini memiliki banyak komplikasi, salah satunya adalah kaki diabetes. Kaki diabetes adalah kelainan tungkai kaki bawah akibat kadar gula darah pada pasien dibetes yang tidak terkendali. Kelainan kaki diabetes melitus dapat disebabkan adanya gangguan pembuluh darah, gangguan persyarafan dan adanya infeksi.

Mengapa saya membahas tentang kaki? Karena kaki adalah anggota tubuh yang berada paling bawah dan kadang jarang menjadi pusat perhatian kita, apalagi pnderita diabetes yang sudah memiliki gangguan pembuluh darah, gangguan persepsi saraf nyerinya terganggu, sehingga trauma atau luka kecil pada kaki tidak dirasakan dan lama kelamaan dikarenakan kebersihan kaki dan gula darah yang tidak terjaga menyebabkan infeksi serius pada kaki.

Sering kali kita jumpai penderita mengeluh kaki terasa sakit, kebas, dingin, kaki tampak pucat atau kebiru-biruan dan luka yang sukar sembuh. Tidak jarang pasien datang pada saat kakinya sudah mengalami infeksi dan berkembang menjadi tukak (gangren). Beberapa penelitian di Indonesia melaporkan bahwa angka kematian ulkus gangren pada penyandang diabetes mellitus berkisar 17% -32%, sedangkan angka laju amputasi berkisar antara 15% – 30%.

Apakah kaki bengkak ciri diabetes?

Apa penyebab bengkak di kaki saat diabetes? – Edema terjadi karena rusaknya pembuluh kapiler. Hal bisa disebabkan karena adanya tekanan yang menyebabkan cairan di kapiler bocor ke jaringan di sekitarnya sehingga membuat bagian tubuh itu bengkak. Pada saat kamu terkena diabetes, kamu memiliki masalah sirkulasi di tubuh sehingga luka sulit atau tidak bisa sembuh.

Sirkulasi yang burukPembuluh darah vena yang tidak bekerja dengan baikMasalah di jantungMasalah di ginjalEfek samping dari pengobatan yang dijalani.

See also:  What Is Insulin Resistance In Type 2 Diabetes?

Luka diabetes muncul dimana?

Penyebab luka kaki diabetes – Salah satu penyebab penyandang diabetes mengalami luka di kaki adalah karena hilangnya/berkurangnya sensasi di kaki. Akibatnya, penyandang diabetes kerap tidak sadar saat kakinya tergores atau terbentur oleh benda-benda di sekitar.

  1. Bahkan, sepatu yang terlalu sempit pun juga tanpa disadari dapat menyebabkan luka.
  2. Luka pada penyandang diabetes akan menjadi sulit sembuh karena berbagai faktor.
  3. Adar gula darah yang tinggi merupakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan bakteri.
  4. Selain itu, kadar gula darah tinggi juga dapat mengganggu sistem imunitas tubuh.

Aliran darah yang optimal juga diperlukan untuk penyembuhan luka. Pada diabetes yang tidak terkendali, seringkali ditemukan adanya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke kaki sudah berkurang. Munculnya luka diabetes pada umumnya paling banyak terjadi pada kaki.

Kenapa Penderita diabetes kakinya hitam?

Keluhan jempol kaki yang menghitam pada penghidap diabetes kondisi ini disebut dengan gangrene. gangrene merupakan suatu kondisi matinya jaringan tubuh akibat tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup.

Apa bedanya Asam Urat dan diabetes?

Halodoc, Jakarta – Saat usia semakin bertambah, tidak bisa dimungkiri bahwa beberapa penyakit akan dengan mudah datang. Biasanya, penyakit-penyakit tersebut adalah akumulasi dari pola makan yang buruk, meski gaya hidup lainnya juga bisa memengaruhi juga.

  1. Penyakit yang diduga terjadi karena pola makan yang buruk adalah diabetes dan asam urat.
  2. Jika diabetes terjadi karena terlalu banyak makan karbohidrat dan gula, asam urat terjadi karena terlalu banyak makan makanan yang memiliki senyawa purin.
  3. Oleh karena itu, jika kamu mengidap diabetes dan atau asam urat, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengontrol gejalanya adalah melalui pola makan.
See also:  Alat Tes Diabetes Yang Bagus?

Ingin tahu pola makan seperti apa yang baik untuk dua penyakit ini? Berikut ulasannya! Baca juga: Waspadai 9 Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Adblock
detector