Apa Obat Kaki Bengkak Karena Diabetes?

Apa Obat Kaki Bengkak Karena Diabetes
GridHEALTH.id – Diabetes dapat menyebabkan kaki bengkak, Hal ini terjadi lantaran diabetes membuat kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang lebih kecil sehingga sirkulasi darah pun menjadi buruk. Kondisi tersebut lama kelamaan akan menyebabkan edema.

Dikutip dari laman diabetes.co.uk (15/1/2019), edema merupakan kondisi dimana cairan akan terperangkap di bagian tubuh tertentu yang menyebabkan pembengkakan seperti pada area kaki. Itulah juga mengapa kaki bengkak sering terjadi pada penyandang diabetes, Kaki bengkak pada penyandang diabetes harus segera diperiksakan ke dokter, terlebih jika bengkak tidak membaik dan bertambah parah.

Setelah mendapatkan perawatan dari dokter, penyandang diabetes dapat melakukan 10 tips berikut ini untuk membantu mengatasi kaki bengkak seperti dilansir dari byramhealthcare.com (8/1/2019).1. Kenakan kaus kaki kompresi Kaus kaki kompresi memberi sedikit tekanan pada kaki untuk membantu meningkatkan sirkulasi dan mengatasi kaki bengkak.

  1. Jika kita memiliki pertanyaan tentang kaus kaki atau stoking kompresi, bicarakan dengan dokter tentang cara menggunakannya dengan benar.
  2. Untuk penggunaan yang tepat, dokter dapat membantu menentukan tingkat kompresi mana yang terbaik untuk masing-masing.
  3. Ita tentu tidak ingin memakai yang terlalu ketat atau terlalu longgar, terlebih kita tidak boleh menggunakan kaus kaki kompresi di atas luka terbuka, bisul, atau sakit.

Baca Juga: Ciri-ciri Seseorang Mengalami Prediabetes, Kondisi Sebelum Positif Diabetes 2. Jaga posisi kaki tetap tinggi Jika kita akan duduk untuk waktu yang lama, cobalah untuk mengangkat kaki sebanyak mungkin. Meskipun cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan meninggikan kaki di atas jantung, ini tidak selalu memungkinkan.

  1. Gunakan ottoman atau pertimbangkan untuk mendapatkan tempat tidur gantung kaki yang dapat dipasang di bawah meja.
  2. Jika kita sedang bersantai di sofa atau di tempat tidur, angkat kaki menggunakan bantal atau alat elevasi khusus.3.
  3. Tetap terhidrasi Tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik.
  4. Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, semakin banyak air yang diminum, semakin sedikit yang disimpan.

Pastikan kita tetap terhidrasi sepanjang hari dan hindari minum terlalu banyak kafein, minuman manis, atau soda. Sehubungan dengan hidrasi, diskusikan penyebab edema atau pembengakakan yang terjadi dengan dokter untuk menghindari komplikasi. Jika kita mengalami edema karena masalah jantung atau hati, kita mungkin perlu membatasi asupan cairan.4.

Kurangi asupan natrium atau garam Karena garam dapat membuat tubuh menahan cairan, kita tentunya harus mengurangi asupan natrium. Untungnya, ada banyak ramuan lain yang bisa digunakan untuk membumbui makanan sebagai alteratif. Cobalah untuk membatasi natrium tidak lebih dari 2.300mg/hari. Bicaralah dengan dokter untuk menentukan kadar natrium yang aman untuk dikonsumsi.5.

Konsumsi suplemen magnesium Magnesium adalah nutrisi penting yang membantu fungsi tubuh kita, namun banyak orang tidak mendapatkan cukup dari diet saja. Bicaralah dengan dokter tentang asupan suplemen magnesium yang aman ke dalam rutinitas. Magnesium telah terbukti mengatur fungsi saraf dan menstabilkan kadar gula darah.

  1. Dengan mengonsumsi 200 hingga 400mg magnesium per hari, kita dapat membantu mengobati kaki bengkak akibat diabetes.
  2. Tapi seperti biasa, bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen untuk memastikan bahwa mereka tidak akan berinteraksi dengan obat lain atau menyebabkan komplikasi.6.
  3. Rendam kaki dengan garam epsom Garam epsom telah terbukti membantu meredakan nyeri terkait pembengkakan dan mengurangi peradangan dalam tubuh.
See also:  When Is Insulin Required For Type 2 Diabetes?

Untuk hasil terbaik, masukkan garam Epsom dalam jumlah yang cukup ke dalam rendaman kaki dengan air dingin. Jika memiliki neuropati diabetik di kaki, pastikan memeriksa ulang suhu air untuk menghindari paparan suhu ekstrem. Lanjutkan untuk merendam kaki dan pergelangan kaki selama sekitar 15 hingga 20 menit.

  • Baca Juga: 7 Gejala Dini Diabetes yang Jarang Disadari, Salah Satunya Kelaparan 7.
  • Berolahraga secara teratur Olahraga teratur membantu meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan sirkulasi, dan menstabilkan kadar gula darah.
  • Berolahraga adalah cara yang bagus untuk mengelola diabetes dengan cara yang sehat dan menghindari pembengkakan yang berlebihan.

Jika saat ini kita tidak memiliki rejimen olahraga, bicarakan dengan dokter sebelum memulainya. Karena latihan keras bisa berbahaya, mulailah dengan latihan dasar dan perlahan-lahan tingkatkan intensitasnya. Lakukan secara perlahan dan konsistenlah untuk menuai manfaatnya.8.

Cobalah menurunkan berat badan Semakin berat, semakin banyak tekanan yang dialami ekstremitas bawah tubuh. Untuk membantu mengobati kaki bengkak, cobalah untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan mempertahankannya. Meskipun mungkin tampak berlebihan, membuat perubahan kecil yang sehat pada rutinitas sehari-hari dapat menyebabkan perbedaan besar.

Mempertahankan berat badan yang sehat akan membuat manajemen diabetes lebih mudah, menurunkan risiko komplikasi, dan membantu mempertahankan kadar gula darah yang lebih stabil.9. Hindari perilaku sedentary atau malas gerak Perilaku menetap adalah salah satu hal terburuk bagi tubuh kita.

  • Saat kita duduk untuk waktu yang lama, peradangan meningkat, sirkulasi berkurang, dan pembengkakan muncul.
  • Ita tidak perlu bangun dan berlari satu mil setiap jam untuk membuat perbedaan.
  • Sebaliknya, cobalah berjalan-jalan selama lima menit setiap jam untuk membuat darah mengalir.
  • Sekali lagi, perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar.10.

Pakai sepatu yang tepat Jika terus-menerus berdiri sepanjang hari, pastikan untuk mengenakan sepatu yang tepat. Penderita diabetes harus menghindari memakai sepatu yang terlalu ketat, sepatu yang tidak memiliki penyangga lengkung yang memadai, dan sepatu hak tinggi.

See also:  How To Take Apple Cider Vinegar For Diabetes?

Ini membantu mengurangi kemungkinan masalah seperti ulkus kaki diabetik. Para ahli menyarankan untuk membeli sepasang sepatu yang satu ukuran lebih besar untuk berjaga-jaga jika kaki mulai membengkak. Jika sepatu kita terlalu ketat dan kaki bengkak, itu dapat memotong sirkulasi dan menyebabkan mati rasa.

Untuk kesesuaian yang sempurna, pertimbangkan untuk menemui ahli penyakit kaki atau menemukan toko yang mengkhususkan diri dalam perlengkapan kaki diabetik. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan penyandang diabetes untuk mengatasi kaki bengkak. Selamat mencoba.(*) Baca Juga: Pedoman Konsumsi Karbohidrat untuk Penyandang Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkendali

Apakah penyakit gula menyebabkan kaki bengkak?

KOMPAS.com – Penderita diabetes rentan mengalami masalah kaki yang berkembang karena kadar gula darah yang tinggi berkepanjangan, seperti kaki bengkak dan luka terbuka lama sembuh. Mengutip Kementerian Kesehatan, normalnya gula darah sewaktu (GDS) atau tanpa puasa kurang dari 200 mg/dL.

Sedangkan, normalnya gula darah puasa (GDP) kurang dari 126 mg/dL. Baca juga: Pahami, Ini Dampak Stres Pada Penderita Diabetes Mengutip Medical News Today, diabetes adalah penyakit yang menyebabkan produksi insulin rendah. Insulin adalah hormon penting yang bertanggung jawab untuk membantu sel menyerap gula dari darah untuk digunakan sebagai energi.

Ketika proses tersebut tidak bekerja dengan benar, gula tetap beredar dalam darah, menyebabkan masalah kesehatan. Kadar gula tinggi dalam darah yang berkepanjangan dapat merusak banyak area tubuh, termasuk membuat luka kaki. Baca juga: Mengenal Beda Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Kaki bengkak minum apa?

Cara mengatasi kaki bengkak – Ada beberapa cara mengatasi kaki bengkak lebih cepat yang bisa dicoba di rumah, antara lain:

Minum air putih yang cukup

Dilansir dari Healthline, kekurangan cairan atau dehidrasi membuat cairan tertahan di beberapa bagian tubuh seperti kaki. Untuk itu, coba minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari saat kaki bengkak.

Gunakan kaus kaki kompresi

Kaus kaki kompresi dapat membantu mengatasi kaki bengkak. Jika Anda belum pernah menggunakannya, gunakan jenis kaus kaki kompresi yang tekanannya paling ringan.

Rendam kaki bengkak dengan larutan garam epsom

Garam epsom dapat mengurangi kaki bengkak dan mengatasi peradangan. Cara mengatasi kaki bengkak dengan garam epsom cukup praktis. Cukup rendam kaki dengan larutan garam epsom selama 15 sampai 20 menit. Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kaki Bengkak Karena Jantung Bermasalah

Ganjal kaki pakai bantal

Ketika berbaring, coba sandarkan kaki di tumpukan bantal yang tinggi selama 20 menit setiap hari. Usahakan agar posisi kaki bisa lebih tinggi dari jantung. Selain bantal, Anda juga bisa menggunakan sandaran kursi atau ganjal lainnya.

See also:  How Can I Reverse Diabetes Naturally?

Jalan kaki ringan

Jika penyebab kaki bengkak karena berdiri atau duduk dalam waktu lama, coba jalan kaki ringan setiap jam sekali. Anda bisa jalan ke kamar mandi, mengambil minuman, atau tempat lain sampai lutut dan pergelangan kaki tidak kaku lagi.

Konsumsi makanan tinggi magnesium

Kaki bengkak juga terjadi karena penderita kekurangan magnesium. Untuk itu, coba tambahkan asupan tinggi magnesium seperti kacang-kacangan, tahu, bayam, brokoli, dan alpukat ke dalam menu makanan sehari-hari. Baca juga: 7 Penyebab Kaki Bengkak Terkait Gejala Penyakit Apa Saja

Konsumsi makanan tinggi kalium

Selain kekurangan magnesium, kekurangan kalium juga bisa jadi penyebab kaki bengkak. Untuk itu, konsumsi makanan tinggi kalium seperti uji jalar, kacang, pisang, dan ayam.

Batasi asupan garam dan natrium

Hindari konsumsi asupan tinggi garam dan natrium; seperti aneka keripik, makanan asin dalam kemasan, makanan olahan, daging olahan, makanan berpengawet, dan makanan cepat saji.

Jaga berat badan tetap ideal

Jika Anda kelebihan berat badan, konsultasikan ke dokter untuk langkah penurunan berat badan paling tepat dan aman. Setelah itu, pertahankan berat badan ideal agar tidak ada lagi tekanan ekstra pada kaki. Baca juga: Kaki Bengkak Pasca Melahirkan, Begini Cara Mengatasinya

Pijat kaki

Pijat ringan di kaki bisa melancarkan peredaran darah di bagian kaki dan mengurangi kaki bengkak. Tapi, jangan memijat kaki bengkak karena cedera. Kaki cedera yang dipijat bisa memperparah peradangan dan kaki makin bengkak.

Oleskan minyak atsiri

Melansir Cleveland Clinic, beberapa minyak atsiri seperti peppermint, eucalyptus, lavender, atau chamomile bisa membuat tubuh rileks dan peredaran darah lebih lancar.

Kenapa Penderita diabetes kakinya busuk?

Ulkus diabetikum merupakan kondisi yang kerap dialami oleh penderita diabetes. Kondisi ini ditandai dengan munculnya luka yang disertai keluarnya cairan berbau tidak sedap dari kaki. Ulkus diabetikum termasuk salah satu komplikasi diabetes yang berbahaya dan perlu segera mendapatkan penanganan. Apa Obat Kaki Bengkak Karena Diabetes Untuk kondisi yang sudah parah, kerusakan saraf bisa meluas hingga ke tulang sehingga dokter perlu melakukan prosedur amputasi kaki.

Apakah penderita diabetes harus diamputasi?

Menderita diabetes melitus bukan berarti ia harus diamputasi. Namun, apabila gula darah tidak terkontrol dengan baik, terdapat risiko terjadinya komplikasi sepertipenyakit jantung, gagal ginjal, kaki diabetes, gangguan saraf, sampai kebutaan.

Apakah bawang putih bisa menghilangkan bengkak?

1. Cara Menghilangkan Benjolan dengan Bawang Putih. Menurut National Library of Medicine, studi menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut dikatakan dapat membantu menghilangkan infeksi yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak hingga menimbulkan benjolan.

Adblock
detector