Gula Yang Bagus Untuk Penderita Diabetes?

Gula Yang Bagus Untuk Penderita Diabetes
04 Desember 2019 | Allianz Indonesia Banyak yang menganggap penderita diabetes harus menjauhkan diri dari makanan minuman manis. Padahal, banyak bahan-bahan pengganti gula yang tidak memicu kenaikan kadar gula darah. Simak ya! Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang orang Indonesia.

WHO menyebutkan jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia tahun 2000 mencapai 8,4 juta orang, terbanyak keempat di dunia, diperkirakan meningkat menjadi 21,3 juta orang pada tahun 2030. Namun banyak yang salah kaprah, bahwa penderita diabetes harus stop makan atau minum yang manis-manis agar kadar gula darah terkontrol.

Padahal, penderita diabetes masih bisa lho merasakan manisnya dunia tanpa khawatir gula darah naik. Caranya dengan menggunakan bahan pengganti gula yang mampu memberikan rasa manis tanpa menaikkan kadar gula dalam darah. Dikutip dari Diabetes.org.uk, berikut beberapa bahan alami yang terbukti aman bagi penderita diabetes.

Aspartam Aspartam adalah pemanis buatan yang biasanya digunakan dalam makanan atau minuman dingin. Di pasar, aspartam antara lain dijual dengan merek Equal. Meski demikian, penggunaan aspartam tidak boleh berlebihan karena ada laporan terkait efek samping aspartam seperti reaksi alergi, gangguan pernafasan dan sakit kepala.

Erythritol Erythritol termasuk golongan gula alkohol. Tidak mengandung alkohol lho, melainkan rantai kimianya mengandung tambahan rantai alkohol –OH. Bahan ini aman bagi penderita diabetes karena sangat rendah kalori, hanya mengandung 6% dari kalori gula pasir.

Xylitol Xylitol juga termasuk gula alkohol. Namun kadar kalori Xylitol lebih tinggi dibandingkan Erythritol. Kandungan kalori Xylitol sebesar 40% dari kalori gula pasir. Namun, xylitol tidak meningkatkan kadar gula dalam darah karena tak mengandung fruktosa. Sakarin Sakarin merupakan pemanis buatan untuk makanan dan minuman dingin maupun panas.

Food and Drug Association (FDA) sudah memastikan keamanan sakarin bagi kesehatan, termasuk untuk penyandang diabetes dan tidak menyebabkan kanker, Namun konsumsi sakarin pada bayi, anak-anak, dan ibu hamil harus dibatasi. Stevia Stevia adalah pemanis alami tak berkalori, hasil ekstrak daun stevia.

  • Selain sebagai pengganti gula, stevia juga dapat secara langsung menurunkan kadar gula dan tekanan darah.
  • Pemanis ini pun aman untuk dikonsumsi jangka panjang tanpa efek samping Setelah tahu pemanis yang aman bagi penderita diabetes, Anda juga wajib paham bahan pengganti gula yang memicu peningkatan kadar gula dalam darah.
See also:  Which Flour Is Good For Diabetes?

Apa saja? Madu Dikutip dari Kompas.com, Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia Prof. Dr. dr Ketut Suastika Sp.PD-KEMD menyebut madu sama bahayanya dengan gula. Karena madu mengandung kalori yang tinggi. Dalam satu sendok makan, madu memberikan 50 kilo kalori.

  • Pemanis ekstrak buah Suastika juga melarang penderita diabetes menggunakan pemanis dari buah-buahan.
  • Semakin manis buah, semakin tinggi kalorinya.
  • Gula kelapa/gula aren American Diabetes Association tidak merekomendasikan gula kelapa/gula aren sebagai pengganti gula tebu.
  • Arena indeks glikemik (GI) gula kelapa di kisaran 54, lebih tinggi dari madu dan gula tebu yang hanya sekitar 50.

Kadar GI tinggi memacu gula darah. Gula jagung Penelitian di University Oxford dan University Southern California menyimpulkan negara-negara yang menggunakan gula/sirup jagung untuk biskuit, es krim dan minuman berenergi memiliki jumlah penderita diabetes 20% lebih besar dibandingkan negara lain.

Bolehkah minum metformin 2 kali sehari?

Untuk obat yang berbentuk tablet (oral): – Dewasa Metformin saja:

Pada awalnya, 500 mg 2 kali sehari diminum dengan makan pagi dan malam, atau 850 mg sehari diminum dengan makan pagi. Dokter dapat meningkatkan dosis jika diperlukan hingga gula darah terkontrol. Kemudian, dokter mungkin ingin mengonsumsi 500 atau 850 mg 2-3 kali sehari dengan makanan. Namun, dosisnya tidak lebih dari 2550 mg per hari.

Metformin dengan insulin:

Pada awalnya, dosis 500 mg sehari. Dokter dapat meningkatkan dosis sebesar 500 mg setiap minggu jika diperlukan, hingga gula darah terkontrol. Namun, dosisnya biasanya tidak lebih dari 2500 mg per hari.

Anak-anak 10-16 tahun

Pada awalnya, 500 mg 2 kali sehari diminum pagi dan malam hari dengan makanan. Dokter dapat meningkatkan dosis jika diperlukan hingga gula darah terkontrol. Namun, dosisnya biasanya tidak lebih dari 2000 mg per hari.

See also:  How To Prevent Type 2 Diabetes?

Anak-anak di bawah 10 tahun

Penggunaan dan dosisnya harus ditentukan oleh dokter.

Nah, itulah pembahasan mengenai aturan pakai metformin untuk atasi diabetes tipe 2. Pastikan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini. Sebab, obat ini perlu mendapatkan resep dari dokter agar dosisnya tepat dan meminimalisir efek samping.

Apakah Tropicana Slim aman dikonsumsi tiap hari?

Amankah Konsumsi Pemanis Buatan Setiap Hari? Pemanis buatan memiliki lebih sedikit kalori, konsumsinya tetap harus dibatasi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Konsumsi gula berlebih merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dihindari penderita diabetes mellitus maupun masyarakat pada umumnya.

Pemanis buatan kemudian hadir sebagai pengganti gula pasir. Akan tetapi, amankah mengonsumsisetiap hari? “Aman,” jawab Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam RSCM FKUI dr Dante Saksono H SpPD-KEMD PhD saat ditemui usia kampanye #BeatDiabetes yang diselengarakan Tropicana Slim di Jakarta, Ahad (22/4).

Dante mengatakan batas aman untuk mengonsumsi pemanis buatan adalah 90 saset per hari. Jumlah ini bisa dikatakan tak pernah dilewati oleh orang-orang yang mengonsumsi pemanis buatan. “Kalau minum 4-5 (saset per hari) masih aman di dalam badan,” tambah Dante.

  1. Selain itu, Dante menampik isu miring yang menyatakan bahwa konsumsi pemanis buatan dapat menyebabkan kanker atau merusak ginjal.
  2. Dante mengatakan pemanis buatan yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM aman untuk dikonsumsi.
  3. Pada dasarnya, pemanis buatan dapat membantu masyarakat untuk membatasi jumlah asupan gula harian.

Alasannya, pemanis buatan memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir biasa. Meski pemanis buatan aman, Dante tetap mengingatkan agar masyarakat tidak mengonsumsi apapun secara berlebihan. Dante mengingatkan bahwa sumber gula tak hanya berasal dari makanan atau minuman yang terasa manis saja.

See also:  Menu Makan Diabetes Yang Enak?

Apakah gula Tropicana Slim termasuk pemanis buatan?

Pengaruh Konsumsi Produk yang Mengandung Pemanis Buatan Rendah Kalori terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa dan Gangguan Toleransi Glukosa pada Tikus Galur Wistar – Jimmy Rianto, Latar Belakang. Pemanis buatan rendah kalori banyak digunakan oleh berbagai industri pangan di banyak negara sebagai zat aditif untuk menggantikan gula pasir yang mengandung lebih banyak kalori.

Produk Tropicana Slim Classic ® mengandung pemanis buatan rendah kalori yaitu sukralosa. Sukralosa banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes, efek sukralosa pada penderita diabetes masih diperdebatkan karena efek buruk yang ditemukan pada berbagai penelitian. Metode. Penelitian ini merupakan studi eksperimental pada tikus yang diinduksi pemanis buatan rendah kalori dalam tiga kelompok (Tropicana Slim Classic ®, glukosa dan air).

Tikus galur wistar diberikan Tropicana Slim Classic ® secara oral sebanyak 3,4 gram yang dilarutkan dalam 30 ml air selama 5 minggu. Pada akhir penelitian, sampel darah diambil dari ekor tikus untuk mengukur kadar glukosa darah puasa dan tes toleransi glukosa oral menggunakan Accu Chek Performa ®,

There are currently no refbacks.

: Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura

Tropicana Slim Diabtx buat apa?

Baik untuk menjaga kadar gula darah diabetisi agar tetap normal dan membatasi konsumsi gula. Kromium akan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga akan membantu diabetesi dalam mengontrol kadar gula darahnya.

Adblock
detector